Skip to main content

RESEP SOP JANDA By Susie.agung

Assalamu’alaikum ...

Selamat siang, seorang mamak sakit itu memang sesuatu ya, semua mendadak kacau dan berantakan, meski ada yang bantuin, tetap aja ada peran mamak yang gak bisa digantikan. Salah satunya urusan dapur, ketika mamak sakit dapur terpaksa harus tutup sementara, meja makan yang biasa ada macam2 makanan seminggu ini sepiiii, andalannya beralih ke go food atau cari makan keluar.

Alhamdulillah sekarang sudah mendingan, semoga semakin sehat dan bisa sering2 sharing lagi disini, aamiin...

Ohya ini foto sop janda buatan 2 minggu yang lalu, capek telingan mamak denger si sulung bisik2 mamak lama gak bikin sop janda, akhirnya mamak kabulkan keinginannya, dan bahagia bener dia 😄.

Cusss resepnya ya 👇

SOP JANDA

Bahan-bahan :

1 kg iga sapi berlemak

100 gram rawit hijau (sebagian tumbuk kasar, sisanya biarkan utuh )

2 butir cengkeh

2 cm kayumanis

4 batang daun bawang (iris kasar)

1/4 buah pala (memarkan)

1 blok kaldu rasa sapi

2 lembar daun salam

2 liter air

Bumbu halus:

6 butir bawang merah

4 siung bawang putih

1 cm jahe

1 sdt merica butiran

Cara membuat:

1. Rebus iga sapi bersama kayumanis, cengkeh & pala sampai dagingnya lunak (me: presto 15 menit), ambil iganya, saring sisa air rebusannya dalam panci , sisihkan.

2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun salam & setengah bagian daun bawang, aduk2 sampai bumbu matang, tuang kedalam air kaldu & iga.

3. Panaskan kembali panci berisi kaldu & iga, bumbui garam, gula & kaldu blok rasa sapi, masukkan rawit hijau, masak sampai bumbu meresap, angkat, taburi sisa daun bawang & bawang goreng , sajikan segera.

Selamat mencoba

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar