Skip to main content
Resep Peyek Udang Khas RM Padang. Awet Kriuknya

Resep Peyek Udang Khas RM Padang. Awet Kriuknya

Kenal dengan peyek? Cemilan satu ini emang chruncy banget kalo cara bikinnya dengan teknik dan bahan yang pas. Sapa juga yang bakal nolak kalo didepan mata disodorin setoples peyek yang kriuk dan sedap dipandang mata. Pasti dalam sekejap langsung ludes, apalagi kalo cuaca lagi dingin pasti perut bawaannya laper dan pengen nyemil ya kan hehehe...

Mau bisa bikin sendiri peyek udang ala rumah makan padang yang rasanya chruncy, enak, renyah dan gurih? Bisa kok, gampang, mudah dan cepat pula. Sediakan bahan-bahannya terlebih dulu ya, dicarinya gak sulit kok. Cari di supermarket aja, semua sudah lengkap tersedia tinggal pilih, ambil dan bayar.

Dan juga biar bikin peyek jadi chruncy, perhatikan pemilihan tepungnya, Perhatikan cara mencampur adonan, Perhatikan cara menggoreng adonan, dan Tiriskan minyak pada rempeyek. Agar minyak tidak berlebihan tertinggal dipeyek, siasati dengan menaruh peyek yang selese dioreng tadi di atas tisu dapur dan tunggu sampai minyaknya terserap.

Pengen coba bikin PEYEK UDANG RM Padang,  sendiri dirumah? Yuk langsung saja di simak bahan-bahan dan cara membuat resep Peyek Udang ala dapurVY yang wajib dicoba, Ayooo bikin. recommended banget resep ini. happy cooking!

Peyek Udang

Bahan – bahan :

1/4 kg Udang ukuran kecil/sedang, cuci bersih

8 sdm Tepung beras

2 sdm Tepung sagu

2 sdm Air kapur sirih

2 lembar Daun kunyit, buang tulang daunnya, iris halus

1 butir Telur

350 ml Air (vy kurangin jadi 275-300ml karena ditambah telur)

Secukupnya Garam

Secukupnya Kaldu bubuk

Bumbu halus :

7 siung Bawang putih

3 butir Kemiri

1 ruas jari Jahe

1,5 ruas jari Kunyit muda

6 lembar Daun jeruk, buang tulangnya (bisa juga diiris halus saja)

Langkah-langkah :

1. Campur rata semua bahan kecuali udang hingga jadi adonan yang pas encernya. Tambah tepung beras jika keenceran, test rasa.

2. Masukkan udang, goreng per sendok sayur kecil hingga kering. Sekali nggoreng bisa 2-3 peyek tergantung banyaknya minyak yang dipakai. Saya masukin udangnya bertahap ketika akan nggoreng.

3. Hasil gorengan pertama masih kurang cantik.

4. Gorengan selanjutnya cantik tak terkira.

PEYEK UDANG RM Padang awet kriuknya Sudah jadi, siap untuk disajikan!

Tips : Saat mencampur adonan tambahkan telur jika peyek udang pengen jadi lebih kriuk lagi dan segera simpan rempeyek ke dalam wadah kedap udara dan tutup rapat setelah peyek selese digoreng.

Happy cooking dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda. Semoga bermanfaat bagi sesama