Skip to main content

25 Tahun Berpisah, Wanita PNS Curhat Bertemu Lagi Sahabat yang Kini Jadi Pemulung: Teriris Hatiku

Viral kisah yang disampaikan wanita bernama Shella Sofya melalui akun Facebooknya pada Selasa 15 Desember 2020.

Tanpa sengaja, Shella bertemu lagi dengan sahabatnya yang bernama Nuraini (Erni).

Shella dan Erni dulu merupakan teman karib ketika keduanya duduk di bangku sekolah.

Namun setelah lulus SMA, mereka tak lagi pernah bertemu.

Pertemuan itu kembali terjadi setelah 25 tahun lamanya Shella dan Erni berpisah.

Sayang, pertemuan dua karib ini justru membuat Shella merasa sesak di dada.

Hal tersebut lantaran kondisi Erni yang sudah jauh berbeda.

Garis nasib kembali mempertemukan keduanya, walaupun dalam strata berbeda.

Shella yang saat ini bekerja sebagai PNS di Kantor Wali Kota Banda Aceh, sampai sesak dadanya saat bertemu Erni, sahabat karibnya semasa SMA.

Masya Allah.. Hari ini.. ada sebuah cerita yg banyak kali hikmahnya. Tiba² sya ketemu dgn sahabat sya wktu sekolah dulu,...

 "Masya Allah. Hari ini (Selasa (15/12/2020) tiba-tiba saya ketemu dengan sahabat saya waktu sekolah dulu, mungkin sudah 25 tahun saya enggak jumpa dengan dia," tulis Shella mengawali kisahnya.

Dihubungi Serambi kemarin, Shella yang juga anggota Persit Spers Kodam IM mengatakan, ia menulis kisah ini dengan harapan dapat menjadi motivasi, berkah, sekaligus bermanfaat bagi orang lain yang membacanya.

"Bahwa bersahabat itu enggak boleh pilih-pilih," tulis Shella melalui pesan WhatsApp (WA) kepada Serambi, Rabu (16/12/2020).

Dalam postingan di FB, Shella mengenang kisah dirinya dengan Erni sewaktu mereka menimba ilmu bersama di bangku sekolah.

"Dulu dia adalah sahabat saya yang sangat baik, berteman dengan dia yang apa adanya, melihat kondisi dia saat ini, teriris hati saya," ungkap istri Serda M Rizal Nasution itu.

Ia menceritakan, pertemuan keduanya bermula saat Shella sedang melintas di jalan yang menghubungkan jembatan Lamnyong ke jembatan Krueng Cut

Ia menghentikan laju mobilnya di pinggir jalan, tepat di samping kios kecil.

Shella sangat kaget ketika mendengar suara yang pernah sangat akrab di telinga, memanggil namanya.

Iya, ternyata suara itu memang suara sahabatnya yang telah berpisah 25 tahun lalu.

"Tadinya dia (Erni) ragu mau negur saya, karena saya pakai pakaian dinas, (atau) takut saya lupa dengan dia atau apalah," kata Shella.

Belum habis rasa kagetnya, hati Shella begitu tersayat saat melihat kondisi kehidupan Erni bersama anak-anaknya.

"Saya terkejut dengan kondisi dia saat ini. Langsung saya ajak ke rumah saya dengan memberikan beberapa pakaian layak pakai, dan sedikit sembako," ungkapnya.

Dalam cerita Shella, sahabat baiknya itu memiliki tujuh orang anak dari dua suami.

"Dia mempunyai anak yatim tiga orang dari suami pertamanya yang meninggal karena sakit, dan dari suami kedua empat orang yang masih kecil-kecil. Suaminya yang kedua sudah kabur entah kemana," jelas Shella Sofya.

Diungkapkan Shella, Erni sudah lima tahun tinggal dan hidup dengan kondisi tak layak bersama tujuh anaknya.

"Dia (Erni) selama ini bekerja sebagai pemulung, dan makan diberikan oleh orang-orang yang kasihan kepada anak-anaknya," ungkap Shella.

Pada Selasa (15/12/2020) malam, Shella dan keluarganya kembali menyambangi sahabat baiknya itu untuk melihat suasana malam Erni.

Hatinya seakan sesak dan semakin teriris, ketika melihat ketujuh orang anak Erni harus tidur berhimpitan dan merasakan dinginnya angin malam.

"Insya Allah, besok (Rabu, 16/12/2020) akan kami evakuasi ke Punge Blangcut untuk menempati tempat tinggal baru yang khusus kita sewa buat mereka," ungkapnya.

Shella berharap Wali Kota Banda Aceh bisa melihat unggahan dirinya dan memberikan bantuan kepada Erni.

"Semoga Wali Kota Banda Aceh bisa melihat postingan saya ini, dan memberikan rumah layak huni untuk sahabat saya. Biar anak-anak enggak tidur bersempit-sempit di kios kecil yang sudah digusur tersebut," imbuh Shella.

Di akhir unggahannya pada Selasa (15/12/2020), Shella membuka penggalangan dana untuk membantu kehidupan Erni berserta ketujuh orang anaknya.

Sudah galang dana

Pada Rabu (16/12/2020) sore, Shella pada akun Facebook-nya kembali mengunggah foto dan video berisi usaha lanjutan dirinya membantu Erni.

Dalam video tersebut terlihat Shella dan Erni mengangkat satu persatu barang yang sudah dipaketkan milik sahabatnya itu dari kios yang akan digusur tersebut dan kemudian dimasukkan ke dalam mobil minibus warna putih yang sudah terparkir di pinggir jalan.

Sementara pada gambar yang diposting Shella terlihat, ia sedang foto bersama dengan Erni dan tujuh anaknya di depan kios kumuh yang selama ini ditempati Erni dan keluarga.

Setelah itu, Shella langsung ‘mengevakuasi’ Erni bersama tujuh anaknya ke rumah yang khusus ia sewa untuk sahabatnya di Desa Punge Blangcut, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.


Alhamdulillah. Hari ini saya dan keluarga mengevakuasi sahabat saya beserta anak²nya ke rumah kontrakan yg udh sya...


 Agar Erni dan anak-anaknya memiliki beberapa perlengkapan di tempat tinggal barunya, Shella juga membeli tilam, bantal, karpet, alat-alat kebersihan, dan beberapa jenis barang lainnya.

Melengkapi postingan itu, Shella menulis:

Alhamdulillah.

Hari ini saya dan keluarga mengevakuasi sahabat saya beserta anak²nya ke rumah kontrakan yg udh sya sewakan buat dia tinggal sementara bersama 7 orang ank²nya.

Alhamdulillah. Sya membeli beberapa perlengkapan seperti tilam bantal2 dan karpet, serta alat2 kebersihan.

Karena yg paling Urgent saat ini adalah tempat tinggal mereka. Krn kios tersebut akan di gusur dalam wktu dekat

Alhamdulillah. Untuk sementara ini mereka sudah aman utk tempat tinggal dan makan.

Terima kasih atas semua bantuan dana dan doa yg kawan FB salurkan.

Semoga Berkah utk kita semua.

Aamiin ya Allah.


Alhamdulillah.. utk sementara mereka tidak hujan² an lagi.. Mereka ceria sekali bisa ada rumah lagi. Alhamdulillah...


 Tak hanya itu, Shella juga sudah mulai menggalang dana untuk membantu sahabatnya Erni.

Dalam daftar bantuan dana untuk Sahabat Nuraini (Erni) yang diunggah Shella pada akun Facebooknya, Rabu (16/12/2020) pukul 18.45 WIB, terlihat sudah ada 18 penyumbang dengan total dana Rp 4.950.000.

Penyumbang antara lain berasal dari Banda Aceh, Meulaboh, Blangpidie, Sinabang, Matang, Babahrot (Bna), alumni SMP 1 Boja, dan Japakeh Rindam IM.

Selain itu, ada juga penyumbang dari provinsi lain seperti Medan, Palembang, dan Jakarta. Tak lupa pula Shella memposting beberapa bukti transfer sumbangan dari para donatur.

“Alhamdulillah..

Jumlah dana yg sudah terkumpul.

Barakallah.. semoga Allah balas semua kebaikan kita dan keberkahan sllu dlm berbagi.

Insya Allah .. Aamiin ya Allah,” tulis Shella melengkapi tabel daftar penyumbang tersebut. Jika Anda merasa tergugah dengan kehidupan Erni dan tujuh anaknya, ayo sama-sama kita sisihkan sedikit bantuan untuk mereka agar bisa memulai kehidupan yang lebih baik. Aamiin. (*)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar