Skip to main content

Ramai Tolak Saipul Jamil Tampil di Televisi, Beberapa Selebriti Turut Dukung Penolakan


Selepas menghirup udara bebas, pro dan kontra tentang penyanyi dangdut Saipul Jamil ramai menjadi perbincangan publik.

Kembali munculnya Saipul Jamil di layar kaca dikecam banyak pihak. Bahkan, penolakan pun datang dari kalangan artis.

Diketahui, Saipul Jamil baru saja bebas dari penjara pada Kamis (2/9/2021) lalu, setelah terjerat kasus asusila terhadap anak di bawah umur.

Kebebasan Saipul Jamil justru menghadirkan pro kontra dari banyak pihak. Dua hari pasca bebas, muncul petisi untuk memboikot Saipul Jamil di laman change.org.

Masyarakat merasa gerah setelah melihat penyambutan pembebasan Saipul Jamil dari penjara yang diarak menggunakan mobil sport mewah.

Tak hanya itu saja, masyarakat merasa murka setelah mengetahui Saipul Jamil kembali tampil dibeberapa program acara televisi.

Imbas dari penampilannya itu, Saipul Jamil mendapatkan banyak kecaman dari berbagai pihak tak terkecuali kalangan artis.

Berikut ini deretan artis dan public figure yang menolak keras Saipul Jamil untuk tampil di televisi.

1. Arie Kriting

Komika Arie Kriting pun menyampaikan penolakan keras soal Saipul Jamil kembali muncul di televisi.

Dalam unggahan video di Instagramnya, Arie Krtiting mengungkapkan ketidakrelaannya bergabung atau diundang ke stasiun televisi yang menampilkan sosok Saipul Jamil.

Arie Kriting menyatakan bahwa ia tidak rela memberikan izin, karya atau imagenya digunakan oleh media cetak atau televise yang memberikan ruang bagi seorang pelaku kasus asusila kepada anak di bawah umur.

“Saya tidak rela, saya tidak mau saya punya karya saya punya image ada sama2 dengan kalian,” kata Arie Kriting dalam video yang diunggah di Instagram, Minggu (5/9/2021).

“Ini adalah bentuk perlawanan saya kepada sosok pelaku kasus asusila yang diglorifikasi,” tambahnya.

Arie mengungkapkan akan kembali menerima pekerjaan di stasiun televise, jika stasiun televisi tersebut tidak mengundang pelaku kejahatan asusila untuk tampil di layar kaca.

“Nanti saja kalau kalian sudah tidak melakukan hal bodoh itu baru kita bisa kerja sama lagi ya. Tidak papa insyaAllah saya punya rejeki di tempat lain,” tegasnya.

2. Cinta Laura

Artis multitalenta, Cinta laura juga ikut menyoroti kebebasan dan munculnya Saipul Jamil di beberapa program televise.

Cinta Laura menyampaikan tanggapannya melalui unggahan di Instagram Storynya, Minggu (5/9/2021).

Unggahan pertama, Cinta kembali memposting unggahan dari akun @narasinewsroom yang tengah membahas Saipul Jamil.

Dalam unggahan itu, Cinta memberikan peringatan terkait hal tersebut.

“Jangan biarkan rape culture terus berkembang di Negara kita,” tulis @claurakiehl.

Unggahan berikutnya, Cinta seperti geram dengan judul berita salah satu media yang menyebut bahwa Saipul Jamil mengatakan tidak dendam dengan korban yang membuatnya masuk ke penjara.

Cinta menilai ucapan Saipul Jamil itu sangat lucu dan tidak melihat bahwa dirinya adalah pelaku atas kasus asusila kepada anak di bawah umur.

“Nggak dendam sih, tapi itu kang c*b*l yang udah bikin korbannya trauma setengah mati!!” kata Cinta.

Cinta pun menyinggung bahwa Saipul Jamil yang merupakan pelaku kasus asusila tidak memikirkan nasib dan perasaan korban.

“Bisa bayangin? Hidup korban tiap hari ketakutan keinget apa yag dilakuin sama si “artis” ini. Apa perlu dikasih tau dengan ‘coba deh posisikan diri jadi korbannya’, ‘coba deh jadi orang tua si korban’ biar tau rasanya ngeliat orang terdekat hidup gak tenang,” jelas Cinta.

Tak lupa, Cinta juga menandai akun Instagram KPI Pusat untuk meminta Saipul Jamil tidak dikasih panggung di televise.

3. Ernest Prakasa

Ernest Prakasa merupakan salah satu artis yang juga ikut menolak keras munculnya Saipul Jamil ke layar televisi.

Ernet menilai stasiun televisi yang memberikan panggung kepada mantan narapidana kasus asusila itu tidak memiliki hati nurani.

"Bau busuk apa yang menyengat ini? Oh, ternyata bau bangkai dari matinya nurani stasiun TV yang memperlakukan mantan napi kasus asusila bagaikan pahlawan," tulis Ernet di Twitternya, Minggu (5/9/2021).

Yang terbaru, KPI Pusat memberikan teguran dan peringatan keras kepada stasiun televisi yang memberikan panggung kepada Saipul Jamil.

Pernyataan itu diungkapkan KPI Pusat melalui unggahan di Instagram, Senin (6/9/2021).

Unggahan KPI pusat itu pun banyak mendapatkan dukungan dari warganet, salah satunya komika dan produser film Ernest Prakarsa.

Menanggapi unggahan KPI, Ernest Prakarsa mengapresiasi langkah KPI yang melarang mantan narapidana kasus asusila untuk tidak tampil di televisi.

"Saya apresiasi langkah Mas @agung_suprio & rekan-rekan di @kpipusat. Semoga ke depannya semakin bertaji," ujar Ernest Prakarsa dalam unggahannya di Instagram.

Dalam tanggapannya, Ernest Prakarsa menyebut bahwa pernyataan KPI Pusat merupakan kabar baik lantaran telah mendengar kritik dari masyarakat yang gerah dengan hal tersebut.

Ernet Prakarsa pun berharap dengan pernyataan dari KPI itu, Saipul Jamil tidak kembali mengisi acara-acara yang ada di televisi.

"Jadi mulai sekarang yang bersangkutan harusnya sudah tidak lagi tampil televisi di program hiburan yang sempat terjadi sebelumnya," kata Ernest.

Komika ini juga memberikan tanggapannya lantaran banyak netizen yang menyebut KPI baru bertindak setelah kasus ini diviralkan oleh warganet.

"Menurut saya, mendingan viral dulu baru ditindak, daripada udah viral pun nggak ditindak-tindak," ujarnya.

Ernest pun mengatakan lebih baik lapor permasalahan kepada netizen agar viral dan segera ditindak oleh yang berwajib.

"Laporlah kepada netizen, supaya rame supaya viral niscaya akan ditindak kasusnya," ucap Ernest.

4. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier pun ikut memberikan komentar terkait pembebasan Saipul Jamil dari penjara.

Deddy merasa heran dengan cara yang dilakukan untuk menyambut kebebasan mantan suami Dewi Perssik itu.

Diketahui, Saipul Jamil disambut dengan disematkan kalung bunga di lehernya, serta diarak menggunakan mobil sport mewah.

Deddy Corbuzier menilai penyambutan pembebasan Saipul seperti menyambut atlit yang baru mendapatkan medali emas.

Ia pun memberikan sindiran pedas melalui unggahan Instagram pribadinya, Minggu (5/8/2021).

“Luar biasa… Menang Medali Emas?!” kata Deddy Corbuzier.

5. Zaskia Adya Mecca

Zaskia Adya Mecca terheran-heran melihat tingkah pedangdut Saipul Jamil yang baru saja keluar dari penjara.

Istri Hanung Bramantyo ini kemudian menyampaikan kegundahannya melalui Instagram story.

"Asli dari kemarin mau komenin ini. Gak habis pikir bisa-bisanya keluar penjara langsung keluarin bunga. Dadah-dadah sumringah. Lambaikan tangan macam Miss universe?" tulisnya, dikutip Senin (6/9/2021).

Ia pun menyayangkan pernyataan Saipul Jamil yang menyebut tidak dendam pada korban.

Menurutnya hal seperti ini tidak masuk akal.

"Terus bilang gak dendam ama korban yang masukin dia ke penjara? Ini dunia apa sih? Logika semua macam terbalik? Kok bisa ada yang menikmati? Heran!" Tulisnya lagi.

Padahal menurut Zaskia, korban saat ini mungkin saja masih trauma dengan pelecehan seksual tersebut.

Karena, sulit memulihkan kondisi psikis seseorang yang pernah menjadi korban.

6. Najwa Shihab

Najwa Shihab juga ikut berkomentar terkait kembalinya Saipul Jamil ke dunia hiburan, dilansir Instagram najwashihab, Minggu (5/9/2021).

"Glorifikasi dan Bahaya Normalisasi Kekerasan Seksual

@narasinewsroom "Merayakan" bebasnya pedangdut Saipul Jamil setelah lima tahun mendekam di penjara bukan perkara sembarangan,"tulis Instagram najwashihab.

Dikatakan juga kalau aksi ini bisa membuat perilaku kekerasan seksual dapat dimaklumi.

"Perilaku ini lama kelamaan bisa membuat "pemakluman" atas kekerasan seksual terhadap dua remaja yang dilakukannya,"tulis Instagram najwashihab.

Dikhawatirkan juga oleh Najwa Shihab kalau terjunnya Saipul Jamil ke lapas dapat membuat tidak malu lagi melakukan kekerasan seksual.

"Yang gak kalah bahaya, orang-orang bisa gak malu lagi kalau melakukan kekerasan seksual. Selain itu, perilaku ini juga bisa bikin orang-orang jadi merasa "biasa" melihat para pelaku kekerasan seksual,"tulis Instagram najwashihab.

Ditambah lagi korban jadi trauma untuk berbicara terbuka.

"Belum lagi hal ini juga bisa membuat korban semakin takut buat berbicara dan terbuka. Hadeh,"tulis Instagram najawashihab.

7. Ziva Magnolya

Penyanyi jebolan Indonesia Idol yakni Ziva Magnolya juga ungkapkan tanggapannya terkait Saipul Jamil bebas dan ingin kembali tampil di layar kaca.

Ziva Magnolya melontarkan komentar pedas atas kebebesan Saipul Jamil dari penjara.

Ziva merasa jijik melihat pemberitaan Bang Ipul sapaan akrabnya, yang justru dipuja-puja setelah bebas dari penjara sebagai narapidan pelaku kasus asusila.

Melihat video acara penyambutan pembebasan Saipul Jamil dari penjara, sampai membuat Ziva Magnolya ingin pindah ke planet.

“Kenapa mata gue harus banget liat ginian lewat TL. Udah hidup baru aja tentram dan damai ada aja yang bikin mo pindah planet,” tulis Ziva di Twitternya, Kamis (2/9/2021).

Penyanyi muda tersebut sampai mengeluarkan umpatan lantaran merasa tak habis piker dengan yang terjadi usai Saipul Jamil bebas dari penjara.

“Pengen ngmg an***g tapi biar terkesan lebih sopan pake m aja jadi anjim,” tambah Ziva.

Terlebih saat Ziva melihat berita yang menyebut bahwa Saipul Jamil mengungkapkan tidak dendam kepada korban yang membuatnya masuk ke penjara.

“Sabar ziv sumpah sabar,” komentar Ziva dalam unggahan berita di Twitter. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar