Skip to main content
6 Foto Lawas Peralatan Medis Ini Unik, Bikin Bersyukur Diberi Kesehatan

6 Foto Lawas Peralatan Medis Ini Unik, Bikin Bersyukur Diberi Kesehatan

Kesehatan menjadi prioritas utama bagi setiap orang. Tak heran jika merasakan sakit, sesegera mungkin untuk mendatangi pusat kesehatan terdekat. Kini berbagai rumah sakit sudah punya peralatan modern dan memadai sebagai sarana penunjang kesehatan pasien. Berbeda dengan masa lalu, berbagai peralatan medis tak secanggih sekarang.

Hal itu terbukti pada deretan foto lawas yang memperlihatkan peralatan medis masa lalu. Menariknya, melihat peralatan dan mesin lawas ini jauh berbeda dibandingkan dengan alat kesehatan serba digital seperti saat ini. Deretan foto lawas peralatan medis ini mengungkap evolusi medis lebih dari satu abad lamanya. 

Melihat foto lawas peralatan medis ini bisa membuat geleng kepala. Mulai dari bentuk peralatan medis, hingga cara kerjanya terlihat unik dan nyeleneh jika dibandingkan sekarang. Bahkan bisa jadi orang yang melihatnya jadi makin takut merasakan sakit di tahun 1900 hingga 1960-an. Melihatnya bisa bikin lebih bersyukur diberi kesehatan. 

Bagi kalian yang penasaran seperti apa peralatan medis yang digunakan zaman dulu? Berikut Liputan6.com merangkum potret peralatan medis lawas yang unik beserta fungsinya  melansir dari Design You Trust, Senin (31/10/2022).

Halaman Selanjutnya

1. Beginilah penampakan potret seorang pasien yang terbaring di mesin pernapasan buatan yang disebut paru-paru besi, sekitar tahun 1938.

2. Ingat APD? Zaman dulu juga ada pakaian pelindung yang sangat tebal bak baju astronot selama wabah di Manchuria, sekitar tahun 1912.

3. Menard di rumah sakit Cochin di Paris, sekitar tahun 1914 yang jadi cikal bakal rontgen, saat itu Mendard kemudian kehilangan jarinya karena efek samping dari pengoperasian mesin sinar-X.

4. Seorang wanita mengenakan masker flu selama epidemi flu setelah Perang Dunia Pertama, 1919.

5. Dahulu ada pengobatan yang disebut dengan pemandian listrik di Light Care Institute, sekitar tahun 1900.

6. Selain bentuk dan ukuran yang nyeleneh, peralatan medis lawas ini jadi awal mula revolusi alat medis seperti penyembuhan kesehatan di Institut Finsen, Kopenhagen, Denmar ini.

Halaman Awal