Skip to main content
Kronologi Meninggalnya Aminah Cendrakasih, Muntah-Muntah Hingga Minta Diinfus

Kronologi Meninggalnya Aminah Cendrakasih, Muntah-Muntah Hingga Minta Diinfus

Aktris senior Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak di Sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN meningal dunia pada Rabu (21/12/2022) sekitar pukul 19.40 WIB.

Aminah Cendrakasih meninggal dunia di rumah anaknya di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Aminah diketahui sejak lama menderita sakit glukoma. Setelah sempat beberapa kali dirawat di rumah sakit, keluarga besar sepakat untuk merawat Aminah Cendrakasih di rumah.

Menurut penuturan pihak keluarga, Aminah Cendrakasih meninggal dalam keadaan tenang. "Meninggalnya termasuk cepat ya, mudah," kata Lala, salah satu putri mendiang Aminah Cendrakasih di rumah duka, Kamis (22/12/2022).

1. Muntah-Muntah


Lala pun kemudian menuturkan kronologi sehari sebelum sang ibu meninggal dunia. Menurut penuturannya, Almarhum sempat alami muntah-muntah.

"Malam itu ibu muntah-muntah. Kan biasanya habis salat isya, saya suapin, minum susu. Sudah itu saya bilang 'Bu saya mau bikin kue dulu'. Pas saya balik, biasanya kan kamar wangi karena saya kasih aroma terapi. Tapi ini kok baunya kurang enak. Pas saya lihat, ibu bilang 'saya muntah, ini baju basah semua'," kata Lala.
Halaman Selanjutnya

Lala langsung mengganti dan membersihkan kasur dan baju Aminah Cendrakasih. "Aku ganti semua, baju seprai dan bantal. Terus muntah-muntah lagi sampai subuh," tuturnya.

2. Hubungi Sanak Saudara


Menyadari kondisi ibunya tak seperti biasa, Lala langsung menghubungi saudara-saudaranya yang lain.

"Jadi aku telepon adik-adik. Aku bilang ke sini. Rasanya ibu agak gimana-gimana gitu. Akhirnya pada datang semua, kumpul di sini," kata Lala.

3. Menolak Dibawa ke Rumah Sakit


Masih kata Lala, awalnya ia dan saudaranya yang lain sepakat untuk membawa Aminah Cendrakasih ke rumah sakit. Namun sang ibu bersikeras menolak.

"Akhirnya panggil dokter ke rumah minta infus supaya tubuhnya fit. Karena muntahnya banyak banget. Ini sudah kehendak Allah SWT," pungkasnya.

Aminah Cendrakasih meninggal dunia di usia 84 tahun. Dari pernikahannya dengan Idris Permana Aminah dikaruniai 7 anak.
Halaman Awal