Skip to main content
Bukan di Gedung Keluarga Jokowi, Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Bakal Digelar di Lokasi Ini

Bukan di Gedung Keluarga Jokowi, Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Bakal Digelar di Lokasi Ini

Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep sebentar lagi akan terlaksana.

Seperti dikehui, Kaesang Pangarep bakal naik pelaminan bersama dengan Erina Gudono.

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono diketahui bakal digelar tanggal 10 Desember 2022 mendatang.

Sementara mengutip dari Tribunnews.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menggelar ngunduh mantu atau resepsi pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, di Solo.

Namun, berbeda dengan pernikahan dua anaknya sebelumnya yang digelar di gedung milik keluarga, Graha Saba, resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bakal diadakan di Pura Mangkunegaran.

Pernikahan kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka pada 2015 dan Kahiyang Ayu pada 2017, digelar di Graha Saba.

Resespi pernikahan Kaesang dan Erina Gudono itu akan berlangsung pada bulan Desember nanti.

Tetapi, belum diketahui pasti tanggal pelaksanaanya.

Dalam resepsi pernikahan itu, nantinya akan ada pesta rakyat agar masyarakat bisa terlibat.

Panitia menyiapkan sebanyak sembilan panggung.

"Ya pesta rakyat. Saya belum bisa komunikasikan detail, tapi kan ada festival kecil-kecilan. Ada sembilan panggung buat masyarakat," kata Menteri BUMN, Erick Thohir, Minggu (20/11/2022), dikutip dari Kompas.com.

Dikatakan Erick, dalam pesta rakyat itu akan disuguhkan hiburan atau pertunjukan.

Melalui hiburan atau pertunjukan yang digelar nanti, Erick berharap pernikahan Kaesang dan Erina Gudono juga dirasakan oleh masyarakat Solo.

Mengingat Presiden Jokowi berasal dari Solo.

Halaman Selanjutnya

"Jadi kemeriahan itu dirasakan juga oleh masyarakat Solo, karena Bapak (Presiden Joko Widodo) kan memang di Solo sebelumnya," lanjutnya.

Sementara itu, penguasa Mangkunegaran Solo, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X mengatakan pihaknya akan mem-support secara penuh pernikahan Kaesang dan Erina Gudono.

"Kita support, yang salah satu kegiatan acara kenegaraan juga. Tentu kita akan support dengan sebaik-baiknya tentu dengan tetap menjaga pakem-pakem yang berlaku," jelas KGPAA Mangkunegara X, Minggu (20/11/2022).

Ijab Kabul di Yogyakarta pada 10 Desember 2022

Sebelum ngunduh mantu atau resepsi di Solo, Kaesang terlebih dahulu akan melakukan ijab kabul atau akad nikah di Yogyakarta.

Hal ini mengingat Erina Gudono berasal dari Yogyakarta.

Dikutip dari Kompas.com, ijab qobul itu akan berlangsung di Royal Ambarukmo pada 10 Desember 2022.

"Menurut informasi 10 Desember di Royal Ambarrukmo," kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sleman Sidik Pramono seperti diberitakan Kompas.com, Senin (7/11/2022).

Kepastian ijab qobul pada 10 Desember 2022 ini dikonfirmasi oleh Kaesang.

Hal itu saat ditanya wartawan alasan mengapa ia memilih menikah pada 10 Desember.

Ternyata alasannya cukup sederhana, menurut Kaesang dipiihnya hari Sabtu tanggal 10 Desember karena saat itu sang Ayah bisa hadir.

"Karena itu (10 Desember 2022) tanggal Bapak bisa," kata Kaesang, dalam acara re-LaunchingSang Pisang, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu ini (19/11/2022), dikutip dari TribunSolo.

Dalam kesempatan yang sama, Kaesang mengaku persiapan acara pernikahannya sudah selesai 100 persen sejak bulan Oktober lalu.

"Sudah 100 persen. Sudah selesai dari bulan lalu kok," ujar Kaesang.

Profil Pura Mangkunegaran

Melansir dari Kompas.com, Kaesang yang saat ini berstatus sebagai Direktur Utama (Dirut) Persis Solo direncanakan menikah dengan Erina pada 10 Desember 2022.

Akad nikah keduanya akan dihelat di Yogyakarta, sementara Kota Solo yang menjadi tempat kelahiran Presiden Jokowi dijadikan lokasi ngunduh mantu.

Persiapan pernikahan Kaesang dan Erina terpantau serius lantaran beberapa menteri terjun langsung untuk meninjau Pura Mangkunegaran.

Selain Erick Thohir, Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga hadir langsung di tempat tersebut.

Selama berkeliling Pura Mangkunegaran, mereka didampingi langsung oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X.

Beberapa titik di tempat tersebut yang dipantau, antara lain Pendopo Mangkunegaran, Taman Pracima, dan jalur keluar-masuk.

Ada pun, Pura Mangkunegaran yang beberapa waktu ke depan menjadi saksi kesungguhan cinta Kaesang dan Erina adalah tempat sarat nilai historis.

Alasannya, Pura Mangkunegaran yang sudah dibangun sejak tahun 1757 berdiri berkat Perjanjian Salatiga.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Sunan Pakubuwana III dengan Raden Mas Said bertempat di Salatiga.

Proses penandatanganan Perjanjian Salatgia turut disaksikan oleh perwakilan Sultan Hamengkubuwana I dan VOC.

Bermula dari situlah, Raden Mas Said yang menandatangani Perjanjian Salatiga memposisikan dirinya sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I.

Ia berkuasa atas wilayah Matesih, Sembuyan, Gunung Kidul, Kedaung, Kedu, hingga Pajang bagian utara dan berkedudukan di Puro Mangkunegaran.

Nah, ngomong-ngomong soal keberadaannya di Kota Solo, Mangkunegaran adalah kadipaten yang posisinya berada di bawah Kasunanan dan Kasultanan.

Karena alasan itulah penguasa Pura Mangkunegaran tidak diberi gelar sebagai sunan ataupun sultan.

Tapi, pada tahun 1757-1946 Mangkunegaran diposisikan sebagai kerajaan otonom yang akhirnya memiliki wilayah nan luas.

Selain itu, status kerajaan otonom yang dimiliki Mangkunegaran membuatnya berhak memiliki tentara sendiri yang independen dari Kasunanan.

Halaman Awal