Skip to main content
Resep Membuat Blackforest Roll Ala Bunda Zezama Vee. Gampang Banget dan Enak Banget

Resep Membuat Blackforest Roll Ala Bunda Zezama Vee. Gampang Banget dan Enak Banget

Resep Kue Black Forest adalah jenis kue khas Jerman yang paling dikenal di dunia, kue ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar, serutan coklat dan ceri yang direndam dalam Kirschwasser, schnapps ceri jernih khas daerah Schwarzwälder ("Black Forest").

Walau dikenal berasal dari daerah Black Forest, namun seorang pembuat kue dari Bad Godesberg, dekat Bonn, mengklaim menemukan resepnya pada tahun 1915, Ia kemungkinan berasal dari daerah Danau Constance, yang berada dekat Black Forest, jadi ia menamakan resep ciptaannya dari nama daerah itu.

Ada beberapa teori yang menyebutkan tentang asal usul kue ini,

Pertama serutan coklat di atas kue mungkin melambangkan Kue Black Forest

Kedua, mungkin karena namanya mengandung kata Kirschwasser yang merupakan ciri khas daerah Black Forest.

Ketiga, ada yang mengatakan bahwa namanya berasal dari pakaian tradisional wanita Black Forest yang berwarna hitam dengan blus putih dan topi putih dan bola-bola merah yang melambangkan buah ceri.

Blackforest Roll

Bahan Bahan

2 butir telor utuh

1 butir kuning telor

1/2 sendok teh SP

50 gram gula pasir

25 gram tepung terigu

1 sendok makan coklat bubuk

1 sendok makan tepung maizena

1/4 sendok teh baking powder

1 sendok teh pasta coklat

2 sendok makan margarin dicairkan

Butter cream secukupnya

Coklat blok

Cerry

Cara Membuat Blackforest Roll

1. Kocok telor dengan gula dan SP sampai mengembang, lalu masukan ayakan tepung terigu dan tepung maizena, coklat bubuk dan baking powder, aduk rata kemudian tuangkan margarin cair, aduk rata, dan terakhir tuangkan coklat pasta, aduk rata.

2. Olesi loyang ukuran 20x20 dengan margarin, lalu tuangkan adonan, kemudian panggang di dalam oven selama 10-15 menit, angkat, lalu gulung dan dinginkan.

3. Setelah dingin, buka gulungan lalu olesi dengan buttercream dan gulung lagi kemudian beri topping butter cream, coklat blok serut dan cerry.

Selamat mencoba!...