Skip to main content

Resep Roti Boy / Coffee Bun. Dengan Sedikit Modifikasi, Hasilnya Jadi Semakin Mantap

Akhirnya jadi juga Roti Boy?Coffee Bun-nya. Pas masih hangat jangan ditanya, renyah banget dan topingnya juga tebal jd berasa renyahnya pas digigit. Wangi kopinya semriwing enak banget. Saya iseng nyoba pake resep lidah kucing yg pernah saya bikin, jadi ada campuran maizenanya dan saya tambahin sedikit tepung beras juga. Hasil modifikasi ini ternyata manul! Bunda juga bisa coba resep ini di rumah yaa...

ROTI BOY/COFFEE BUN By: Wawa wiati

BAHAN ROTI

Biang/tangzhong: 25 g terigu cakra + 125 ml air.

Adonan:

225 g terigu cakra + 50 g terigu segi 3 ( boleh full terigu cakra)

1 sdm susu bubuk

40 g gula pasir

1 sdt muncung ragi instant (fermipan, mauripan atau merk lain)

1 kuning telur (putih telur simpan untuk topping)

60 ml air/susu cair

40 g margarin

Sejumput garam

Cara:

1.Aduk terigu dan air smp tercampur rata dan tidak ada yg bergumpal. Masak dengan api kecil sambil diaduk sampai mengental (kalo digaris dengan pengaduk meninggalkan bekas). Matikan api. Aduk sampai uapnya hilang . Tutup dengan cling wrap/ plastik. Biarkan dingin.

2. Masukan terigu, gula, ragi dan susu bubuk dalam wadah. Aduk rata. Masukan kutel, adonan tangzhong dan air sedikit2 smp dirasa pas . Uleni sampai tercampur rata. Stop nambah air kalo dirasa sudah pas

Masukan margarin dan garam . Uleni lagi sampai kalis elastis. Bulatkan adonan.

3. Tutup dengan kain lembab, istirahatkan 45 - 60 menit (Saya skip proses ini,  setelah adonan diulen smp kalis elastis saya langsung dibuletin @ 50 g . Lalu tiap bulatan diisi dgmargarin, rapikan dan diistirahatkan sampai benar2 ngembang 2-3 x lipat)

4. Setelah diistirahatkan tinju dan kempeskan adonan lalu uleni sebentar. Bagi jadi beberapa bulatan, beri isian lalu susun di loyang. Istirahatkan sampai ngembang 2-3 kali lipat.

5. Semprotkan topping diatas permukaannya sampai memenuhi 3/4 bagian roti. Panggang dengan api sedang cenderung kecil selama 20-25 menit

FILLING: Salted butter dibekukan dalam lemari es lalu potong2 kotak kecil kira2 @10 gram (saya lebih suka margarin, lebih gurih dan gak gampang bluberan )

TOPPING:

75 g margarin/butter

75 g gula halus ( saya 60 g gula halus + 1 sachet kopi luwak)

Putih telur dari 1 butir telur

50 g terigu

15 g maizena

10 g tepung beras

1 sdt coklat bubuk

2 sdt kopi instant ( saya 1 bungkus nescafe classic) dilarutkan dengan sedikit air

1/4 sdt baking powder

Cara:

Ayak bahan kering, sisihkan

Kocok butter dan gula halus dan kopi luwak (kalo pake) cukup sampai lembut dan tercampur rata gak perlu sampai ngembang dan pucat

Masukan telur, kocok sampai tercampur rata. Masukan bahan kering, kocok dengan speed rendah cukup sampai tercampur rata saja.

Masukan dalam papping bag. Kira-kira 15 menit sebelum digunakan, masukan ke dalam kulkas supaya adonan gak terlalu meleleh saat disemprotkan di atas roti (jangan terlalu lama menyimpan dalam kulkas nanti adonan terlalu kaku untuk disemprotkan)

Selamat mencoba

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar