Skip to main content

Foto Ayah Raditya Oloan Penuh Pilu, Sosok Panutan yang Rela Tanggung Dosa Saat Sang Anak Ingin Gugurkan Calon Cucunya


Foto ayah Raditya Oloan yang menangis pilu di depan peti mati sang anak jadi sorotan. Sosok panutan seorang bapak yang berani tanggung dosa saat sang anak ingin gugurkan calon cucunya.

Bagi ayah Raditya Oloan, kenyataan suami Joanna Alexandra telah pergi untuk selamanya masih sulit diterima. Ayah Raditya Oloan tak menyangka sang putra lebih dulu meninggal dunia.

Raditya Oloan mengembuskan napas terakhir pada Kamis (6/5/2021) malam. Ia meninggal usai menjalani perawatan post Covid-19 dengan komorbid asma.

Sebelumnya, Raditya Oloan dan Joanna Alexandra dinyatakan positif Covid-19.

Joanna akhirnya dinyatakan negatif Covid-19 lebih dulu, menyusul Raditya Oloan pada 30 April 2021.

Namun, usai hasil swab negatif, kondisi Raditya Oloan tiba-tiba kembali menurun. Raditya Oloan bahkan sampai harus dilarikan ke ICU sehingga tak jadi ikut pulang ke rumah bersama Joanna.

Joanna Alexandra mengungkapkan, sang suami mengalami badai sitokin yang menyebabkan peradangan pada sekujur tubuhnya.

Selain itu, Raditya Oloan juga mengalami infeksi bakteri hingga ginjalnya kurang berfungsi dengan baik.

Saat jenazah suami Joanna Alexandra disemayamkan di rumah duka Sentosa RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, tangis pilu ayah Raditya Oloan pecah.

Seperti diketahui, pada Minggu (9/5/2021) jenazah Raditya Oloan dimakamkan pada di pemakaman San Diego Hills.

Ayah Raditya Oloan begitu sedih lantaran dia yang sudah lama bolak-balik ke rumah sakit idap penyakit stroke. Baru-baru ini, ayah Raditya Oloan dinyatakan sembuh dari penyakit strike. 

Tapi kebahagiaannya usai sembuh harus hancur karena anaknya dipanggil Tuhan untuk selama-lamanya.


Dilansir dari YouTube WartaHot, ayah Raditya Oloan terlihat datang setelah pulang dari rumah sakit tempatnya dirawat.

Ketika keluar dari mobil, ayah Raditya Oloan itu pun terlihat tak bisa berjalan, sehingga harus dipapah oleh keluarga.

Tak kuat berjalan terlalu lama, pihak keluarga Joanna Alexandra pun menyediakan kursi roda untuk sang ayah.

Setelah itu, sambil duduk di kursi roda, ayah Raditya Oloan diantar menuju peti jenazah suami Joanna Alexandra.

Sesampainya di dekat peti jenazah, tangis ayah Raditya Oloan pecah.

Ayah Raditya Oloan tampak begitu terpukul atas kepergian suami Joanna Alexandra itu. Berkali-kali ayah mengelus kepala dan mencium Raditya Oloan yang sudah jadi jenazah.

Suasana pun semakin haru saat dilantunkan lagu-lagu rohani oleh penyanyi Yeshua Abraham. Di momen ini, tangisan sang ayah makin histeris.


"Papa sudah sembuh, kenapa kamu pergi duluan?

Kenapa bukan papa?" ucap ayah Raditya Oloan dengan suara tersedu-sedu. Beberapa keluarga dan kerabat kemudian menghampiri ayah Raditya Oloan, termasuk Joanna Alexandra.

Mereka menyemangatinya agar ikhlas melepas kepergian ayah empat anak itu. Tampak, ayah Raditya Oloan pun terus menerus menghapus air matanya yang jatuh dengan tisu.

Kondisi ayah Raditya Oloan juga diungkap oleh Yeshua Abraham, vokalis band Eclat sekaligus rekan Radit dan Joanna di gereja.

"Papanya Radit aku dapat kabar bahwa dia hancur banget. Papanya sempat kena stroke, terus sembuh, tapi malah anaknya dipanggil Tuhan," ujar Yeshua saat hendak melayat di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto, Jumat (7/5/2021).

Kesedihan ayah Raditya terpancar jelas saat dirinya menghadiri ibadah penghiburan anaknya di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto.


Ayah Raditya Oloan duduk di samping peti jenazah anaknya sambil sesekali menitikkan air mata.

Beberapa kerabat mendekapnya dan memberi penghiburan untuknya. Tangisan sang ayah semakin menjadi saat mendengar lantunan lagu-lagu rohani yang dinyanyikan oleh Yeshua Abraham.

Sementara itu, kakak kandung Raditya Oloan, Andru Panggabean, mengungkapkan pesan sang ayah yang mengubah adiknya dari tingkah dan kebiasaan buruk.

Seperti kita ketahui, dulu Raditya Oloan sempat terjerumus ke dunia kelam hingga menjadi pecandu narkoba.

Bahkan, sang kakak blak-blakan menyebutkan bahwa Joanna sempat hamil di luar nikah oleh Raditya Oloan.

Raditya Oloan pun saat itu memutuskan menggugurkan kandungan Joanna. Akan tetapi, pesan ayah Raditya Oloan justru menguatkan keduanya, bahkan membuka jalan pertobatan bagi sang anak.

youtube image

"Waktu mereka hamil di luar nikah, bapak saya bilang ke Radit. 'Dit apa pun pilihan kamu, kalau kamu mau gugurin, papa yang tanggung dosanya'. Itu banyak nampar Radit sih," ujar Andru dengan nada sedih di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto, Jumat (7/5/2021).

Saat itu, Raditya Oloan sangat terpukul lewat pesan sang ayah dan mulai berpikir secara dewasa.

"Radit buat saya itu memberikan contoh tentang sosok bapak. Radit juga dulunya rusak, tapi berubah berkat bapak saya," ucap Andru menahan tangisnya

"Pendewasaan Radit membuat kita dan temen-temen merasakan sosok bapak dalam diri dia," lanjutnya.

Menurut Andru, Radit berubah pesat usai dinasihati sang ayah. "Dari nasihat itu, dia jadi orang yang menerima apa adanya. Dan dia suka mendengarkan orang. Dan dia selalu ada untuk orang-orang itu sih," pungkas Andru.


(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar