Skip to main content

Resep Membuat Donat Asli Empuk, Ekonomis/Irit Modal dan Anti Gagal (Donat Empuk Momy Chaa)

Resep Membuat Donat Asli Empuk
Resep Donat Empuk, Low Budget, Anti Gagal (Donat Empuk MomyChaa) - Nemu resep donat Mb Icha Irawan (Donat Empuk MomyChaa) ini di instagram, ternyata memang empuk banget, sudah coba berbagai resep donat, tetep baliknya ke resep ini lagi. Menurut saya ekonomis, dan pasti empuknya...

Favorit orang rumah deh, dibuatin donat kentang (yang terkenal empuknya), tapi mintanya teteeup donat yang ini, cukup tabur gula donat, nyessss,,, empuk puk puk.

Biasa bikin setengah resep untuk sekali makan, kalo dibentuk manual seperti di foto, setengah resep bisa jadi sekitar 20 an, kalo pake cetakan donat ukuran sedang, bisa jadi sekitar 15 donat.

Donat by Bunda Ida

Bahan Bahan
  • 500 gram tepung protein tinggi (aku pake cakra)
  • 250 ml air hangat
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 2 butir kuning telur
  • 100 gram margarin, cairkan, dinginkan (aku pake palmia)
  • 6 gram (1,5 sendok teh) ragi instant (aku pake fermipan)
  • 2 sendok makan susu bubuk (kadang aku ga pake)
  • Minyak untuk menggoreng
  • Gula halus untuk taburan

Cara Membuat Donat Empuk ala Bunda Ida

Dalam wadah, masukkan 250 ml air hangat (jangan panas ya, nanti ragi mati), lalu masukkan 5 sendok makan terigu, gula, dan ragi, kemudian aduk menggunakan sendok, searah jarum jam smpai adonan tercampur rata.

Masukkan setengah terigu, lalu uleni sampai setengah kalis, kemudian masukkan satu per satu telur, susu dan margarin, dan uleni lagi, masukkan sisa terigu.

Uleni adonan sampai kalis elastis, halus, licin dan tidak lengket, kira-kira sekitar 6 - 8 menit.

Setelah adonan kalis, taruh di dalam wadah yang sudah di olesi sedikit minyak (kalo saya di wadah yang sama dengan tempat menguleni), tutup dengan plastik wrap, atau kain yang lembab, lalu diamkan sampai mengembang 2x lipat, atau sekitar 45 menit.

Kempiskan adonan, lalu uleni sebentar, kemudian bagi, dan bentuk bulat adonan, diamkan lagi, sekitar 10 menit.

Panaskan minyak untuk menggoreng, lalu buat lobang dengan jari telunjuk, kemudian masukkan ke dalam minyak, goreng di atas api kecil, dengan sekali balik. Angkat dan tiriskan

Taburi donat dengan gula, atau hias sesuai selera.

Jika menggunakan cetakan donat, setelah adonan mengembang 2x lipat, kempiskan adonan, uleni sebentar, gilas dengan rolling pin, dengan ketebalan 0,5 cm, cetak, diamkan 10 menit, goreng.

Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar