Skip to main content
Keisya Levronka Ungkap Alasan Tak Mau Turunkan Nada 'Tak Ingin Usai' Meski Dikritik Fals: Aku Bis

Keisya Levronka Ungkap Alasan Tak Mau Turunkan Nada 'Tak Ingin Usai' Meski Dikritik Fals: Aku Bis

Nasib kurang mengenakkan di dialami Keisya Levronka beberapa waktu belakangan.

Hal ini tak lepas dari Keisya yang beberapa kali kedapatan gagal mencapai nada tinggi dari bagian reff lagu "Tak Ingin Usai" miliknya.

Dilansir dari Kompas.com, belum lama ini Keisya tampil di Anugerah Industri Muzik (AIM) ke-23 di Malaysia membawakan lagu yang sama.

Penampilannya kembali dinilai gagal dan bahkan mendapat kritik dari netizen Malaysia yang melihat siaran tersebut.

Keisya sendiri menyadari hal tersebut, dan mengaku itu terjadi karena gugup.

"Ngerasa, ngerasa banget (suara lari), udah pakai (in ear monitor), makanya aku ngerasa," kata Keisya.

"Aku enggak tahu kenapa, tapi yang pertama, selain nervous, yang lainnya itu karena aku nervous enggak nyanyi dua tahun," lanjutnya.

Meskipun telah berulang kali dikritik namun Keisya tetap kekeh tidak mau menurunkan nada lagu ciptaan Mario G ini.

Keisya akhirnya ungkap alasan kenapa memilih untuk tidak menurunkan nada lagu tersebut.

Halaman Selanjutnya

"Satu, aku ngerasa aku bisa. Dua, kalau aku ngelakuin hal itu, orang akan lebih ramai," ucap Keisya dikutip dari YouTube Curhat Bang.

"(Dibilang) 'ah payah, ini nadanya diturunin pasti karena gagal mulu,'" lanjutnya.

Menurutnya, saat ini dia ada dalam posisi serba salah dengan apapun yang dilakukan.

"Aku pernah nyanyi belum lama ini dan nyampai, terus aku baca komen itu enggak ada 'ih keren banget ya', jarang," ujar Keisya.

"Aku apresiasi orang-orang yang sudah support aku, terima kasih banyak. Tapi banyak juga yang kayak 'ih nyanyi part-nya dikasihin ke orang mulu, reff-nya dikasihin orang-orang,' jadi enggak fokus lihat bagusnya," imbuh Keisya.

Sempat disarankan turunkan nada oleh guru vokal Indonesian Idol X, Indra Aziz

Saat melihat Keisya mendapat banyak kritik, Indra menghubungi Keisya untuk memberikan solusi, yaitu menurunkan setengah nada.

"Salah satu masukan saya buat dia, saya sarankan gini, kalau memang misalkan suara kamu lagi enggak fit, atau karena keadaannya terlalu riskan, turunin aja setengah kuncinya ya," kata Indra dikutip dari YouTube VokalPlus.

"Supaya memastikan kamu pasti akan nyampai (suaranya)," sambung Indra.

Namun ide tersebut ditolak Keisya dengan beberapa alasan.

"Jawaban dia apa? Dia enggak mau. Kenapa? Karena satu, dia percaya bahwa dia pasti bisa mengatasi masalah ini," ujar Indra.

"Yang kedua, dia tidak ingin mengecewakan fans-nya. Fans-nya itu begitu percaya sama dia, udah menaruh kepercayaan, kok dia malah turunin kuncinya," lanjut Indra.

Indra sendiri mengaku percaya pada Keisya, karena saat tampil di salah satu acara televisi, Indra melihat Keisya sudah banyak kemajuan. 

Bukan tak belajar dari kesalahan, tapi Keisya juga mengatakan dirinya telah mengambil les vokal profesional, dan setiap kali berlatih suaranya tidak mengalami masalah karena dia tidak berdiri di depan banyak orang.

Halaman Awal