Skip to main content
Cari Tahu Yuk! Rahasia Kelezatan Sambal Bumbu Kacang Siomay dan Batagor a la Si Abang Siomay

Cari Tahu Yuk! Rahasia Kelezatan Sambal Bumbu Kacang Siomay dan Batagor a la Si Abang Siomay

Satu lagi jajanan yang begitu populer dan digemari banyak masyarakat, yakni siomay. Makanan yang satu ini memang bukan asli dari Tanah Air, tapi dari China. Kalau di negara asalnya bernama dim sum shumai, biasa disajikan dengan saus asam manis dan saus sambal. Tapi di Indonesia, kudapan ini berhasil diadaptasi dan dimodifikasi menjadi siomay dan batagor (sebutan untuk siomay/ bakso tahu yang digoreng).

Siomay menjadi jajanan khas yang disukai oleh segala usia, dari anak-anak hingga orangtua. Mulai dari warung siomay hingga abang-abang siomay bersepeda pun tak pernah sepi peminat. Kuncinya tak hanya terletak pada kelezatan siomay, namun juga pada sedapnya sambal bumbu kacang yang digunakan. Lalu bagaimana cara membuat Sambal Bumbu Kacang Siomay dan Batagor yang nampol? Yuk kepo-in resep berikut!

Sambal Bumbu Kacang Siomay

Bahan-bahan

  • 150 gr Kacang tanah
  • 5 buah Cabai merah besar
  • 15 buah Cabai rawit/sesuai selera
  • 3 siung Bawang putih
  • 4 lembar Daun jeruk
  • 2 sdm Gula jawa, sisir
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir


Langkah Membuat Sambal Bumbu Kacang Siomay

1. Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan.


2. Goreng kacang hingga matang. Sisihkan. Kemudian Goreng bumbu hingga matang. Sisihkan sampai agak sedikit hangat.


3. Blender semua jadi satu, masak dengan api kecil. Sambil sesekali diaduk. Tambahkan gula jawa, garam, gula pasir. Aduk rata.


4. Masak sampai berubah warna dan keluar minyak. Baru ditambah air panas kekentalan sesuai yang diinginkan. Dan minyak naik.


Cukup mudah ternyata ya Bunda untuk membuat sendiri Sambal Bumbu Kacang Siomay dan Batagor. Ya, meskipun sama-sama sambal bumbu kacang, namun sambal bumbu kacang untuk siomay sedikit berbeda dengan sambal bumbu kacang untuk pecel. Baik dari segi bahan atau rempah yang digunakan, dan tentunya cara membuatnya.

Eeiittss.. tunggu dulu, lalu apa ya rahasianya sih agar sambal bumbu kacang ini terasa nampol lezatnya? Tips agar sambal bumbu kacang siomay terasa mantap gurihnya; Bunda harus memasak sambal bumbu kacang ini hingga betul-betul tanak (warna menjadi lebih gelap namun tidak gosong), minyak dari kacang keluar dan minyak naik. Gunakan api kecil supaya sambal tidak cepat gosong, dan jangan lupa untuk sesekali mengaduk supaya tidak berkerak di bagian dasar pan.

Proses yang memerlukan kesabaran ekstra ini akan menghasilkan sambal bumbu kacang yang kental dan rasa yang lebih berlemak karena minyak kacang yang keluar saat proses pemasakan, sehingga rasanya endess beeeud!! So, jangan ragu untuk mencoba ya Bunda! Semoga sukses!