Skip to main content

Gisel Mengaku, Pria Berinisial MYD Ditetapkan Tersangka, Polisi Ungkap Video Syur Direkam di Medan



Artis Gisella Anastasia akhirnya mengakui jika video syur yang beredar dan viral adalah dirinya. Ia kini ditetapkan tersangka oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Kepolisian akhirnya mengungkap tersangka baru dalam kasus video syur mirip Gisel.

Gisella Anastasia mengakui pemeran perempuan dalam video syur yang beredar di media sosial sejak 6 November 2020 adalah dirinya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Selasa (29/12/2020).

Gisella Anastasia membenarkan pelaku perempuan dalam video mesum berdurasi 19 detik itu adalah dirinya.

Temuan tersebut diperkuat pemeriksaan forensik dan keterangan saksi ahli.

Tidak hanya Gisella Anastasia, pria diketahui berinisial nama MYD juga mengakui sebagai pemeran laki-laki di video mesum tersebut.

"Saudari GA mengakui (video syur) dan dikuatkan ahli forensik dan ahli ITE," kata Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Selasa siang.

Gisella Anastasia dan MYD sama-sama mengakui sebagai pelaku perempuan dan laki-laki di video mesum itu.

Video syur Gisella Anastasia dan MYD yang tersebar itu sudah dibuat sejak 2017.

Menurut pengakuan Gisella Anastasia, video itu direkam di sebuah hotel mewah di Medan, Sumatera Utara. "Saudari GA dan MYD sudah kami tetapkan sebagai tersangka," kata Yusri Yunus. 

Terjawab

Simpang siur tentang pemeran film syur mirip Gisella Anastasia akhirnya terjawab. Polda Metro Jaya akhirnya menetapkan sang artis sebagai tersangka.

Dilaporkan Tribunnews.com, Polda Metro Jaya menetapkan artis Gisella Anastasia alias Gisel tersangka.

Mantan istri Gading Marten itu ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penyebaran video syur mirip dirinya.

Penetapan Gisel sebagai tersangka dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

"Hasil gelar perkara kemarin, status saksi GA dinaikkan menjadi tersangka," kata Yusri kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).

Artis Gisella Anastasia selesai menjalani pemeriksaan di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (23/12/2020).

Gisel diperiksa selama sekitar empat jam mulai pukul 11.00 hingga 15.30 WIB.

Sama seperti kedatangannya, Gisel juga didampingi kuasa hukum setelah menjalani pemeriksaan terkait video syur mirip dirinya yang viral di media sosial.

"Tadi sudah ditanya-tanya, kita jawab sebisa kita seperti biasanya. Terus sekarang sudah selesai ya, tambahan saja," kata Gisel seusai diperiksa.

Ini adalah kedua kalinya Gisel menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait kasus penyebaran video syur mirip dirinya.

Sebelumnya, Gisel telah memenuhi panggilan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya pada Selasa (17/11/2020).

Mantan istri Gading Marten itu diperiksa selama sekitar lima jam mulai pukul 11.00 hingga 16.00 WIB.

"Kita ikuti saja prosedurnya. Sebagai warga negara yang baik, datang. Kita ikuti saja prosedurnya," kata Gisel usai pemeriksaan pertama.

Sementara itu, Penyidik Polda Metro Jaya kembali melimpahkan berkas perkara kasus penyebaran video syur mirip artis Gisella Anastasia alias Gisel dengan tersangka PP dan MN.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, berkas perkara kasus ini diserahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

"Kemarin kan P-19 untuk kasus yang dua tersangka.

Sudah kami kirim kembali hari ini," kata Yusri kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Menurut Yusri, penyidik telah melengkapi berkas perkara yang diminta oleh pihak Kejaksaan.

"Sudah kami coba lengkapi sesuai dengan apa yang diminta Jaksa Penuntut Umum (JPU)," ujar dia.

* Video Syur Mirip Gisel yang 19 Detik & 1 Menit 36 Detik, Pakar Telematika: Tak Ada Rekayasa Digital

Menelisik video syur mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel, dengan dua durasi, 1 menit 36 detik dan durasi 19 detik, ini penjelasan Pakar Telematika.

Pakar Telematika, Abimanyu menyoroti soal video syur mirip artis Gisella Anastasia yang sempat bikin heboh warganet.

Abimanyu memberi penjelasan apakah video syur mirip mantan istri Gading Marten itu rekayasa atau tidak?

Diketahui hingga saat ini,  link video syur mirip Gisel itu masih diburu netizen.

Rupanya, Abimanyu sudah menelisik video viral mirip Gisel itu, mulai dari berdurasi 1 menit 36 detik sampai yang hanya 19 detik.

Nah, Abimanyu memberikan gambaran terkait apakah video syur mirip Gisel itu rekayasa atau tidak.

Rupanya, ada dua unsur terkait rekayasa ini yakni rekayasa digital dan konten.

Hal ini terungkap dalam wawancara dengan TVOne, Senin (9/11/2020).

Abimanyu memastikan video mirip Gisel itu bukan rekayasa digital.

Artinya, tidak ada rekayasa pada wajah, tubuh dan lainnya.

"Ada dua unsur yang masih mungkin, pertama unsurnya adalah dianggapnya rekayasa digital. Saya konfirmasikan, tidak ada rekayasa digital di sini," jelasnya.

"Dalam arti rekayasa wajah dan lain sebagainya agar seperti seseorang," tambahnya.

youtube image

Namun, bisa saja video itu merupakan rekayasa konten.

Artinya memang disetting serupa dengan wanita yang dituduhkan.

Seperti pemerannya mirip, suasana lokasinya dibuat sama dan lainnya untuk kepentingan tertentu.

"Tetapi yang masih paling mungkin adalah dugaan rekayasa konten," katanya.

"Misalnya, satu objek di video tersebut seperti gordennya, televisi dan lain sebagainya. Kemudian baju yang dikenakan si wanita yang mengacu pada seseorang," jelasnya.

"Baju itu bisa dimana-mana. Gorden bisa dibeli dimana pun," tambahnya.

Tapi belum tentu pemerannya benar-benar si wanita yang dituduhkan itu.


Polisi Lakukan Penyelidikan

Sementara, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya masih terus melakukan penyelidikan terkait kasus video syur yang mirip dengan Gisel.

Beberapa pihak akan dipanggil polisi untuk kasus tersebut, adakah Gisel salah satunya?

"Ini masih berjalan, kita tunggu hasil penyelidikan ini dan kemudian hasil gelar perkara nanti apakah akan diundang artis-artis ini kita lihat nanti," kata Yusri kepada tvOne.

Untuk sementara ada 4 akun yang dilaporkan terkait penyebaran video asusila.

Pelapor telah membawa bukti terkait hal tersebut.

Dua dari 4 akun sudah menghilang namun polisi masih bisa melacak orang di balik akun itu.

"4 atau 5 akun itu sudah ada dua yang dia tutup, ini masih kita lakukan pengejaran pemilik pemilik akun tersebut, ini pemeriksaan awal dulu, sambil berjalan tim sudah bekerja," kata Yusri.

Saat ini, menurut Yusri, polisi akan berfokus kepada penyebar video tersebut. Nantinya kasus ini bisa dikembangkan menuju ke yang membuat video syur tersebut.

"Yang menyebarkan pasti kita lakukan pengejaran, nanti akan mengarah siapa yang membuat video ini, tapi pelan-pelan, kalau sudah lengkap bisa kita naikkan ke penyidikan, mudah-mudahan bisa terungkap siapa pemilik akun-akun ini," ujar Yusri.


Analisa Pakar Mikro Ekspresi 

Pakar Mikro Ekspresi, Nunki Suwardi juga menganalisa video syur mirip Gisel itu.

Setelah melihat video viral itu, Nunki justru mengaku merasa sangsi, lantaran ada beberapa hal janggal yang terlihat dalam video tersebut.

Hal ini dibeberkannya dalam tayangan di kanal YouTube KH INFOTAINMENT, Senin (9/11/2020).

Menurut Nunki, wanita dalam video tersebut memang terlihat sengaja menunjukkan kemulusan tubuhnya.

Hal ini cenderung lebih mirip produksi tayangan porno daripada video simpanan pribadi.

Belum lama ini, publik diramaikan dengan beredarnya video asusila mirip Gisel.

Namun, masyarakat masih bertanya-tanya dengan keterlibatan mantan istri Gading Marten tersebut.

Hal ini juga disinggung oleh pakar mikro ekspresi yang menganalisis gestur pemeran video tersebut.

Terlepas dari benar tidaknya keterlibatan Gisel, Nunki menyebutkan bahwa tindakan perekaman video serupa adalah hal biasa.

Ia mengakui beberapa orang sengaja membuat video serupa sebagai kenang-kenangan dengan pasangan.

"Ada beberapa juga yang memang punya aktivitas ketika melakukan hubungan begitu baik dengan yang sah maupun yang enggak itu memang ada yang suka merekam aktivitas ini dengan alasan atau tujuan tertentu," ujar Nunki.

"Apakah ini sakit jiwa? Kita enggak bisa katakan itu, karena memang untuk mendefinisikan sakit jiwa atau tidak itu diperlukan analisis dari psikiatri."

"Memang ada beberapa orang yang senang memvideokan dirinya ketika berhubungan badan, untuk menunjukkan kehebatan dirinya di ranjang, untuk kenang-kenangan, merekam momen indah dengan pasangan," bebernya.

Akan tetapi, Nunki menaruh curiga. Dia menangkap adanya kejanggalan dalam video tersebut.

Menurut Nunki, terdapat pesan terselubung dalam tayangan berdurasi 19 detik itu.

Ia pun sangsi jika rekaman yang tersebar itu merupakan koleksi pribadi yang tak sengaja bocor ke publik.

"Tapi video ini agak aneh, video ini direkam dengan tujuan untuk membuat penontonnya ikut birahi," kata Nunki.

"Dan si perempuan yang merekam itu dengan terang-terangan menunjukkan video mulusnya kepada orang yang ditujukan."

"Terlihat seperti dia membuka seluruh tubuhnya, 'Lihat nih tubuh aku bagus kan, mulus banget kan'."

"Ini yang membuat bertanya-tanya kalau memang ini rekaman pribadi, kok aneh banget ya. Rekaman pribadi mah fokus aja ya sama pasangan."

"Ini kok fokusnya lain ya," imbuhnya. 

Ini Ternyata Video dan Foto Gisel yang Menjadi Perhatian Publik hingga Ditonton 8 Jutaan Kali

Kasus video syur mirip Gisel akhirnya kini dalam tahap penyelidikan polisi. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya akan memanggil Gisel setelah bukti dirasakan cukup untuk memastikan kebenaran video tersebut.

"Apakah yang hampir mirip itu dipanggil, nanti sambil berjalan. Kan ini kami masih penyelidikan dulu. Kita mengumpulkan bukti-bukti, keterangan-keterangan," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/11/2020).

Lebih lanjut, Yusri menyampaikan pihaknya juga akan memanggil ahli untuk menganalisa kasus tersebut.

Ahli yang dihadirkan berasal dari ahli bahasa hingga ITE.

"Termasuk nanti juga ada ahli bahasa dan ITE yang akan kita panggil. Kami klarifikasi, kalau sudah lengkap baru nanti kami gelar perkara, apakah memang nanti masuk penyidikan sesuai unsur-unsur persangkaannya. Nanti kita tunggu saja. Karena ini kan baru," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya mulai melakukan penyelidikan kasus beredarnya video asusila mirip artis cantik Gisella Anastasia alias Gisel di media sosial.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya menerima dua laporan polisi terkait beredarnya video asusila tersebut.

Laporan itu didaftarkan oleh seorang berinisial RE dan PRN.

"Rencana hari ini kami akan mengundang untuk mengklarifikasi kepada terlapor. Sekarang sedang tahap penyelidikan oleh krimsus Polda Metro Jaya. Rencana hari ini mudah-mudahan datang," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/11/2020).

Dalam kasus ini, pihaknya menerima ada lima akun sosial media yang diduga menyebarkan video pornografi yang mirip artis Gisel tersebut.

Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut rincian 5 akun yang dilaporkan ke polisi.

"Kita minta klarifikasi yang bersangkutan sebagai pelapor bersama dengan dua saksi yang akan kita undang juga kesini dengan membawa bukti apa yang dia persangkakan terhadap lima akun yang mengedarkan video asusila yang mirip saudari G," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan mayoritas akun yang dilaporkan ke polisi merupakan akun sosial media Twitter. Mereka dijerat dengan peredaran video pornografi.

Aturan yang dimaksudkan tercantum dalam pasal 45 Jo Pasal 27 Ayat 1 UU ITE, Pasal 4 ayat 1 Jo Pasal 6 Jo Pasal 29 UU No. 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi. (*)

Inilah Sejumlah Video dan Foto yang Menjadi Perhatian Netizen di Instagram, di antaranya:

#1. Video yang ditonton netizen hampir 8 jutaan kali. Netizen memperhatikan goyangan Gisel dalam video ini.


#2 Video yang ditonton hampir 6 jutaan kali.


#3 Video yang ditonton hampir 2 jutaan kali.


#4 Foto unggahan pada 6 Maret 2019.


Unggahan lawas Gisel itu rupanya jadi perhatian netizen lantaran pakaian yang dipakai sang artis diduga mirip dengan pemeran wanita di video syur yang kini beredar luas di media sosial.

#5 Video saat bersama personel the rhythm band. 


#6 video TikTok di dalam kamar.


#7 Foto Selfi


#8 Bareng teman-temannya, pria.


Pakai Outfit Seharga Rp 2 Miliar

Sebelumnya, Gisella Anastasia menjalani sesi pemotretan di rumahnya bersama fotografer ternama Rio Motret.

Dalam video Klikulik terbaru Rio Motret ini, Gisel diharuskan mengenakan outfit senilai kurang lebih Rp 2 miliar.

"Kalau ditotal pemotretan Gisel hari total berapa duit nih?" tanya Rio kepada Tio, pengarah gaya pada pemotretannya.

"In total, almost Rp 2 M bisa sampai sih," jawab Rio.

Rio Motret sendiri tak menyangka semua baju yang akan dikenakan oleh Gisel pada pemotretannya kali itu seharga Rp 2 miliar.

Usai pemotretan pertama dengan baju dari Louis Vuitton, Rio menanyakan bagaimana perasaan Gisel.

Ibu satu anak tersebut mengaku sangat deg-degan karena takut merusak baju mahal yang dikenakannya.

"Deg-degan, takut rusak, mohon maaf. Bisa punya, bisa, tapi habis itu sayang kan," kata Gisel seperti dikutip Kompas.com, Senin (21/9/2020).

youtube image

Tak hanya berfoto sendiri, Gisel juga menjalani pemotretan bersama sang putri, Gempita Nora Marten.

Dalam perbincangan di videonya, Rio Motret mengaku mengenal Gisel untuk pertama kalinya pada 7 tahun lalu.

Sejak saat itu, Rio dan Gisel kerap berkolaborasi dalam sejumlah acara bareng.

Terbiasa Nyari Uang Sejak SD

Mengenang masa kecilnya, Gisella Anastasia sebut dirinya sudah biasa bekerja sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Gisel bahkan tidak tahu setiap kali mendapat pertanyaan tentang apa cita-citanya kelak, karena dia melakoni pekerjaan apapun sejak kecil.

"Dari SD sudah nyari duit, nyanyi, main sama badut apa gitu-gitu, jadi mau jadi apa enggak tahu, karena sudah terbiasa ngejalanin kan," ucap Gisel dikutip dari vlog Daniel Mananta Network, Selasa (15/9/2020).

Diakui Gisel dulu hidupnya tak mudah, ia harus naik turun angkot untuk mencari uang, ia juga bukan berasal dari keluarga berada.

"Hidupku dulu enggak gampang, kerja, aku kan dari keluarga yang emang enggak gimana-gimana, mesti kerja naik turun angkot dan segala macem," kenangnya.

"Aku nyanyi nyari duit Rp 50.000-Rp 75.000 sudah cukup buat aku. Cepet puas," ujar Gisel dikutip dari Kompas.com.

Dia bersyukur, Tuhan mempermudah jalannya sejak ia mengikuti Indonesian Idol tahun 2008, di mana akhirnya dia menjadi runner up ajang pencarian bakat tersebut.

"Ikutan idol itu dari umur 17 tahun, kayak udah ditunjukin aja gitu jalannya, ini ikutan Idol, tahu-tahu masuk lagi, menang-menang, runner up, dari situ juga masih bisa berkarier, kan beberapa banyak yang enggak bisa juga (berkarier lagi)," kata Gisel.

"Sampai ke titik ini tuh kalau bisa disimpulin it's all God grace doang sih," ucapnya penuh syukur.

youtube image

Sebelumnya Telah Dilaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Metro Jaya, Minggu (8/11/2020)  pukul 11.00 WIB.

9 Ulasan tentang video syur mirip Gisel

Sejumlah fakta menarik tentang kasus tersebarnya video syur mirip artis ternama Gisella Anastasia di media sosial Twitter.

Atas viralnya video yang tengah berhubungan seks tersebut, sejumlah kalangan pun meresponnya.


Simak 9 ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Tanggapan Pakar Ekspresi

Penyanyi Gisella Anastasia akhirnya merespons soal video seks mirip dirinya yang viral. Namun klarifikasi yang dibuatnya menimbulkan banyak kecurigaan. Hal ini diungkap ganjil oleh Nunki, pakar ekspresi.

Nunki merasa korban yang mendapat dampak negatif dalam kasus ini seharusnya lantang membantah. Namun hal tersebut tidak dilakukan Gisel.

Berdasarkan analisis ekspresi dari video, Gisel dinilai seperti merasa korban dan menyembunyikan sesuatu.

"Nah ini yang menarik ya dari respons seorang Gisel, dia tidak langsung membantah ya atau tidak justru yang bunda lihat itu dia merasa sebagai korban," kata Nunki yang dikutip Kompas TV dari video YouTube Cumicumi, Minggu (8/11/2020).


Gisel, kata Nunki, tidak mengatakan secara tegas bahwa wanita yang berperan dalam video syur itu bukan dirinya.

"Ini menarik kalau merasa sebagai korban dan bukan melakukannya, harusnya kan bisa mengklarifikasi bukan saya kalau seseorang itu bukan dia pelakunya dia paling lantang berteriak untuk membuktikan jika bukan dia," ujarnya.

Nunki mengatakan respons Gisel tidak seperti korban-korban pada umumnya.

"Gisel itu gesturnya seperti dikorbankan tapi ada yang aneh di sini kenapa biasa orang ketika merasa tidak bersalah seperti yang dituduhkan itu justru teriakannya paling nyaring untuk menantang orang-orang untuk membuktikan itu bukan dia," lanjut Nunki.

"Ketika ditanya apakah itu bukan dia? Ada yang menarik dari gestur Gisel yaitu tanpa disadar membuat gerakan menggosok di atas bibir bahkan sampai menggaruk," tutur Nunki.

Hal tersebut merupakan gestur bawah sadar yang dilakukan ketika seseorang merasakan beragam emosi, seperti cemas, tidak nyaman, dan lainnya.

Gestur Gisel lainnya yang dianalisis oleh Nunki adalah gerakan menarik telinga.

"Itu gestur respons bawah sadar mengatakan bahwa ada perasaan campur aduk, perasaan tidak nyaman, kesal, cemas, kemudian ada menarik-narik telinga. Seperti Gisel 'aduh apalagi sih berita apalagi yang saya dengar'," tutur Nunki.


2. Klarifikasi Gisel soal Gorden

Sebelumnya Gisel mengaku bingung untuk mengklarifikasi berkait video syur tersebut. Mengingat, ini bukan kali pertama ia tersandung kasus video tersebut.

“Aku bingung klarifikasinya gimana, soalnya juga udah bukan kali pertama ya kena di aku,” tulis Gisel lewat pesan singkat kepada awak media, Sabtu (7/11/2020).

Gisel tetap merasa bersedih dengan pemberitaan tersebut. Apalagi, ini bukan kali pertama untuknya. Gisel hanya minta doa agar masalah seperti ini segera selesai.

“Sebenarnya sedih, cuma ya sudah nggak apa-apa dihadapi saja. Mohon doanya ya agar bisa cepat terlewati,” ujarnya.

Sementara terkait gorden, Gisel mengatakan hanya orang dekat yang tahu persis kebenaran itu.

"Yang tahu aku ya tahulah, cuma ada saja yang enggak terlalu dekat itu kamar kamu banget gordennya," kata Gisel Minggu (8/11/2020).

Gisel mengaku sedih karena tudingan kemiripan ruangan di kamarnya.

Dia membantah melakukan hal itu di kamar yang sering dipakai tidur dengan putrinya, Gempi.

"Cuma kan sedih, aku enggak mungkinlah ngapa-ngapain di kamarku kan kayak, ya gitu deh," sambung Gisel.

3. Dilaporkan Advokat

Dikutip dari Kompas TV, persatuan Advokat yang diwakili Pitra Romadoni Nasution dan Yudha Adhi Oetomo melaporkan kasus penyebaran video syur itu mirip artis tersebut pada Minggu (8/11/2020) siang.

"Laporan terkait penyebaran dan pendistribusian video asusila/pornografi yang diduga mirip salah satu artis Indonesia yang telah viral di media sosial," bunyi informasi tersebut seperti mengutip Tribunnews.

Pitra Romadoni Nasution dan Yudha Adhi Oetomo dikenal sebagai pengacara.

Penyebaran video syur perempuan mirip Gisella Anastasia tersebut dilaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Metro Jaya, Minggu ini pukul 11.00 WIB.

"Kami lakukan untuk menghentikan segala tindakan penyebarluasan tayangan-tayangan porno aksi maupun pornografi di media sosial yang telah banyak di tonton jutaan rakyat Indonesia," tulisnya.

Laporan ke polisi tersebut dilakukan karena penyebaran video asusila itu berdampak ke generasi muda dan anak dibawah umur serta memberikan efek jera kepada pihak yang tidak bertanggung-jawab.

"Pihak yang tidak bertanggung-jawab itu telah menyebarkan video porno kepada khalayak ramai di media sosial," tulis informasi itu.

Menurutnya, konsumsi secara masif di dunia maya itu dianggap meresahkan publik.

“Kami juga penegak hukum seperti Polri TNI. Makanya kami meminta kepada Kapolda Metro Jaya utk mengusut tuntas. baik yg menyebarkan dan juga pelaku,”ujar Pitra.

Advokat Pitra Romadoni mengaku telah mengantongi sejumlah bukti. Salah satunya ada belasan akun media sosial yang disebut telah ikut menyebarkan video syur tanpa sensor tersebut.

Tak hanya mengincar para pelaku penyebar video berkonten asusila, Pitra juga meminta agar kepolisian menindaklanjuti sosok yang ada di dalam video.

Menurut Pitra, baik pelaku dan juga penyebar video dapat diancam dengan undang-undang informasi transaksi elektronik dan juga undang-undang pornografi. Sanksi denda milyaran rupiah hingga hukuman pidana kurungan juga disebut bisa dijatuhkan kepada kedua pihak.

Sebelumnya diketahui, pengacara Febrianto dari Ampi melaporkan penyebar dan pemain video syur tersebut ke polda metro jaya. Dan laporan tersebut telah diterima oleh Polda Metro Jaya.

4. Saran Kepolisian

Karo Penmas Divisi Humas Polri Awi Setiyono menegaskan pada netizen untuk menghentikan menyebarkan video syur yang diduga publik mirip penyanyi Gisella Anastasia. Nama mantan istri Gading Marten itu pun trending di Twitter, pada Sabtu (07/11/2020).

"Tentunya masyarakat kita imbau tidak ikut menyebarkan karena video mengandung unsur pornografi," ungkap Awi saat dikonfirmasi lewat sambungan pesan singkat Whatsapp, Sabtu (07/11/2020).

Polisi mengingatkan menyebarluaskan konten pornografi tertuang dalam Pasal 27 ayat (1) UU ITE.

Adapun ancaman hukumannya maksimal sampai 6 tahun penjara sesuai yang diatur dalam Pasal 45 ayat 1 UU ITE.

5. Tanggapan Pakar Telematika

Pakar Telematika, Roy Suryo ikut angkat bicara terkait video syur 19 detik yang viral karena diduga mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel. 

Dia meminta kepada masyarakat mengedepankan azas praduga tidak bersalah terlebih dahulu.

"Karena sosok-sosok dalam video saat ini banyak sekali terdapat kemiripan," ujar dia kepada TribunSolo.com, Sabtu (7/11/2020).

Mantan Menpora era Presiden SBY itu menjelaskan, terlebih postur tubuh dalam video itu sering muncul di video-video Korea atau Tiongkok.

"Namun yg menarik saya amati ternyata topik ini bisa memunculkan 'persatuan' di dunia maya," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, banyak ciri-ciri tubuh yang semestinya bisa digunakan.

Misalnya adakah tahi lalat pada bagian tertentu atau bisa juga tato yang tergambar di bagian-bagian tubuh lainnya.

"Karena ciri-ciri ini sangat bisa memudahkan untuk membantu identifikasi," katanya.

Selain itu warganet juga bisa melihat interior kamar, misalnya gordyn dan televisi yang ada di ruangan saat kejadian agedan tak senonoh tersebut.

Untuk itu ada beragam aspek yang bisa dilihat, apakah wanita tersebut Gisel atau bukan.

"Beberapa barang lain yang berada di sekitarnya bisa jadi petunjuk," ujar dia.

6. Respon Pengamat Hukum

Sementara itu, Pengacara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muannas Alaidid meminta kepolisian untuk selidiki video mesum mirip artis Gisel Anastasia yang tersebar di media sosial pada Sabtu (7/11/2020) tersebut.

Hal itu dikatakan Muannas Alaidid melalui cuitannya di akun Twitternya.


“Ramai video asusila dugaan mirip seorang artis di media sosial, saran saya sebaiknya polisi segera selidiki saja dan membongkar kasus ini,” tulis Muannas.

Muannas menilai, dokumentasi perbuatan asusila yang disebarkan secara sengaja, masuk dalam delik pidana.

“Bahwa Perilaku seseorang yang mendokumentasikan suatu perbuatan asusila apalagi ditemukan, sengaja disebar utk diketahui publik, itu masuk dalam delik pidana,” lanjut dia.

Muannas pun mendesak kepolisian menindak video tersebut.

“Hukum harus hadir untuk menindak tegas pelaku yang membuat video dan yang menyebarluaskannya apalagi diduga libatkan publik figur,” tulisnya.



7. Saran Pengacara Hotman Paris

Pengacara Hotman Paris Hutapea mengingatkan pada si pemeran dalam video mesum yang tersebar tersebut agar mempersiapkan tim pengacaranya.

"Dalam dua hari ini tersebar video porno yang diduga, katanya cewek artis terkenal." 

"Kepada cewek yang terkenal yang diduga tersebut agar mempersiapkan pengacaranya."

"Dulu sepuluh tahun lalu sudah pernah terjadi kasus seperti ini aktor terkenal inisial AR dengan dua cewek LM, dan CT salah satu klien saya, contohnya sudah ada putusan pengadilan, bukan hanya yang penyebar dihukum tetapi si pembuat dan si penyimpan yang lalai. Belum tentu si penyebar yang dihukum," ujar Hotman Paris. 

"Awas Hati-hati pasal 27 ayat 1 UU ITE dan UU pornografi," jelasnya.

Penjelasan selengkapnya tonton video pernyataan Hotman Paris berikut.


Setiap unggahan foto atau video di Instagram Gisel, selalu ramai dikomentari netizen dengan kalimat sindiran terkait video syur. 

Diketahui, nama Gisel menjadi bahan perbincangan di kalangan netizen dan trending di Twitter.

Dalam video berdurasi 19 detik tersebut, sosok perempuan mirip Gisel itu tampak sedang berhubungan badan dengan lelaki di sebuah ruangan.

8. Foto Maret 2019 Jadi Perhatian

Terlihat pada Sabtu (7/11/2020) pagi, ada belasan ribu netizen yang mengomentari unggahan Gisel di Instagram.

Unggahan Gisel yang jadi perhatian itu adalah fotonya yang ia bagikan pada 6 Maret 2019.

Dalam unggahan tersebut, Gisel tampak memamerkan wajah seriusnya di depan kamera.

Dengan rambut berantakan, Gisel terlihat menunjukkan wajahnya yang tanpa senyuman.

Dalam foto tersebut, Gisel mengenakan pakaian berwarna hijau muda dengan motif bunga-bunga.

Berikut unggahan Gisel pada 6 Maret 2019 :


Unggahan lawas Gisel itu rupanya jadi perhatian netizen lantaran pakaian yang dipakai sang artis diduga mirip dengan pemeran wanita di video syur yang kini beredar.

Karena hal itu, netizen pun menyerbu unggahan lawas Gisel di tahun 2019 itu dengan sorotan perihal baju yang dikenakan mantan istri Gading Marten tersebut.

_barikhataul : baju kaya sama ka

suryay_ : ihh ini beneran sama bajunya

zahrania_416 : Nyasar kcni bajunya mirip bnggttt, gara2 d komenn gosip

9. Gisel Pernah Tersangkut Kasus Dugaan Video Syur Tahun 2019

Heboh video syur mirip Gisel ini bukan yang pertama, sebelumnya pernah terjadi pada Oktober 2019.

Ketika itu, kehebohan berbuntut dipolisikannya sejumlah akun yang menyebarkan video syur mirip Gisel.

Gisel saat itu langsung datang ke Polda Metro Jaya didampingi kuasa hukum, Jumat (25/10/2019).

Tiga hari setelah video syur yang disebut mirip dirinya beredar luas pada pada Selasa (22/10/2019).

Gisel dengan tegas membantah anggapan perempuan dalam video itu adalah dirinya.

Mantan istri Gading Marten itu mengaku merasa dirugikan atas kejadian tersebut.

Kondisi itulah yang membuat Gisel mantap mendatangi Polda Metro Jaya pada hari itu.

"Karena kerugiaannya banyak banget ya. Saya kan perempuan punya anak kecil," ujar Gisella Anastasia seperti dikutip Kompas.com.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar