Skip to main content
Abidzar Dihujat gegara Cium Anjing, Umi Pipik Balas Mak Jleb: Dulu Uje Malah Nyodorin Tangan

Abidzar Dihujat gegara Cium Anjing, Umi Pipik Balas Mak Jleb: Dulu Uje Malah Nyodorin Tangan

Abidzar Dihujat gegara Cium Anjing, Umi Pipik Balas Mak Jleb: Dulu Uje Malah Nyodorin Tangan.

Pipik Dian Irawati alias Umi Pipik angkat bicara mengenai kontroversi Abidzar Al Ghifari pegang anjing.

Diketahui, Abidzar Al Ghifari menerima banyak kritik karena banyak berinteraksi dengan anjing selama syuting dan menghadiri gala premier film Balada Si Roy yang dibintanginya. Netizen merasa itu tidak pantas dilakukan oleh anak ustaz.

Hanya saja, menurut Umi Pipik, ada unsur dakwah di balik cerita Roy dalam film Balada Si Roy yang membuat Abidzar Al Ghifari harus sering berinteraksi dengan anjing, hewan yang dianggap najis dalam Islam.

"Di cerita film ini ada unsur dakwahnya di mana Roy dititipi anjing kecil dari ayahnya.

Hingga anjing itu besar bernama Joy, ibunya Roy selalu ngingetin habis main dengan Joy, bersihkan tangan dengan tanah sebelum salat," tulis Umi Pipik di unggahannya, Kamis (19/1/2023).

Umi Pipik menjelaskan bahwa orang muslim tidak masalah memegang anjing. Namun harus segera disucikan sesuai aturan. Ibu empat anak itu menyampaikannya lewat cerita tentang almarhum suaminya, Jefri Al Buchori atau Uje.

"Banyak sebagian yang nggak tahu, ada yang bilang kok orang muslim pegang anjing? Nah saya ingat dulu Uje pernah bertemu dengan orang non muslim yang saat itu sedang pegang anjing, dan orang muslim tersebut karena ngefans sama Uje, dia pengen cium tangannya Uje. Lalu Uje nyodorin tangannya," ungkap Umi Pipik.

Halaman Selanjutnya

"Waktu saya tanya, 'Kok salaman kan dia pegang anjing, nanti kena najisnya!' Lalu kata Uje, 'Kalau kena najis bisa dibersihin dengan tanah, tapi kalau orang non muslim itu tersinggung dan sakit hati gara-gara saya nggak mau nyodorin tangan, gimana?'" lanjut perempuan berusia 45 tahun tersebut.

Umi Pipik menekankan bahwa Islam itu damai dan menyinggung tentang adab memperlakukan orang dengan baik. Dia kemudian menyentil netizen yang merasa paling benar dengan menghakimi perbuatan orang.

"Kadang banyak di antara kita merasa paling baik, paling benar dan melihat apa yang dia lihat dari orang lain salah, padahal Allah yang paling tahu keadaan diri kita," tuturnya.

Terakhir, Umi Pipik mempromosikan film Balada Si Roy yang dibintangi anaknya sudah tayang mulai hari ini, 19 Januari 2023.

Halaman Awal