Skip to main content
Dokter Beberkan Penyebab Tukul Arwana Kena Stroke Hingga Alami Pendarahan Otak

Dokter Beberkan Penyebab Tukul Arwana Kena Stroke Hingga Alami Pendarahan Otak


 Pihak rumah sakit tempat Tukul Arwana dirawat menyampaikan klarifikasi soal kabar komedian itu mengalami pendarahan otak karena vaksin Covid-19.

Klarifikasi berupa bantahan itu disampaikan langsung oleh Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON), dr Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC, MARS.

Seperti diketahui, Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pendarahan otak.

Sang komedian sudah menjalani operasi untuk memulihkan kesehatannya.

"Kami tegaskan tidak ada hubungan pendarahan dengan vaksin Covid-19," ujar Mursyid dalam konferensi pers virtual pada Jumat (24/9/2021), dikutip dari Tribunnews.com.

"Apapun jenis vaksinnya, apapun mereknya Belum ada yang mengatakan, ada risiko stroke pendrahan akibat vaksin," lanjutnya.

Menurut Mursyid, sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan ada hubungan bahwa vaksin menyebabkan stroke pendarahan otak.

"Ini perlu kita klarifikasi tidak ada hubungan stroke pendarahan otak dengan vaksin Covid-19," jelas Mursyid.

Mursyid menuturkan, penyebab terjadi stroke pendarahan otak adalah terjadi saat tidak kuatnya pembuluh darah di otak menahan tekanan darah yang tinggi sehingga ada kebocoran.

"Sudah ada potensi untuk bocor atau pecah, yang waktu tertentu tekanannya meningkat tidak kuat lagi menahan sehingga pembuluh darah itu pecah sehingga mengganggu fungsi otak di sekitarnya," jelas Mursyid Bustami.

Ia mengatakan, pasien stroke pendarahan sebelumnya tidak mengalami keluhan apa-apa.

Namun kemudian setelah terjadi pecah pembuluh darah maka 70 persen pasien mengalami gejala sakit kepala.

"Gejala lain juga mengalami penurunan kesadaran," tuturnya.

Sebelumnya, mengutip keterangan orang dekat Tukul Arwana, sang pelawak jarang sakit, hanya merasakan sakit kepala saja.

Manajer Tukul Arwana, Rizky Kimun mengtakan selama ini, Tukul Arwana sama sekali tidak memiliki keluhan sakit yang parah, termasuk kabar mengenai pendarahan otak.

"Selama saya ikut sama beliau (Tukul) tidak ada sakit keras. Cuma pusing-pusing yang wajar aja, minum obat pusing ya hilang. Dia sehat-sehat aja," ucapnya.

Penyebab Tukul Arwana Alami Stroke

Direktur Utama dari RS PON, dr Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC, MARS mengatakan, apa yang dialami Tukul Arwana bagian dari penyakit stroke.

Ada dua jenis stroke, pertama stroke akibat penyumbatan pembuluh darah dan kedua stroke akibat penyumbatan pembuluh darah di otak.

"Setidaknya ada sekitar 20 persen stroke pendarahan otak dan yang lain adalah penyumbatan pembuluh darah," ujarnya dalam konferensi pers virtual pada Jumat (24/9/2021).

Dr Mursyid membeberkan, penyebab terjadinya stroke pendarahan otak.

"Stroke tidak sekonyong-konyongnya datang tanpa faktor yang mendasari.

Faktor risiko ada yang dikendalikan dan tidak bisa dikendalikan," imbuhya.

"Bisanya faktor usia semakin tua maka semakin berisiko terhadap stroke," lanjut dr Mursyid.

Sementara untuk faktor yang dikendalikan, seseorang dapat mencegah pendarahan otak dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Seseorang yang berisiko mengalami pendarahan otak adalah pasien yang memiliki komorbid seperti Hipertensi, Diabetes Miletus, Kencing Manis, maupun pasien dengan gangguan pembekuan darah dan irama jantung serta kolestrol.

"Biasanya karena hidup tidak sehat misalnya tidak seimbang pola istirahat dan pola bergerak," ungkapnya.

Selain itu, pasien yang komorbid harus berobat dan melakukan pemeriksaan secara teratur dan terkontrol untuk menghindari risiko pendarahan otak.

Kondisi Terkini Tukul, Belum Bisa Berkomunikasi, Tapi Sudah Merespon

Ega Prayudi, anak dari pelawak Tukul Arwana kembali mengabarkan perkembangan sang ayah yang masih mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON), Cawang, Jakarta Timur.

Setelah sebelumnya dikabarkan oleh sang manajer, Rizky Kimon, Ega menyebut kini sang ayah masih belum dapat berkomunikasi.

"Belum, belum bisa (komunikasi)," kata Ega saat ditemui di RS PON, Jumat (24/9/2021) malam.

Sang dokter juga mengatakan hal serupa pada Ega yang menyebut pasiennya itu telah menunjukan perkembangan positif, berbeda saat kondisinya baru tiba di RS PON.

"Kalau dari dokter tadi sangat positif ya, progresnya karena perbedaan dari dateng dan sekarang beda," tutur Ega.

Ega bahkan menyebut kini ayahnya sudah dapat merespon dengan menggerakan anggota badannya. Terlepas dari itu, kini Tukul masih harus membutuhkan istirahat intensif.

"Tapi sudah menunjukan progres yang positif, sudah mulai respon, sudah mulai menggerakan tangan kaki, saat ini mungkin butuh istirahat intensif, keterangan dokter seperti itu," katanya.

Pemilik nama lahir Tukul Riyanto ini sebelumnya telah melakukan operasi, lebih lanjut pihak dokter begitupun keluarga masih menunggu hingga luka bekas operasi membaik dan selanjutnya dilakukan pemulihan.

"Masih dalam perawatan sih, info terakhir setelah penindakan ini menunggu pembengkakan di kepala kan setelah dilakukan operasi, mereda abis itu pemulihan," tutupnya.

Sempat Tersedak Sebelum Dibawa ke Rumah Sakit

Manajer Tukul Arwana, Rizky Kimun tak mau membocorkan sakit apa yang sedang menyerang presenter kondang itu.

Ia menyebutkan jika Tukul sempat tersedak sebelum ke Rumah Sakit.

"Pas sebelum dibawa ke rumah sakit ya dia tersedak. Kondisi tubuhnya melemah dan menurun, kemudian kita bawa ke RS Brawijaya, kemudian dibawa kesini," sambungnya.

Kimun menyebut selama mendapatkan perawatan intensif, Tukul tidak mengalami kendala saat mendapatkan tindakan dokter dan juga menjalani operasi.

"Beliau awalnya memang sehat," ungkapnya.

Kendati demikian, Rizky Kimun meminta doa dari khalayak agar Tukul Arwana bisa segera sehat dan secepat mungkin menjalani aktiviasnya lagi.

"Kita minta doanya mohon doa untuk semua masyarakat Indonesia, agar mas Tukul segera dipulihkan dan bisa beraktivitas sedia kala, agar bisa menghibur. Ya kita mohon doanya untuk kesembuhan beliau," ujar Rizky Kimun.

Mata dan Tangan Tukul Mulai Merespons

Kondisi komedian Tukul Arwana dikabarkan membaik setelah menjalani operasi karena pendarahan otak.

Ia mulai memberikan respon fisik atas kondisi di sekitarnya.

Respon fisik ditunjukkan Tukul melalui gerakan mata dan tangan.

"Untuk kondisi saat ini di tanggal 24 September hari Jumat, Alhamdulillah sudah berngasur-angsur membaik, sudah bisa merespon, sudah bisa merespon dari mata, gerakan tangan, semua sudah bisa, itu sih yang bisa kami update," tutup Rizki Kimon, manajer Tukul Arwana, ditemui di Cawang, Jakarta Timur, Jumat (24/9/2021).

Tukul dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur.

Pihak keluarga maupun manajer belum bisa membeberkan penyakit yang tengah dialami oleh sang komedian.

Sebelumnya Tukul Arwana dikabarkan mengalami pendarahan otak.

"Kalau itu kan secara teknis jadi kita, saya pribadi belum bisa menjelaskan paling nanti pihak dokter, pihak rumah Sakit PON yang akan menjelaskan, kalau saya hanya bisa meng-update," kata Rizki dikutip dari artikel Grid.id berjudul Alhamdulillah! Begini Kondisi Tukul Arwana Pasca Operasi.

"Kebetulan saya yang bisa memantau, saya yang bisa melihat, saya dipasrahin, dipercaya keluarganya untuk memantau beliau juga, dan anak-anaknya juga selalu memantau juga," tambah Rizki.

Tukul Arwana telah menjalani operasi setelah dilarikan ke rumah sakit.

"Saya di sini mewakili pihak keluarga untuk meng-update kondisi Mas Tukul pasca operasi di tanggal 22, kebetulan beliau dioperasi tanggal 22 bulan September 2021 jam setengah 10," ungkap Rizki Kimon.

Rizki Kimon mengungkapkan proses operasi tersebut berjalan lancar.

"Yang direncanakan 4 jam tapi Alhamdulillah pihak dokter selesai di 2 jam, kurang lebih 2 jam," ungkap Rizki Kimon.

Putra sulung Tukul, Ega Prayudi mengharapkan masyarakat mendoakan ayahnya cepat pulih.

"Buat temen-temen, rekan media, fans Tukul Arwana, saya memohon doa untuk kesembuhan orang tua kami. Itu saja. Terima kasih," ujar Ega Prayudi.

Saat ini, Tukul Arwana sedang mendapatkan perawaran intensif di RS PON Cawang, Jakarta Timur karena pendarahan otak.

Ega Prayudi, anak sulung Tukul, menyebut ayahnya tak sadarkan diri saat dilarikan ke rumah sakit .

"Jadi saya dapat informasi, Rabu (22/9/2021) sore, enggak sadarkan diri, dilarikan ke rumah sakit. Itu saja," kata Ega Prayudi di RS PON, Kamis (23/9/2021).

Saat di rumah sakit dan menjalani pemeriksaan, baru diketahui Tukul mengalami pendarahan otak.

"Itu informasi dari manajer ayah," lanjut Ega.