Skip to main content

Resep Wedang Ronde. Di Musim Dingin Gini Enaknya Kita NgeRonde Saja Makkk. Anget-Anget dan Uhuuuyyy Deh Pokoknya

Disini udah mulai hujan, maaak. Gimana kabar yang disitu?? 2 hari ini tiap pagi hujan deres kaya air ember dituang, makbreeeessss gt! Ngojek pun berasa jadi pemadam kebakaran, pake jas hujan dan komplit sepatu bootnya. Gitu pun masih tetep aja kebasahan, dingiiiin booo .. Naaaah, enaknya neh, kita ngeRonde aja. Anget2 dan uhuuuyyy! Pake resep wedang ronde NCC neh, tetep empuk kinyil2 meski adem. Gampil piiiiL bikinnya! Sambil merem juga bisa 😆. Apalagi kalo kuah jahenya praktis pake sarijahekeraton. Jadi setelah bikin ronde, tinggal seduh sarijahekeratonnya, cemplungin deh rondenya, praktis dan uenaaaak tenan! .. ..

Wedang Ronde by @fridajoincoffee

Bahan Ronde:

200 gr tepung ketan putih

25 gr sagu

½ garam

150 ml air hangat

1 sdt air kapur sirih

150 gr kacang tanah sangrai

75 gr gula pasir/gula palem

Pewarna makanan

Air untuk merebus

Bahan Kuah Jahe:

200 gr gula pasir

7 lbr daun jeruk purut

100 gr jahe emprit, pukul-pukul

1 btg kayu manis

1 ltr air

(skip semua, ganti dengan @sarijahekeraton tinggal seduh) .. ..

Cara Membuat Ronde:

1. Campur tepung beras ketan, sagu dan garam, tuang air hangat dan air kapur sirih sedikit demi sedikit sambil uleni hingga bisa dipulung. 

3. Bagi beberapa bagian, beri warna masing-masing dgn pewarna makanan.

4. Campur kacang tanah sangrai dengan gula pasir/gula palem, beri sedikit air. Lalu haluskan dengan blender. Bentuk bulat2 ke kecil untuk isian ronde.

5. Ambil adonan 8 gr, pipihkan, isi dengan isian, bulatkan kembali. 

6. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bulatan ronde, dan biarkan hingga mengapung.

7. Tiriskan ronde, dan masukkan dalam kuah jahe. 

8. Sajikan dengan taburan kacang sangrai.

Cara Membuat Kuah Jahe : 

1. Campurkan semua bahan kuah jahe, rebus hingga mendidih dan aduk2 hingga gula larut. Atau tinggal seduh 3 sachet sarijahekeraton dengan 600ml air hangat.

2. Dinginkan dan siap disajikan dengan ronde. .. ..

Selamat mencoba

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar