Skip to main content
Resep Lemon Cake Rumahan Simpel Tapi Hasilnya Harum, Empuk dan Enak Banget Makkk

Resep Lemon Cake Rumahan Simpel Tapi Hasilnya Harum, Empuk dan Enak Banget Makkk

Best Ever lemoncake! hehe.. begitulah menurut Bunda Tintitn Rayner yang membuat resep Lemon Cake ini. Menurutnya, kue lemon cake ini bisa membuat orang khilaf, terutama yang sedang diet. Buktinya, bunda Tintin tanpa sadar langsung ngabisin 5 slice, padahal lagi diet, wkwkwk.

Masih menurut bunda Tintin, aroma butter dan lemon berpadu sempurna dengan rasa cake yang sangat gurih dan lezat. Lemonnya sendiri juga nampol banget, karena hadir dalam 3 cara, yaitu dari sari lemon di dalam cake, lalu kulit lemon, dan terakhir ada di lemon glazingnya. Triple lemon dah!

Lemon cake ini termasuk dalam jenis pound cake yang relatif lebih padat dari chiffon cake, jadi lebih mengenyangkan tentunya. Dengan siraman lemon glaze di atasnya membuat lemon cake ini benar-benar menggoda selera. Makin penasaran? Yuk langsung kita simak aja resepnya.

Lemon Cake

Bahan-bahan:

260 gram tepung terugi (disini pake merk Kunci)

230 gram butter (jangan ganti margarin)

200 gram gula pasir butir halus

60 ml air peresan lemon

4 btr telur ukuran besar

1 sdt baking powder

1 sdt sssens vanilla good quality

1 sdm kulit lemon parut (campur bareng tepung)

1/4 sdt garam

Lemon Glazing (Aduk rata aja) :

120 gram Gula Halus

3-4 sdm air Lemon (kental/encer sesuai selera aja)

Cara membuat:

Siapkan wadah, kocok butter bersama gula sampai creamy dan berwarna pucat. tahapan ini sangat penting karena bisa menentukan kue nantinya bantat atau empuk.

Masukkan Essens vanilla, lalu disusul telur satu-persatu sambil terus dimixer ya bun. Jadi masukin telur satu, dikocok rata, kemudian baru masukin telur selanjutnya.

Turunkan kecepatan mixer, lalu masukkan campuran tepung (Terigu+Bp+garam) bergantian dengan Air Lemon sampai rata. Awali+akhiri dengan tepung.

Alasi loyang dengan kertas roti, kemudian tuangkan adonan ke dalamnya.

Panggang adonan dalam suhu 180 derajat selama kurang lebih 35 menit atau sampai matang (sesuaikan dengan oven masing-masing)

Jika bagian pemukaan retak dan menggembung, itu artinya lemon cake mengembang dengan baik dan cantik.

Sebelum diangkat, tusuk dengan lidi untuk memastikan bagian dalam sudah matang. Jika sudah tidak ada yang menempel dan bagian atasnya terlihat sudah cukup kering, angkat kue dan dinginkan.

Setelah dingin atau mencapai suhu ruang, siram lemon cake dengan lemon glaze.

Selesaaaaii!

Lemon cake yang sudah jadi aromanya benar-benar amazing! harum lemon memenuhi seisi dapur. buat bunda yang lagi diet hati-hati dan kontrol diri ya, hehehe.

Selamat mencobaaa!

Resep dan foto: Tintin Rayner