Skip to main content
Cara Dorce Gamalama Bagi Harta Warisan Meski Tak Punya Anak Kandung

Cara Dorce Gamalama Bagi Harta Warisan Meski Tak Punya Anak Kandung

Cara Dorce Gamalama Bagi Harta Warisan Meski Tak Punya Anak Kandung

Cara Dorce Gamalama bagi harta warisan meski tak memiliki anak kandung.

Ternyata jauh-jauh hari Dorce Gamalama sudah mempersiapkan harta bendanya untuk di wariskan kepada empat anak angkatnya.

Meski tak memiliki hak, namun Dorce memberikan hartanya tersebut sebagai hadiah.

Dan sebagian lagi hartanya diserahkan kepada anak yatim.

Sebagaimana diketahui persoalan warisan mendiang Dorce Gamalama kini ikut disorot publik.

Penerima warisan Dorce Gamalama membuat publik bertanya-tanya.

Pasalnya, Dorce Gamalama diketahui tidak memiliki anak kandung.

Semasa hidupnya, Dorce Gamalama memiliki harta dan beberapa rumah.

Halaman Selanjutnya

Harta itu merupakan hasil kerja keras Dorce Gamalama di dunia hiburan.

Dorce Gamalama adalah sosok artis senior di Indonesia.

Ia dikenal sebagai salah satu artis yang multitalenta dan pekerja keras selama hidupnya.

Maka wajar jika Dorce Gamalama memiliki aset dan harta yang tak sedikit.

Fakta terungkap, ternyata Dorce Gamalama sudah menuliskan surat wasiat terkait harta warisannya sebelum meninggal dunia pada Rabu,16 Februari 2022 lalu.

Dirinya tak memiliki anak kandung, namun diketahui dirinya memiliki 4 orang anak angkat.

Banyak yang menyinggung kemana nantinya harta warisan Dorce Gamalama diberikan, akhirnya sahabat Dorce Gamalama, Hetty Sunjaya buka suara.

Ia memberi sedikit keterangan terkait pertanyaan warisan, meski tak memiliki anak kandung, namun menurut Hetty, Dorce Gamalama berhak memberikan hartanya kepada semua anak-anak yang telah ia adopsi.

“Walau beliau tidak punya anak kandung, tetapi beliau juga berhak memberikan ke anak-anak yang ia adopsi sedari kecil. Jadi beliau berhak memberikan pada siapapun,” jelas Hetty Sunjaya dalam Kanal YouTube SCTV, dikutip TribunJatim.com dari Sripoku.

Semasa hidupnya Dorce Gamalama tak memberitahu dengan jelas kepada Hetty Sunjaya kepada siapa dan bagaimana proses pembagian harta waris miliknya, dia hanya menitipkan keempat anaknya pada sang sahabat.

“Mungkin dia selama ini engga ada jelasin detail masalah harta sama aku ya, tapi dia selalu bilang ‘Hett nanti tolong titip anak-nak gue ya kalau gue mati,itu saja yang dia bilang,” ujar Hetty Sunjaya.

Namun menurut Hetty Sunjaya sang sahabat pernah menjelaskan jika dirinya sudah berbicara dengan pengacara pribadinya untuk mengurus surat pembagian bersama notaris.

“Kalau untuk masalah harta enggak pernah bicara ke saya, tapi dia pernah bilang semua urusan warisan sudah diurus pengacara dan sudah dinotariskan,” ucapnya.

Sementara kuasa hukum Dorce Gamalama, Amelia Mustika menjelaskan Dorce Gamala sudah memberikan keterangan kepada dirinya soal warisan.

“Saya jadi pengacara Dorce dari tahun 2015, banyak sekali permasalahan yang ia ceritakan ke saya,” jelas Amelia Mustika.

Amelia juga sudah di tunjuk oleh Dorce Gamalama sebagai orang yang akan mengatasi masalah harta.

“Ada semua, sudah tercatat di notaris ,juga sudah dibuatkan wasiat, pelaksana wasiatnya saya sendiri,” tuturnya.

Namun menurut Amelia, Dorce Gamalama tak memberikan harta warisannya kepada keempat anak yang ia adopsi.

Hanya saja, semua anaknya tersebut telah ia persiapkan beberapa rumah sebagai hadiah bagi mereka.

“Anak angkat kan enggak dapat waris kecuali tadi itu adalah anak kandung.

Tapi Dorce engga punya anak kandung kan.

Tapi Dorce sudah hadiahkan masing-masing satu rumah untuk semua anaknya, karena sudah merawat Dorce dan menemani kehidupan Dorce semasa hidup,” tuturnya.

Terakhir sang pengacara menyebutkan Dorce Gamalama memiliki beberapa rumah kontrakan dan juga deposito senilai Rp 3 miliar yang nantinya akan ia wariskan ke anak yatim yang berada dalam yayasan miliknya.

“Ada beberapa rumah dan tanah untuk semua anak yatim asuhannya,” jelas nya, dikutip dari artikel Tribun Medan ( grup Tribunlampung.co.id ).

Di sisi lain, keluarga mengungkapkan obrolan mereka dengan Dorce Gamalama sebelum meninggal dunia. 

Mimi Artati, keponakan sekaligus kerabat dekat Dorce Gamalama, mengatakan sang artis kerap membicarakan soal kematian. 

"Firasat kita sebenarnya enggak ada. Biasa aja. Memang sebelum pergi, Mama (Dorce) suka omong soal kematian," kata Mimi saat ditemui di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, Rabu (16/2/2022). 

"Tapi kami percaya, kematian hanya Allah yang menentukan, jadi saat itu kita anggap kayak masih ngaco aja," lanjut Mimi. , dilansir TribunJatim.com dari Tribunnews.

Tidak hanya itu, Mimi menambahkan syarat Dorce Gamalama sebelum meninggal dunia agar dibersihkan kamarnya yang berada di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. 

"Mama (Dorce) pesannya itu minta bersihkan kamarnya di Lubang Buaya. Selama ini kan selama sakit Mama tinggal di Jatibening. Jadi rumahnya kan ada dua itu," ujar Mimi.

Sebab Mimi menilai permintaan itu diungkap Dorce karena sebelumnya presenter senior itu sempat berbicara untuk disalatkan dan disemayamkan di kediamannya.

"Mama bilang 'tolong bersihkan kamar di Lubang Buaya', karena terakhir Mama akan disalati dan disemayamkan di sana," ujar Mimi. 

Halaman Awal