Skip to main content

Resep Martabak Teflon. Hasilnya Memuaskan Makk, Berongga Ngembang dan Ueenak Banget, Ikuti Step by Stepnya Jamin Anti Gagal Makkk

Yang mau coba rebake resep ini ikutin aja bahan yg dipake ya untuk meminimalisir kegagalan, usahakan tetep menambah baking powder double acting. Karena saya tau, kebanyakan pasti pakainya hanya soda kue merk ku*u2 kan, dan itu menurut pengalaman saya yg baru berapa kali bikin martabak ini kurang strong. Sementara yg dipake tukang martabak itu kan soda kue jepang/ soda kue murni. Jadi kalau mau bagus seratnya tambah oke pakai aja soda kue + BPDA( baking powder double acting) ya. Yang sudah pakar martabak atau bahkan temen2 yg punya usaha martabak, monggo ditambahkan atau diluruskan kalau saya ada salah๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ˜Š.

Takaran air saya tambah ya dari resep martabak pandan kemaren.

Dan adonan tetap didiamkan minimal 1 jam ya, hasil martabaknya lebih lentur dan bagus seratnya dibanding yang langsung dipanggang.

MARTABAK TEFLON By: @murniasri_sarifudin

Bahan Bahan A:

250 gram tepung terigu pro sedang/ segitiga biru

45 gram gula pasir

1/2 sdt garam

1/4 sdt vanili bubuk

1 butir telur gunakan telur ukuran sedang

300 ml air(tuang sedikit demi sedikit)

Bahan Bahan B:

2 gram soda kue( sekitar 1/4 sdt)

2 gram baking powder, saya BPDA (sekitar 1/4 sdt)

30 ml air untuk melarutkan baking powder & baking soda

Bahan Bahan C:

1/2 sdm gula pasir utk taburan

Mentega sebagai olesan setelah matang

Topping sesuai selera (sy memakai keju, coklat kacang & krimer kental manis)

Cara Membuat Martabak Teflon

1.Campur semua bahan A, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk (aduk terus hingga licin kalis kurang lebih 10 menit) saya aduk pakai whisker.

2.Tutup adonan dgn kain atau plastik wrap, istirahatkan adonan minimal 1 jam, tadi saya istirahatkan 2 jam di suhu ruang.

3.Larutkan baking powder dan baking soda dengan air 50 ml, kemudian masukkan ke dlm adonan aduk hingga benar benar rata.

4.Panaskan teflon dgn api sedang cenderung kecil selama 2 menit, lalu kecilkan api dan biarkan panas teflon stabil kurang lebih 2 menit

5.Tuang adonan, bentuk bagian pinggir dgn sendok sayur pelan pelan dan jgn terlalu ditekan, besarkan sedikit api (jangan terlalu besar) tunggu hingga gelembung-gelembung keluar semua, kemudian kecilkan api kembali

6.Taburi gula pasir sedikit sedikit tepat diatas gelembung yg mulai membesar (untuk membantu gelembung cepat pecah dan terbentuk lubang)

7.Setelah hampir semua gelembung pecah, tutup teflon masak selama kurang lebih 1-2 menit dgn api sangat kecil sampai martabak matang permukaan benar benar kering)

8.Sisir tepi tepi teflon dgn spatula tahan panas jgn disisir dgn pisau (supaya teflon tdk rusak)

9.Angkat & olesi permukaan martabak dgn mentega selagi panas

10.Beri toping sesuai selera, potong jadi 2, lipat. Oles kembali kulit martabak dgn mentega.

*Saya pake teflon 18 cm, 3x panggang, sebaiknya 4x panggang biar tdk terlalu tebal.

Uk 22/ 24 cm bisa 2x panggang

Selamat mencoba

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar