Skip to main content
Saat Momen Ulang Tahun Putranya, Ridwan Kamil dan Teman Eril Bagikan 10 Ribu Paket Sembako

Saat Momen Ulang Tahun Putranya, Ridwan Kamil dan Teman Eril Bagikan 10 Ribu Paket Sembako

Saat Momen Ulang Tahun Putranya, Ridwan Kamil dan Teman Eril Bagikan 10 Ribu Paket Sembako

Peringati momen ulang tahun ke-23 Emmeril Khan Mumtadz alias Eril, pihak keluarga menggelar kegiatan bakti sosial.

Ridwan kamil dan teman-teman sang anak merayakan dengan membagikan paket bahan pokok (sembako) berupa beras, minyak goreng dan mi instan.

Sebanyak 10 ribu paket sembako pun  dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu pada momen peringatan ulang tahun Eril ke-23.

Momen ulang tahun Eril yang jatuh pada Sabtu (25/6/2022) kemarin, berbeda.

Ridwan Kamil dan keluarga serta teman-teman Eril, merayakan ulang tahun putra sulung dari Gubernur Jawa barat itu tanpa kehadiran Eril.

Eril diketahui meninggal dunia setelah tenggelam saat berenang di sungai Aare, Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022 lalu.

Meski Eril tak bisa lagi merayakan ulang tahunnya, pihak keluarga dan teman Eril tetap memperingati hari lahirnya.

Ridwan Kamil dan keluarga beserta teman-teman Eril yang tergabung dalam komunitas Jaber Zillenial, mengadakan kegiatan social untuk peringati hari ulang tahun Eril.

Halaman Selanjutnya

Kegiatan ini merupakan gerakan berbagi kebaikan dan keberkahan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan tersebut dinamai dengan GEBERKAHN, yang menggunakan nama tengah dari Eril.

Sehari sebelum hari ulang tahun Eril, Ridwan Kamil dan istri bersama para teman Eril tengah sibuk mempersiapkan bahan-bahan bantuan yang akan dibagikan ke masyarakat membutuhkan.

Kegiatan itu terekam dan dibagikan oleh Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, melalui Instagram mereka masing-masing pada Jumat (24/6/2022).

Dalam persiapan itu, terlihat para anak muda sangat semangat mempersiapkan bahan pokok untuk dikemas ke dalam goody bag berwana hijau dan kuning.

Ridwan Kamil dan Atalia Praratya pun ikut hadir dalam persiapan itu.

Dalam video itu,istri Ridwan Kamil merasa sangat senang melihat semangat para anak muda melakukan kegiatan social.

Terkhusus membantu gerakan berbagi untuk memperingati hari kelahiran Eril.

“Seneng benget liat semangat anak muda ya, untuk melakukan gerakan kebaikan dan keberkahan. Hashtag #JejakEril,” kata Atalia Praratya dikutip Sabtu (25/6/2022).

Ibu tiga anak ini mengatakan, jika bantuan yang disiapkan ada 10 ribu paket yang akan dikirimkan di 19 kota/kabupaten Jawa Barat.

“Semua paket yang di sini aja 10 ribu yang akan dikirimkan ke 19 kota/kabupaten,” ungkap Atalia.

Wanita yang akrab disapa Bu Cinta ini mengatakan, masyarakat di luar komunitas Jaber Zillenial juga ikut membantu kegiatan tersebut.

“Tapi ternyata banyak sekali masyarakat juga yang ikut membantu ya. Jadi ada yang dengan komunitas masing-masing juga berbagi dengan cara mereka. Keren banget,” ucap ibu Eril ini.

Sementara itu, saat kegiatan mempersiapkan paket bantuan, Ridwan Kamil juga berada di tempat dengan ditemani oleh Menteri Kesehatan Budi Sadikin.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini pun mengungkapkan, bahwa perayaan ulang tahun Eril ini bertemakan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Halo saya lagi dengan Pak Menteri Budi Sadikin, Menteri Kesehatan. Kebetulan besok Eril ulang tahun. Tema perayaannya adalah berbagi.

Temen-temen Eril atau yang sayang sama Eril lagi persiapan, untuk menyiapkan bantuan. Insya Allah hari berbagi,” kata Ridwan Kamil.

Salah satu teman Eril yang tak disebutkan namanya, mengungkapkan jika isi paket bantuan itu berupa beras, mi, dan minyak.

“Isinya beras, mi, sama minyak,” katanya.

Yang membantu kegiatan tersebut pun dari seluruh anak muda di Jawa Barat.

“Dari kabupaten Kuningan. Dari kemarin udah di sini, dari jam 9 pagi,” ujar salah satu anak muda yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Lanjutkan Kegiatan Berbagi yang Biasa Eril Lakukan

Di keterangan yang ia unggah, Ridwan Kamil mengungkapkan jika ulang tahun mendiang putranya itu diperingati dengan kegiatan berbagi.

“BESOK ERIL ULANG TAHUN. Tanggal 25 Juni. Kami akan mengingatnya dengan berbagi yang bisa dibagi kepada yang membutuhkan,” tulis Ridwan Kamil dikutip Sabtu (25/6/2022).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, bahwa ia berusaha untuk melanjutkan hal-hal yang kerap dilakukan oleh anaknya itu semasa hidup.

Putra sulung Ridwan Kamil ini memang kerap melakukan kegiatan amal di setiap kesempatan, termasuk saat hari kelahirannya.

“Sesuatu yang memang biasa ia lakukan di ulang tahunnya,” sambung Ridwan Kamil.

Suami Atalia Praratya ini pun mengajak anak muda untuk ikut andil dalam kegiatan berbagi kebaikan dan keberkahan tersebut.

“Jika berkenan. Ayo anak muda pada ikutan. Melakukannya sendiri-sendiri. Seharian kita bisa ikut berbagi kebaikan dan keberkahan dengan cara apa pun di lingkungan terdekat kita,” ajak Kang Emil.

Mantan Walikota Bandung ini mengungkapkan, jika nama kegiatan berbagi ini dinamai GEBERKAHN yang artinya Gerakan Berbagi Kebaikan dan Keberkahan.

Dan rupanya, nama kegiatan itu diambil dari nama tengah Eril.

“Teman-temannya menamao kegiatan ini pake nama tengah Eril dengan istilah GEBERKAHN (Gerekan Berbagi KebaikAn dan KeberkaHan). Hatur nuhun,” imbuh Kang Emil.

Para anak muda yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan social ini dari berbagai kalangan, mulai dari anak SMA, mahasiswa, hingga masyarakat umum. 

Halaman Awal