Skip to main content
Ahmad Dhani Tegaskan Tak Ada Masalah dengan Once, Hanya Larang Bawakan Lagu Dewa 19

Ahmad Dhani Tegaskan Tak Ada Masalah dengan Once, Hanya Larang Bawakan Lagu Dewa 19

Ahmad Dhani dengan tegas mengatakan dirinya tak ada masalah pribadi dengan mantan vokalis Dewa 19, Once Mekel. Hanya saja, ia melarang Once Mekel untuk tampil di sebuah acara dan menyanyikan lagu Dewa 19.

Ahmad Dhani melanjutkan, ia hanya mempermasalahkan event organizer atau EO yang tidak membayarkan royalti lagu Dewa 19 yang dibawakan Once saat acara. Hal ini yang menjadi permasalahan Ahmad Dhani dan perlu ditindaklanjuti ke ranah yang serius.

"Saya sih ke sini nggak ada masalah sama Once," ujar Ahmad Dhani belum lama ini di kawasan Jakarta Barat.

"Sejak awal saya bilang, yang harus bayar itu bukan Once, tapi EO. Makanya di Instagram saya, yang saya tanya maksudnya itu EO, yang nggak bayar siapa nih, gitu," tambah Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani pun berniat mengusut EO yang dianggap menggelapkan uang royaltinya dan Once Mekel.

"Nah rencana kita akan bertindak, karena ini kan sudah melanggar sebenarnya kan. Bukan melanggar, tapi berniat untuk menggelapkan," tegas Ahmad Dhani.

Once Mekel pun menjelaskan mengenai alur royalti yang semestinya didapatkan Ahmad Dhani. Namun ia memastikan, bukan dirinyalah yang berhak membayarkan royalti kepada pionir Dewa 19 itu.

"Saya nggak mungkin bayar royalti ke dia (Ahmad Dhani)," ujar Once Mekel lagi.

Lebih lanjut, Once Mekel pun sempat menjelaskan alur royalti yang semestinya didapatkan Ahmad Dhani adalah dari pihak event organizer atau EO yang mengundangnya untuk tampil membawakan lagu Dewa 19.

Nantinya, pihak EO yang melaporkan kepada LMKN atau LMK perihal lagu apa saja yang dibawakan Once Mekel di acaranya.

"Karena saya kan main diundang oleh event organizer, nah event organizer itulah yang bertanggung jawab kepada LMK atau LMKN kemudian mendata lagu-lagu apa yang dibawakan, lalu event organizer sebagai user harus membayar sejumlah uang kepada LMK atau LMKN. Nah jumlahnya berapa? Jumlahnya adalah 2 persen dari tiket atau 2 persen dari ongkos produksi yang dikeluarkan," jelas Once Mekel.

"Dari LMK dan LMKN uang ini dalam periode tertentu akan disalurkan kepada pencipta yang tergabung di dalamnya, salah satunya adalah Ahmad Dhani," tambah Once.