Skip to main content
Cara Inul Daratista Rintis Bisnis Dari Nol Lagi Karena Terdampak Covid-19 : Saya Usaha Kecil-kecilan

Cara Inul Daratista Rintis Bisnis Dari Nol Lagi Karena Terdampak Covid-19 : Saya Usaha Kecil-kecilan


MALANG - Pedangdut Inul Daratista ikut bertempur di tengah situasi Covid-19 yang turut mengubah kondisi ekonomi. 

Diketahui, bisnis karaoke Inul Daratista tutup total sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia 2 tahun terakhir. 

Praktis, sejak saat itu, Inul Daratista terpaksa mengurangi pegawai dan mencari cara untuk tetap bertahan di tengah situasi pandemi. 

Inul Daratista bahkan mengaku bisnisnya sudah hancur lebur diterpa Covid-19. 

"Ya semua pasti hancur-hancuran ya, bisnis pun sudah mau dua tahun ini karaoke saya semuanya tutup," kata Inul Daratista ketika ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (28/6/2021) melansir TribunSeleb.com 'Usaha Karaokenya Hancur, Inul Daratista Beralih ke Bisnis Kuliner, Motivasinya Selamatkan Karyawan'.

Namun, wanita 42 tahun itu tidak mau kalah dengan keadaan. Inul Daratista terus berinovasi agar dapat survive di masa pandemi covid-19.

"Karena karyawan saya juga yang ada di pundak saya, sebagian masih ada saya pekerjakan. Jadi ya saya harus bisa survive," ucapnya.


Istri Adam Suseno tersebut tak menampik bahwa banyak karyawan di bisnis karaokenya, yang tidak bekerja lagi.

Beberapa orang dipekerjakan Inul Daratista membantu usaha lainnya di bidang kuliner.

"Pasti pengurangan ada. Cuma ya di balik itu saya buka usaha kecil-kecilan di bidang makanan. Alhamdulillah berjalan lancar dan baik kemarin ya. Dari 10 orang bisa nambah puluhan karyawan," jelasnya.

"Cuma ada yang tersendat juga karena 10-20 orang kena covid-19. Jadi semua berhenti total," sambung wanita bernama asli Ainur Rokhimah itu.

Inul Daratista mengakui usaha makanannya saat ini sudah jalan lagi dan penjualannya sudah memembaik. 

Inul Daratista juga bersyukur karyawannya sembuh dari covid-19.

"Alhamdulillah pegawai saya kena covidnya enggak sampai lewat. Iya sambil menunggu waktu yang tepat untuk buka lagi bisnis lain termasuk karaoke," ujar Inul Daratista.

Lantas, apa saja bisnis baru Inul Daratista yang dimulai dari usaha kuliner itu?

1. Shake a Shake


Bisnis kuliner Inul Daratista yang kekinian dan sangat milenial adalah Shake a Shake. 

Shake a Shake merupakan poduk makanan dan minuman berjenis Chickin Popcorn and Chewy Boba.  

Terpantau dari Instagram @shakeashake.id, praduk makanan berupa ayam krispy itu terdiri dari beberapa jenis seperti Chickin Kulit Krispy, Chickin Honey Yuzu, Chickin Korean Spicy dan Chickin Popcorn. 

Sedangkan untuk variasi minuman ada Matcha Strawberry Boba dan Sakura Blossom. 

Terlepas dari jenis produknya, Shake a Shake memiliki ciri khas khusus pada pengemasan produk yang memakai gelas plastik panjang sehingga mudah dibawa kemana saja. 

2. Dapur Jenk Minul


Bisnis kuliner kedua yang tak kalah menarik adalah Dapur Jenk Minul.  

Melansir akun Instagram @dapur.jenkminul, bisnis makanan berat ini menyajikan menu seperti Rawon Tulang Muda, Sop Tulang Muda, Bulgogi dan Teokpokki Easy Cook, Baso Rawon dan Baso Pedas Tulang Muda serta Seblak Capcus. 

Sama seperti bisnis kuliner sebelumnya, Inul Daratista membuat ciri khas khusus pada pengemasan produk yang memakai tepak makanan sehingga mudah dibawa kemana saja. 

Selain itu, Inul Daratista juga memperkenalkan cara baru penjualan makanan berkuah yang ternyata bisa dibuat praktis dan disajikan secara instan. 

Punya 9.000 karyawan?

Sementara itu, Inul yang sudah puluhan tahun lalu mengawali karir di dunia dangdut, santer dikabarkan memiliki penghasilan Rp 17 miliar per bulannya.

Mengetahui kabar tersebut, Inul Daratista tidak menyanggah atau membenarkan. 

Melalui obrolan dengan Hesty Purwadinata di kanal YouTube Kuy Entertainment, Inul Daratista justru mengamini isu soal penghasilan tinggi tersebut.

"Aamiin, diamini saja," kata istri Adam Suseno ini dilansir dari KompasTV 'Dikabarkan Punya Penghasilan Rp17 Miliar per Bulan, Inul Daratista: Enggak Ngitung'.


Mendengar tanggapan tersebut, Hesty lantas menanyakan angka pasti penghasilan per bulan dari Inul Daratista.

"Enggak ngitung, yang tahu hanya Inul dan Tuhan," jawabnya.

Tak hanya penyanyi dangdut, Inul Daratista juga dikenal sebagai seorang pengusaha, salah satunya bisnis karaoke bernama Inul Vizta yang memiliki nama di khalayak publik.

Inul Daratista bahkan mendapat julukan pedangdut paling kaya se-Tanah Air.

Bahkan, Inul Daratista dikabarkan memiliki bisnis dengan 9.000 karyawan.