Skip to main content
Suporter Jepang Bersih-bersih Stadion di Piala Dunia, Ricky Harun: Contoh Buat Orang-orang Kayak Gue

Suporter Jepang Bersih-bersih Stadion di Piala Dunia, Ricky Harun: Contoh Buat Orang-orang Kayak Gue

Pasca laga antara Jerman melawan Jepan, tentu banyak para penikmat bola yang terkejut atas hasil dari pertandingan tersebut. Akan tetapi, selalu ada hal menarik yang dilakukan Jepang, khususnya para supporter negeri Sakura itu dimana aksi bersih-bersih para supporter yang menyedot pergantian masyarakat dunia.

Melihat hal itu, aktor kenamaan Tanah Air, Ricky Harun pun ikut menanggapi aksi para suporter Jepang. Menurutnya, sikap tersebut memang telah ditanamkan warga Jepang bahkan telah dijadikan tradisi mereka untuk senantiasa melakukan kebersihan.

"Itu bukan viral, sekarang udah lama, kan tradisi mereka emang bersih-bersih, di Jepang sendiri kata teman-teman gua di Jalan pun bersih mungkin emang kebiasaan mereka emang bersih ya," ungkap Ricky Harun saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, (24/11) Kamis sore.

1. Tidak Kaget

Oleh karenanya, suami dari Herfiza Novianti ini pun mengaku tak kaget melihat sikap masyarakat Jepang yang sangat cinta akan kebersihan. Kebiasaan tersebut bahkan diharapkan oleh pesinetron Ganteng Ganteng Serigala itu bisa diterapkan kepada masyarakat Indonesia untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Halaman Selanjutnya

"Nggak cuma di pertandingan kemarin doang kok, kalau nggak salah di acara apa, di mana-mana mereka juga kayak gitu, jadi bukan baru viral sekarang sih," ujarnya.

"Pastilah contoh buat orang-orang yang kayak gue suka buang sampah sembarangan, jadi kena gitu, kesentil. Harus bersih sih," pungkasnya.

2. Official Timnas Jepang Juga Bersihkan Ruang Ganti

Selain itu, diketahui tak hanya para suporter Jepang yang membersihkan stadion di Qatar saat Piala Dunia, tapi seluruh official dan tim Jepang juga melakukan hal serupa di ruang ganti pemain. Bahkan sebelum meninggalkan ruang ganti seusai pertandingan, official tim Jepang memberikan ucapan terima kasih dalam bahasa Arab dan meninggalkan burung origami kertas yang memiliki simbol dari harapan, cita-cita dan semangat.

Halaman Awal