Skip to main content

Resep Apem Panggang. Semakin Lezat Dengan Taburan Nangka di Atasnya

Baru tau kalau ternyata kue apem ini punya sejarah tersendiri, loh. Dalam filosofi Jawa, kue apem dipercaya sebagai simbol kue pengampunan manusia atas segala kesalahannya. Apem sendiri dipercaya berasal dari bahasa Arab, afuan/afuwwun yang berarti ampunan.

Cukup dengan dipanggang menggunakan cetakan di atas kompor, kue apem lezat dan hangat sudah bisa anda sajikan di rumah. Bahan tape singkong dan ragi yang digunakan akan membuat rasa serta aroma apem jadi semakin khas.

Apem Panggang by @jaroh_A winarni

Bahan Bahan :

125 gr tepung beras

100 gr gula pasir

70 gr tepung terigu

400 ml santan

1 btr telur

1/2 sdt fernipan

Secukupnya vanili dan garam

2 lembar daun pandan

Bahan topping: 

Nangka/sesuai selera

Cara Membuatnya

1. Rebus santan dg daun pandan dan garam, aduk2 sampai mendidih, angkat, dinginkan.

2. Campur bahan lain kecuali telur, tambahkan santan scr bertahap, aduk sambil diuleni sampai adonan licin, tambahkan sisa santan aduk dg whisker, adonan jd encer, tambahkan telur aduk rata, saring.

3. Diamkan adonan sampai mengembang (2 jam). Panaskan cetakan, oles tipis dg margarin, kecilkan apinya, tuang adonan ke dlm cetakan. Tutup cetakan, setengah matang beri toping, tutup kembali sampai apem matang, angkat.

4. Lakukan sampai adonan habis.

Selamat mencoba

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar