Skip to main content
Resep Membuat Telor Gabus Keju Yang Enak, Gurih dan Renyah

Resep Membuat Telor Gabus Keju Yang Enak, Gurih dan Renyah

Resep Membuat Telor Gabus Keju Yang Enak, Gurih dan Renyah
Resep Membuat Telor Gabus Keju - Di masa kecil saya, kue telur gabus ini cuma ada kalau pas Lebaran saja. Biasanya kita sekeluarga membuat kue ini bareng-bareng. Seru dan bikin kangen. Proses memilin adonan dan menggorengnya cukup seru dan menantang. Seru karena bentuk dan ukurannya harus dibuat seseragam mungkin, dan menantang karena cara menggorengnya harus menggunakan minyak dingin.

Sekarang kue gabus ini sudah lebih mudah ditemui di toko-toko kue di kota-kota besar. Camilan yang renyah dan gurih ini bisa jadi teman favorit kala menonton TV. Sayang kebanyakan kue telur gabus yang ada di toko kue tidak seenak buatan keluarga saya dulu. Mungkin supaya lebih murah, beberapa bahan diturunkan kualitas dan kuantitasnya.

Nah biar lebih mantap kita buat sendiri yuk. Bahannya sangat simple, karena hanya membutuhkan 3 bahan utama saja, yaitu tepung kanji, keju dan telur. Berikut resepnya:

Telur Gabus Keju by. Isma Fauziah

Bahan Bahan
  • 600 gram tapioka
  • 5 butir telur, kocok lepas
  • 3 sendok makan munjung margarin
  • 200 gram keju, diparut
  • 1 sendok makan kaldu bubuk
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Telur Gabus Keju by. Isma Fauziah

Campurkan semua bahan lalu aduk rata pakai tangan kemudian beri sedikit air, aduk sampai kalis dan bisa di bentuk.

Siapkan 2 wajan yang berisi minyak lalu bentuk adonan pakai kedua telapak tangan dan masukan ke dalam minyak dingin, setelah banyak nyalakan api lalu goreng sampai warnanya agak kuning/ sampai tak berbuih.

Setelah matang angkat dan tiriskan.

Selanjutnya bentuk dan masukan adonan ke dalam wajan yang satunya lagi, dan wajan yang panas biarkan hangat dulu.

Lakukan bergantian sampai habis.

Selamat mencoba.

Note : Tujuan pakai 2 wajan adalah ketika menggoreng, minyak harus dalam keadaan dingin jadi proses penggorengannya bisa lebih cepat.