Skip to main content

Resep Homemade Kwetiaw. Hasilnya Lembut dan Kenyal. Boleh Dicoba Ya Mak

Setelah sekian lama akhirnya hari ini mencoba membuat kwetiaw lagi. Dulu pernah bikin dan gagal, pas digulung tuh ternyata retak-retak. Sepertinya adonan agak terlalu kental jadi pas dikukus hasilnya tebal dan kaku.

Naah, Kali ini utak atik resep dikit dan takaran air dibanyakin. Alhamdulillaah sukses.... Lembut dan kenyal. Boleh dicoba ya mak. Bagimanapun juga kalau bikin sendiri itu pusanya beda, hehe

HOMEMADE KWETIAW By: WawaWiati

Bahan Bahan

125 g tepung beras 

175 g kanji ( saya 100 g kanji + 75 g maizena) 

25 g terigu 

Sejumput garam 

3 sdm minyak 

600 ml air

Cara Membuatnya

1. Siapkan kukusan. Panaskan sampai airnya mendidih.

2. Sambil menunggu kukusan panas campur semua bahan kering. Tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisker sampai tidak ada yang bergerindil. Masukan minyak, aduk rata, saring.

3. Siapkan loyang ,sebaiknya lebih dari 1 untuk mempercepat proses pembuatannya (saya pakai 3 loyang ukuran  22x22) . Oles tipis dengan minyak .

4. Taruh loyang dalam kukusan. Tuang adonan secukupnya ke dalam loyang sampai seluruh permukaan loyang tertutup rata dengan adonan. Kukus sekitar 2-3 menit sampai adonan terlihat transparan dan menggembung.

5. Kelurakan loyang dari kukusan , rendam dalam baskom.berisi air dingin untuk mempercepat  proses pendinginan. 

6. Setelah dingin lepas adonan dari loyang. Olesi permukaanya dengan minyak. Gulung lalu potong2. Lakukan sampai adonan habis.

Selamat mencoba

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar