Skip to main content

Resep Pempek Ubi Jalar By Fridajoincoffee

Ngabisin stok ubi jalar, entah udah berapa minggu itu ubi jalar ngedeprok di tampah. Emang yaa ubi jalar kalo disimpan lama makin manisssss .. asalkan bener nyimpennya yaa. Sekalian ngabisin cuko pempek di kulkas, sisa seporsi aja. Passsss banget deh. Kita bikin pempek ubi jalar aja mak. Ini khas banget makanan sumatera yaa, jadi rasanya gurih dan pedas asam manis cuko pempeknya enaaakkk banget .. ..

Pempek Ubi Jalar By @Fridajoincoffee

Bahan-bahan:

500 gr ubi jalar

350 gr tepung terigu

2 siung bawang putih, haluskan

1 sdt garam

2 daun bawang/kucai

200 ml air

Cara Membuat:

1. Kupas dan potong ubi jalar bentuk stik. Atau bisa juga diserut panjang.

2. Dalam baskom campurkan tepung terigu dan semua bahan. Tambahkan air. Aduk rata.

3. Masukkan potongan ubi dan daun bawang. Aduk rata.

4. Ambil 1 sendok makan adonan, goreng dengan minyak panas, api sedang hingga matang.

5. Sajikan dengan kuah cuko. Resep jadi 20 buah pempek ubi jalar.

Cuko Pempek

Bahan-bahan:

500 gr gula merah

500 ml air

Bumbu halus:

10 bawang putih

20 cabe rawit

5 butir asam kandis

1 sdt garam

Cara Membuat:

1. Rebus air dan masukan gula merah hingga larut. Kemudian saring.

2. Lalu masukan ke panci lagi, rebus kembali, kemudian tambahkan bumbu halus.

4. Kemudian masukan asam kandis dan garam, aduk hingga rata dan koreksi rasa, gunakan api kecil.

5. Jika sudah mendidih, biarkan mendidih 5 menit, lalu matikan kompor, biarkan dingin di panci, jika sdh dingin buang asam kandisnya supaya tidak terlalu asam.

6. Kemas cuko dengan botol dan simpan dalam kulkas. .. ..

Selamat mencoba

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar