Skip to main content
Resep Edam Cheese Stick. Lebih Enak, Gurih, Renyah dan Ngeju Banget

Resep Edam Cheese Stick. Lebih Enak, Gurih, Renyah dan Ngeju Banget

Resep Edam Cheese Stick - Sebenarnya tidak ada niatan bebikinan cheese stick, tetapi dikarenakan ada yang order cheese stick, jadinya aku sekalian bikin untuk di rumah dan juga sekalian manfaatin stok keju edam sisa, maka jadilah edam cheese stick.

Cara membuat edam cheese stick ini cukup mudah dan yang pasti rasanya enak, renyah dan ngeju banget. Resep Edam Cheese Stick ini bunda nina adaptasi dari resep parmesan cheese stick dari NCC, karena aku pakai keju edam jadi namanya menjadi edam cheese stick hehehe.

EDAM CHEESE STICK

Bahan - Bahan

  • Tepung terigu protein sedang 300 gram
  • Tepung sagu 200 gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Keju edam parut halus 125 gram
  • Telur 4 butir
  • Mentega 30 gram
  • Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat Edam Cheese Stick

Masukkan dan campurkan 300 gram tepung terigu, 200 gram tepung sagu dan 1 sendok teh garam halus ke dalam wadah, aduk rata

Masukkan 125 gram keju edam, dan aduk lagi hingga rata.

Masukkan 4 butir telur, aduk rata kembali lalu masukkan 30 gram mentega.

Uleni adonan sampai rata lalu bulatkan, Jangan takut kalo nanti teksturnya terlalu kering bund ya, pokoknya terus uleni saja hingga padat.

Ambil adonan sedikit, lalu giling sampai tipis (kalo aku pakai pasta maker) hingga halus, kemudian beri  sedikit tepung sagu untuk taburan  saja supaya adonan tidak lengket.

Potong-potong adonan sesuai selera lalu cetak menggunakan cetakan kwetiauw.

Panaskan minyak di atas wajan, lalu goreng cheese stick sampai matang dan warnanya menjadi kuning keemasan, kemudian angkat dan tiriskan.

Selesai deh, Edam Cheese Setick sudah bisa bunda hidangkan atau setelah dingin bisa bunda masukkan ke dalam wadah kedap udara/toples supaya kerenyahannya bisa terjaga.

Notes : 

Supaya bentuk cheese stick nya bisa panjang lurus, ketika menggoreng gunakan wajan yang besar dan minyak goreng yang banyak.

Kalau di rumah tidak ada keju edam, bisa bunda ganti dengan keju cheddar dan takaranya tambahkan menjadi 150-200 gram supaya terasa ngeju banget.

Supaya keju edam nya halus, setelah keju diparut bisa bunda chopper sebentar saja ya.

Alhamdulillah setelah selesai hasilnya aku suka banget karena rasanya itu empuk, renyah dan ngeju banget.

Selamat mencoba bunda ya.