Skip to main content

Resep Carabikang. Ini Juga Salah Satu Jajanan Jadul Favorit Yang Rasanya Tak Pernah Lekang Oleh Waktu

Ini juga salah satu jajanan jadul favorit. Udah jarang yg jual yaa. Mak Frida baru sekali ini bikin. Nyoba resep yg pake tapioka, supaya teksturnya bisa kenyal2. Next pengen bikin lagi yg versi NCC full tepung beras. Sebenarnya pake resep mana aja asalkan sudah diuji dan tipsnya ngikutin, ga akan gagal maaaakkk .. ..

Carabikang by @fridajoincoffee

Bahan Bahan:

250 gram tepung beras

60 gram tepung terigu protein sedang

25 gram tepung tapioka

250 gr gula pasir

750 ml santan kental

1 sdt garam

2 lembar daun pandan

Pewarna hijau muda dan merah rose

Cara Membuat Carabikang

1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka dan gula pasir.

2. Rebus santan, garam dan daun pandan. Gunakan api kecil, aduk2 terus santan supaya tidak pecah. Rebus hingga mendidih.

3. Tuangkan panas2 setengah bagian santan ke dalam campuran tepung, lalu mixer dengan kecepatan sedang hingga rata dan tidak bergerindil. Tuang lagi sisanya, mixer lagi selama 15 menit.

4. Adonan tidak terlalu kental, juga tidak encer, konsistensinya lebih mirip adonan rempeyek. Bagi adonan menjadi 3 bagian, beri warna merah, hijau dan tanpa warna.

5. Panaskan cetakan dengan api sedang saja, bisa gunakan cetakan carabikang/kue lumpur/martabak mini. Pastikan cetakan benar2 panas, tandanya jika dicipratin air, air akan berbulir2 dan lompat2 di atas cetakan (ini titik krusial banget, jika kurang panas, sarang tidak akan terbentuk).

6. Tuang adonan secara berurutan sesuai selera: 1 sdm adonan hijau, 1 sdm adonan putih, lalu 1 sdm adonan merah.

7. Tidak usah diutak atik besarnya api, biarkan carabikang hingga berlubang2 dan permukaannya kering. Angkat dengan cara dicungkil perlahan2.

8. Letakan di atas botol, lalu cetak tengahnya dengan tutup botol dan mekarkan bagian sisinya, hingga nampak seratnya.

9. Sajikan. .. ..

Catatan:

1. Sebenarnya pake resep manapun yg sudah diuji bisa berhasil bersarang, asalkan ketika menuang adonan, cetakan sudah benar2 panas. Jika kurang panas, tidak akan keluar sarang.

2. Adonan juga jangan terlalu kental/berat, karena akan susah bersarang.

3. Cetakan boleh dioles margarin/tidak. Alasi cetakan dengan seng/loyang di atas kompor, supaya bagian bawah carabikang tidak cepat gosyooong .. ..

Selamat mencoba

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar