Skip to main content
7 Fakta Penemuan Jasad Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare, Lokasi Pemakaman Eril Didiskusikan

7 Fakta Penemuan Jasad Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare, Lokasi Pemakaman Eril Didiskusikan

7 Fakta Penemuan Jasad Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare, Lokasi Pemakaman Eril Didiskusikan

Penemuan jasad anak Ridwan Kamil di Sungai Aare, Swiss menjadi kabar duka bagi keluarga dan masyarakat Indonesia. 

Sejak hilang 14 hari di Sungai Aare akibat terseret arus saat berenang, jasad Emmeril Kahn Mumtadz akhirnya ditemukan pada Rabu (8/6/2022).

Sederet fakta pun terekam dari penemuan jasad anak Ridwan Kamil hingga lokasi pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz. 

Selengkapnya, simak rangkuman berikut ini:

1. Laporan Penemuan Tubuh 

Eril dinyatakan hilang setelah hanyut saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss pada Kamis 26 Mei 2022 lalu.

Jenazah Eril ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pagi waktu Swiss pada pukul 6.50 waktu setempat.

Mulanya, polisi wilayah Bern mendapat laporan temuan tubuh seorang pria berada di bendungan Engehalde di Bern.

Halaman Selanjutnya

Spesialis dari polisi air Bern mendapati tubuh pria itu di cekungan luapan bendung dan kemudian menyelamatkannya.

Duta Besar RI (Dubes RI) di Swiss Muliaman Hadad pun menjelaskan, pihak kepolisian langsung menyampaikan kabar mengenai informasi temuan jasad tersebut kepada keluarga di kantor KBRI Bern.

2. Identifikasi DNA

Setelah temuan tersebut, sesuai dengan prosedur, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA.

Hingga akhirnya pada Kamis, (9/6/2022) siang waktu Swiss, jasad yang ditemukan di bendungan tersebut terkonfirmasi sebagai Eril.

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan itu adalah benar ananda Eril," kata Muliaman dalam jumpa pers secara virtual dari Bern, Kamis (9/6/2022).

"Pada Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Emmeril Kahn Mumtaz atau Eril," lanjut Muliaman.

Mengutip Kompas.com 'Penemuan Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Engehalde'.

3. DNA dari Ridwan Kamil dan Atalia

Pencocokan DNA itu dilakukan dengan sampel yang diambil dari Ridwan Kamil dan sang ibu, Atalia Praratya yang sempat datang ke Bern untuk menyaksikan proses pencarian.

Tim pencari gabungan dilaporkan menemukan jasad Eril di Bendungan Engehalde pada Rabu (8/6/2022) pagi waktu setempat.

Muliaman pun mengatakan, pihak KBRI Bern akan mengawal proses kepulangan (repatriasi) jenazah Eril hingga tuntas.

“KBRI akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi ananda Eril ke Tanah Air,” tuturnya. “KBRI akan melakukan pengawalan repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia,” sambungnya.

4. Penyerahan Jenazah Eril 

Setelah diidentifikasi, pihak Pengadilan Kanton Bern telah memberikan kewenangan bagi keluarga Eril yang berada di Bern untuk menerima jenazah Eril.

Muliaman mengatakan, pihak KBRI Bern akan memastikan proses pengurusan jenazah Eril dilakukan sesuai dengan tata cara Islam.

"KBRI Bern tentunya memastikan bahwa penghormatan terhadap hak-hak ananda Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam," kata dia.

Adapun perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazzuzaman mengatakan, setelah ditemukan jenazah Eril akan langsung dibawa ke Indonesia.

"Untuk waktu kami belum bisa memastikan pasti kapan tiba di Indonesia. Tapi pada dasarnya kami akan melakukan secepat-cepatnya, sejauh yang memungkinkan tergantung situasi dan kondisi sumber daya manusia yang mendukung," ujar Elpi pada kesempatan yang sama.

Elpi menjelaskan, jenazah Eril kemungkinan bakal dibawa ke Indonesia pekan ini.

Menurutnya, jenazah Eril akan dibawa ke Indonesia pada hari Sabtu atau Minggu.

5. Ucapan Syukur Ridwan Kamil

Ridwan Kamil, lewat akun Instagramnya @ridwankamil menyatakan syukur setelah dipastikan Eril ditemukan.

"Allahu Akbar! Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan dan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan," ujar Emil, lewat unggahannya, Kamis (9/6/2022).

Selain itu, pria yang kerap disapa Emil ini mengabarkan bahwa jenazah Eril rencananya tiba di Indonesia pada hari Minggu (12/6/2022) dan akan dimakamkan pada Senin (13/6/2022).

“Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami,” ucapnya.

6. Lokasi Pemakaman 

Seperti disinggung sebelumnya, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz diperkirakan tiba di Indonesia pada akhir pekan ini.

Menurut Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya, hingga saat ini pihak keluarga terus berkomunikasi dengan KBRI untuk rencana pemulangan jenazah Eril lebih detail.

"Kita akan lakukan penjemputan secara detail kami informasikan dan terus berkomunikasi baik dari bandara dan luar negeri," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/6/2022) mengutip Kompas.com.

Terkait lokasi pemakaman, Wahyu mengatakan saat ini pihak keluarga masih musyawarah.

"Lokasi pemakaman akan berkoordinasi dengan keluarga dan insya Allah akan disampaikan. Karena informasi baru sekarang apakah nanti rumah duka di sini atau di mana kami koordinasi dan dipastikan," jelasnya.

7. Dugaan Penyebab Eril Hanyut

Sebelumnya, perwakilan Keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman menjelaskan penyebab dugaan Eril hanyut. 

Menurutnya, Eril sehat secara fisik dan mental serta telah memilih lokasi berenang yang paling aman, namun Elpi menduga debit air yang pada saat itu sedang naik menjadi faktor hanyutnya Eril.

"Itu yang mungkin ada situasi yang qadarullah di luar jangkauan manusia yang bisa diantisipasi," pungkasnya.

Benar saja, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad, mengatakan kondisi arus Sungai Aare cukup kuat ketika Eril hilang.

Selain itu, Muliaman menjelaskan, suhu air di Sungai Aare Swiss cenderung dingin, mencapai 16 derajat Celcius.

"Pada saat itu suhu air sungai Aare sekitar 16 derajat Celcius dengan arus cukup kuat," terang Muliaman dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (28/5) mengutip KompasTV. 

Halaman Awal