Skip to main content

Resep Sumpia Abon. Camilan Jadul Yang Bergizi dan Lezat by Maryam Maeco Jempolan Hasilnya

Buat para penggemar camilan gurih, pasti bakal suka dengan Sumpia Abon yang satu ini. Kue kering tradisional ini bentuknya mirip dengan Lumpia, tapi ukurannya lebih kecil dan dan memiliki tekstur yang renyak kriuk-kriuk.

Camilan jadul ini biasanya disajikan pada hari Lebaran, tapi tentu sah-sah aja dijadikan camilan sehari-hari saat sedang santai atau nonton tv bersama keluarga. Lumayan bun, lebih enak dan sehat daripada jajan sembarangan di luar.

Cara membuat kue sumpia abon ini gampang dan praktis kok bun. Tinggal siapkan aja semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Lalu jika semua bahan sudah siap, langsung saja simak resep kue sumpia abon dari Maryam Maeco berikut ini.

Sumpia Abon

Bahan Kulit:

150 gram Tepung terigu

30 gram tepung tapioka

20 gram margarin

1/2 sdt garam

Air dingin secukupnya 

Cara Membuat Sumpia Abon

Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, kanji, garam dan margarin. Campur dan aduk sampai rata.

Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis dan nggak lengket di tangan.

Bagi adonan jadi 6 bagian, kemudian giling tiap bagian menggunakan botol kaca sampai tipis dan rata. Menggilingnya pelan-pelan ya bun, supaya nggak robek. Setelah tipis, potong kotak-kotak seperti pada gambar di atas. Jika terasa masih lengket, bisa diberi sedikit taburan tepung tapioka.

Isi kulit dengan abon ikan secukupnya, kemudian lipat amplop seperti membuat lumpia. Rekatkan ujung lipatan menggunakan putih telur.

Goreng sumpia menggunakan minyak agak banyak dengan api sedang, sampai berwana kuning kecuklatan. Angkat dan tiriskan.

Biarkan sumpia sampai dingin, baru kemudian simpan di dalam toples yang kedap udara.

Selesaiii! Praktis kan? Oh iya, abon ikan bisa juga diganti dengan abon ayam, abon sapi atau ebi udang. Tergantung selera aja ya bun. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Resep: Maryam maeco

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar