Skip to main content
Dilakukan Artis Anang Hermansyah dan Kevin Aprillio, Ketahui Efek Samping Transplantasi Rambut

Dilakukan Artis Anang Hermansyah dan Kevin Aprillio, Ketahui Efek Samping Transplantasi Rambut

Dilakukan Artis Anang Hermansyah dan Kevin Aprillio, Ketahui Efek Samping Transplantasi Rambut

Saat ini transplantasi rambut atau tanam rambut sedang tren, sebagaimana dilakukan para selebritis. Di Indonesia, sebut saja nama Kevin Aprillio dan baru-baru ini musisi Anang Hermansyah juga melakukan transplantasi rambut.

Transplantasi rambut dikerjakan oleh ahli bedah profesional. Salah satu negara yang melakukan tanam rambut adalah Turki.

Namun, bagi anda yang tertarik melakukan transplantasi rambut, ketahu pula efek sampingnya.

Berikut ini diulas soal efek samping tanam rambut, metode dan prosedurnya.

Transplantasi rambut umumnya dilakukan oleh orang yang mengalami kerontokan dan kebotakan.

Tampilan rambut yang telah ditransplantasi diyakini dapat menambah kepercayaan diri.

Deretan selebritis yang melakukan transplantasi rambut, Kevin Aprilio, Anang Hermansyah, dan Atta Halilintar.

youtube image
Halaman Selanjutnya

Terdapat metode khusus dalam proses tanam rambut, di antaranya ahli bedah akan memotong kulit kepala dari bagian belakang kepala.

Berikut selengkapnya metode transplantasi rambut:

Metode Transplantasi Rambut

Transplantasi rambut adalah metode operasi memindahkan rambut yang kita miliki untuk mengisi area yang mengalami penipisan atau kebotakan.

Dikutip dari Web MD, cara ini mulai dikenal di Amerika Serikat sejak tahun 1950an namun metodenya semakin berkembang belakangan ini.

Transplantasi rambut membantu perbaikan dalam menciptakan garis rambut, menebalkan rambut dengan hasil yang terlihat alami.

Metode yang juga dikenal dengan tanam rambut ini dilakukan dengan follicular unit strip surgery (FUSS) atau follicular unit extraction (FUE).

1. Metode Follicular Unit Strip Surgery (FUSS)

FUSS dilakukan dengan mengangkat potongan kulit berukuran 6 hingga 10 inci dari bagian belakang kepala kita.

Bagian ini disisihkan dan dijahit kulit kepalanya sehingga tertutup dan kemudian disembunyikan dengan rambut di sekitarnya.

Selanjutnya, tim ahli bedah membagi potongan kulit kepala yang dibuang menjadi 500 hingga 2.000 cangkokan kecil.

Masing-masing dengan rambut kita atau hanya beberapa helai rambut saja. Jumlah dan jenis cangkok rambut yang kita dapatkan tergantung pada jenis rambut, kualitas, warna, dan ukuran area tempat kita menjalani transplantasi.

2. Metode Follicular Unit Extraction (FUE)

Prosedur FUE diawali dengan mencukur bagian belakang kulit kepala kita.

Dokter akan mengeluarkan folikel rambut satu per satu dari area tersebut.

Area tersebut sembuh dengan titik-titik kecil, yang akan menutupi rambut kita yang sudah ada.

Baik metode FUSS maupun FUE kemudian dilanjutkan dengan menanamkan cangkok rambut satu per satu di titik yang telah dibuat.

Prosedur dan Durasi Pengerjaan

Transplantasi rambut umumnya dilakukan selama 4-8 jam, sesuai dengan kondisi pasien.

Kita mungkin harus mengulasi tindakan tersebut jika menginginkan rambut yang lebih tebal atau masih mengalami kerontokan.

Setelah operasi penanaman rambut, kulit kepala kita akan terasa sangat lembut sebagai efek sampingnya.

Biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri dan memasang perban di kepala selama beberapa hari.

Dalam waktu 2-3 minggu setelah operasi, rambut yang ditransplantasikan akan rontok. Normal pula jika rambut terlihat lebih tipis dari sebelum transplantasi pada bulan ketiga sesudahnya.

Namun kita akan mulai mengalami pertumbuhan rambut baru di area transplantasi. Umumya, dibutuhkan waktu 6-9 bulan setelah operasi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Ada juga yang perlu waktu hingga 12 bulan setelah transplantasi rambut untuk mencapai tampilan yang diinginkannya.

Efek Samping Transplantasi Rambut

Bukan tidak mungkin jika proses tanam rambut seperti yang dilakukan Anang Hermansyah memiliki beberapa efek samping setelahnya.

Efek yang mungkin muncul seperti nyeri di kulit kepala. Kondisi ini normal terjadi, Anda mungkin akan diberikan obat pereda nyeri oleh dokter.

Selain itu, rambut yang ditransplantasikan mungkin akan rontok dua hingga tiga pekan setelah prosedur dilakukan.

Namun, jangan khawatir karena hal ini sebenarnya menandakan pertumbuhan rambut baru. Efek samping transplantasi rambut biasanya cenderung ringan dan akan hilang dalam beberapa minggu.

Beberapa kondisi yang bisa terjadi antara lain:

a. Infeksi

b. Pembengkakan di kulit kepala

c. Memar di sekitar mata

d. Mati rasa atau kurangnya sensasi pada area kulit kepala yang menjalani perawatan

e. Gatal pada kulit kepala

f. Peradangan atau infeksi pada folikel rambut, yang disebut folikulitis

g. Bekas luka jahitan

Di sisi lain, hasil dari transplantasi rambut biasanya dapat terlihat setelah 8 sampai 12 bulan pasca operasi.

Biaya transplantasi rambut berkisar antara Rp25 juta sampai Rp100 juta tergantung dari jumlah helaian rambut yang ditanam serta jenis metode transplantasi apa yang digunakan pada pasien.

Cara Cegah Kebotakan Akibat Rambut Rontok

1. Gunakan ikat rambut berbahan sutera

Ikat rambut berbahan sutera tidak akan mengikat rambut Anda terlalu kencang sehingga menghindari rambut Anda tertarik ketika dikuncir. Bahan sutera sangat lembut sehingga mengurangi friksi antara ikat rambut dan rambut Anda.

2. Gunakan sarung bantal sutera

Sama seperti ikat rambut, sarung bantal juga bisa menimbulkan gesekan yang menyebabkan rambut rontok. Sarung bantal sutera memang lebih mahal dari sarung bantal biasa. Namun manfaatnya untuk rambut dan bahkan untuk kulit Anda, akan sepadan dengan harga sarung bantal sutera.

3. Keramas dua hari sekali

Salah satu aspek penting untuk mengurangi kerontokan rambut adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala Anda. Keramas dua hari sekali sudah cukup untuk menjaga kebersihan kulit kepala Anda. Gunakan shampo yang lembut agar tidak merusak rambut Anda.

4. Gunakan kondisioner

Rambut yang kering akan mudah kusut dan meningkatkan resiko tertarik ketika disisir. Cobalah menggunakan kondisioner setiap sehabis keramas. Oleskan kondisioner pada batang rambut hingga ujung rambut. Kondisioner akan membantu rambut Anda menjadi lebih lembut dan tidak mudah kusut.

5. Gunakan sisir fleksibel bergigi jarang

Sekarang sudah banyak tersedia sisir dengan bahan yang lebih fleksibel dan bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok. Sisir ini bisa Anda beli di toko atau secara online. Sisir fleksibel ini sering disebut sisir detangler atau sisir anti kusut.

6. Pijat kulit kepala secara rutin

Memijat kulit kepala membantu melancarkan peredaran darah ke daerah kulit kepala agar bisa meningkatkan asupan nutrisi untuk rambut Anda. Anda bisa melakukan pijat kulit kepala dengan berbagai cara.

Pertama memijat ketika sedang keramas. Pijatlah kulit kepala Anda saat menggunakan shampoo selama kurang lebih 5 menit. Baru setelah itu dibilas.

Kedua, Anda bisa memjiat kulit kepala dengan menggunakan minyak kelapa sebelum keramas.

Studi tahun 2018 yang dipublikasikan oleh Journal of the American College Nutrition menyebutkan bahwa minyak kelapa bisa membuat rambut tidak mudah rapuh. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang berfungsi mengikat protein di rambut.

Halaman Awal