Skip to main content
Resep Kue Sus Buah, Manis Segar Dengan Topping Buah Favorit

Resep Kue Sus Buah, Manis Segar Dengan Topping Buah Favorit

Di Indonesia, Kue Sus menjadi penganan yang identik disuguhkan di acara-acara spesial. Mengingat bahwa aslinya berasal dari Perancis, ternyata Kue Sus mudah kita temui sebagai jajanan pasar hingga produksi bakery. Bentuknya yang agak bulat berisi aneka varian rasa; fla susu vanilla, durian, coklat, buttercream yang lembut, juga isian daging dan sayur. Dan satu lagi, Kue Sus Buah, pernah coba?

Kali ini Kue Sus dibentuk menyerupai cup, yang nantinya akan diisi dengan isian cream vla dan potongan buah. Bunda bisa mencetaknya dengan menggunakan cetakan stainless muffin atau ramekin aluminium foil yang berbentuk cup. Oles dengan margarine, dan cetak adonan dengan gerakan memutar seperti obat nyamuk mulai dari mulai dasar cup, naik hingga ke mulut cup.

Tertarik mencobanya? Yuk buruan catat resepnya berikut ini!

Kue Sus Buah

Bahan Sus

  • 300 ml air
  • 100 gr margarin/butter
  • 150 gr tepung terigu
  • 4 butir telur
  • Garam secukupnya


Diplomat Cream

(Campuran pastry cream/Vla dengan whipped cream)

500 ml susu cair

2 1/2 sdm custard

1 kuning telur

Secukupnya Gula

Sejumput garam

100 ml Whipped Cream

Pelengkap

Buah buahan sesuai selera

Cara Membuat Kue Sus Buah

Kue Soes

Campur air, margarin dan garam di wadah panci, masak sampai mendidih.

Kecilkan api, lalu masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis, matikan api lalu tunggu hingga hangat.

Masukkan telur satu persatu sambil diaduk dengan sendok kayu atau mixer speed rendah, sampai rata dan mengembang.

Masukkan piping bag lalu cetak.

Oven dengan suhu 200°C (jika memakai oven tangkring gunakan api besar) setelah soes mengembang dan kokoh kecilkan api ke sedang sampai matang tidak ada buih-buih kecil lagi di body soes. Jangan sekali-kali membuka tutup oven ketika soes dalam proses mengembang! Bisa menyebabkan soes akan kempes kembali.

Diplomat Cream

Campur susu cair, kuning telur, maizena, gula dan garam aduk hingga rata, masak dengan api kecil sambil diaduk aduk sampai mendidih meletup letup, matikan api.

Aduk aduk hingga vla hangat atau dingin, masukkan dalam wadah yang ada tutupnya atau plastik wrap (agar permukaan tidak berkulit) simpan dalam lemari es.

Ambil whip cream lalu mixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku.

Campur adonan vla dengan whip cream secara perlahan hingga rata, masukkan piping bag lalu semprotkan ke dalam soes beri toping buah. Lebih enak disajikan ketika dingin baru keluar dari kulkas.

Bunda bisa menghidangkan Kue Sus Buah ini untuk teman bersantai bersama keluarga, juga bisa menjadi pilihan suguhan yang tepat untuk acara spesial. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!