Skip to main content
Saking Besarnya, Kambing Ini Punya Perawakan Seperti Sapi

Saking Besarnya, Kambing Ini Punya Perawakan Seperti Sapi

Seekor kambing super besar tumbuh dengan perawakan seperti sapi. Penampakan kambing ini diunggah oleh akun @arashany.kg di Instagram.

Dalam video yang berdurasi sekitar 10 detik itu, seekor kambing coklat tampak sangat gagah berdiri menjulang di tengah pintu kandang. Tentu bukan sekadar kandang biasa yang dibangun menggunakan kayu atau bambu biasa, melainkan kandang yang juga tak kalah besar dibangun selayaknya ‘rumah’ menggunakan batu bata dan semen.

Meski tampak gagah, sepertinya kambing jumbo itu adalah seekor betina. Sebab, tak jauh dari tempatnya berada, ada seekor anak kambing yang sedang mendekati wadah makan. Lantas, keduanya pun seolah terlibat dalam obrolan yang asyik karena saling menyahut antara kambing besar dan anakan kambing menggaungkan suara khas mbek-mbeknya.


“Kalahari”, kata akun @shk_azim_007 menebak jenis kambing tersebut.

“Kurban pakai itu serasa dapat bis sleeper πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Tau2 nyampe surga”, timpal @cheemoon6789 menyangkutpautkan kambing besar dalam video dengan fenomena qurban yang baru dirayakan kemarin.

Setelah dilakukan penelusuran informasi lebih lanjut, kambing dalam video memang termasuk jenis kambing Kalahari, tepatnya Red Kalahari. Konon katanya, kambing Red Kalahari itu memang termasuk jenis kambing qurban unggulan di Indonesia.

Laman Paragrafnews.com menyebutkan bahwa kambing Red Kalahari berasal dari daerah padang gurun Kalahari dan dinamakan Red karena memang bulunya yang berwarna merah kecoklatan, persis seperti yang terlihat dalam video. Kambing ini memiliki bentuk fisik yang mirip dengan kambing Boer. Namun, kedua kambing itu sebenarnya amat berbeda.


Dewan Penelitian Pertanian Afrika Selatan bahkan pernah melakukan pengujian genetik terkait dua jenis kambing itu. Mereka menyimpulkan kalau Red Kalahari memiliki leluhur yang berbeda dengan kambing Boer. Mereka tidak terkait sama sekali meskipun secara fisik sekilas tampak mirip. Perbedaan yang paling mudah teramati antara kambing Boer dan Red Kalahari adalah ukuran tubuhnya, di mana kambing Red Kalahari cenderung lebih besar dibandingkan kambing Boer. 

Saat musim qurban, kambing Red Kalahari lebih disukai oleh para pembeli karena memiliki bentuk tubuh yang bagus sebagai kambing qurban. Bobot kambing ini dapat menyentuh angka 75 – 115 kg untuk jenis pejantan dan 55 – 75 kg untuk betinanya.

Mereka memiliki bulu pendek berwarna merah kecoklatan. Telinga kambing ini tampak panjang dan lentur. Lalu, tanduknya berada di atas telinga dengan ukuran yang tidak terlalu besar tetapi tetap terlihat kokoh. Pada bagian leher, kulitnya tampak sedikit longgar tetapi tidak membentuk gelambir. Ciri-ciri tersebut tentu sangat sesuai dengan kambing yang terlihat dalam video.