Skip to main content
Serasa Dunia Terbalik, Kisah Istri PNS, Suami Pengangguran Jaga Rumah

Serasa Dunia Terbalik, Kisah Istri PNS, Suami Pengangguran Jaga Rumah

Serasa dunia terbalik, seorang pria bernama Dedi Rosalam menceritakan kisah hidupnya sebagai suami pengangguran yang kesehariannya menjaga anak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, sementara istrinya bekerja sebagai seorang PNS.

Netizen pun dibuat heboh setelah Dedi mengunggah kisah hidupnya itu melalui sebuah video di TikTok.

Seperti dilansir Detik, video tersebut diunggah melalui akun TikTok @dedirosalam. Sejak diunggah pada 31 Mei 2022 lalu, video tersebut sudah ditonton 14,1 juta kali dan mendapat hampir 980 ribu likes.

"Lulusan S-1 Teknik Komputer tapi semenjak 2019 jadi pengangguran. 2019 (istri dulu masih pacar) lolos jadi PNS dan aku nggak lulus. Banyak teman PNSnya yang deketin istriku tapi lebih pilih aku," tulis Dedi dalam video sambil diiringi musik latar yang sedih.

Dalam video tersebut, terlihat Dedi sedang dibantu sang istri mengenakan gendongan bayi untuk anak mereka. Istrinya sudah mengenakan pakaian seragam PNS untuk bersiap kerja di pagi hari.

"Akhirnya kita nikah, walaupun acaranya sederhana mertuaku juga baik banget menerima aku yang pengangguran ini. Dunia serasa kebalik istriku kerja, aku yang jaga anak (rutinitas tiap pagi). Kadang malu juga sama tetangga karena sayanya di rumah terus. Malah anak sudah makin besar, tapi bapaknya pengangguran. Semangat kerja istriku, maafkan suami pengangguranmu ini yah," lanjut Dedi.

Halaman Selanjutnya

Curiga sebenarnya bergaji puluhan juta

Para netizen pun banyak yang mengomentari video viral Dedi tersebut. Mereka memberikan beragam tanggapan.

Ada yang memuji Dedi karena bisa jadi bapak rumah tangga yang baik, tapi ada juga yang justru curiga bahwa Dedi sebenarnya bekerja di rumah sebagai programmer dan bergaji puluhan juta.

Contohnya akun @Where's u go? I miss u so yang menulis, "Gue yakin suaminya programer punya project. Kerjanya dirumah. Gajinya berpuluh-puluh."

Sementara netizen lain memuji Dedi karena menjaga anak adalah pekerjaan yang mulia. Seperti akun @VIPMOM yang mendoakan Dedi agar cepat dapat kerja lagi, dan menyarankannya untuk rajin membuat video TikTok diary bersama sang anak.

"Ini salah satu bukti dimana wanita tidak akan pernah pergi meninggalkan pria yang dicintainya dengan tulus, apapun kondisinya," tulis akun @Nglmonikk.

"Ingat ya, rumah tangga kita gak harus sama dengan rumah tangga orang lain.. Aturannya juga sendiri-sendiri," tulis akun @MasDHA.

Pekerjaan rumah tangga gak mudah

Menanggapi video viralnya itu, Dedi Rosalam sang pengunggah video mengatakan bahwa video itu adalah cerita kesehariannya sebagai bapak rumah tangga yang menjaga anak.

Ternyata, sang istri adalah seorang PNS guru kecantikan di SMK Pariwisata di Sulawesi Tengah, tempat tinggal mereka.

Dedi ternyata memilih untuk tidak bekerja kantoran karena ingin menjaga anak tanpa pengasuh. Ia tidak mau anaknya diasuh oleh orang lain.

Akhirnya, sehari-hari Dedi menjadi seorang konten kreator juga. Ia membuat konten TikTok, Instagram, dan YouTube. Kontennya seputar hal-hal yang sedang viral dan video lucu.

Terlihat memang konten video TikTok milik Dedi sudah sangat banyak. Ia juga memiliki lebih dari 43 ribu followers di TikTok.

Menurut Dedi, berperan sebagai istri atau ibu rumah tangga itu ternyata sangat berat walaupun hanya di rumah saja. Ia harus mengerjakan banyak pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci baju, menjaga anak, dan lainnya.

"Buat suami jangan anggap remeh pekerjaan istri rumah, karena saya dan suami lain yang seperti saya sudah merasakan sulitnya mengerjakan pekerjaan rumah," pesan Dedi.

Halaman Awal