Skip to main content

Resep Apam Kukus Merekah. Gampang Bikinnya, Gak Ribet dan Rasanya Enak. Ini Mekar Banget, Tampilannya Cantikk Yah. Yuuk Cobain Sendiri di Rumah Makkk

Siapa disini suka sama kue apem?? Nah kali ini saya bikin KUE APEM KUKUS atau biasa di sebut KUE MANGKOK. Gampang bikinnya, ga ribet dan rasanya enak. Ini mekar banget dan cantikk ya. Yuuk cobain sendiri di rumah.

­čąžAPEM KUKUS MEREKAH­čąž By @husnacookings

Bahan-Bahan :

• 100gr tepung beras

• 20gr tepung terigu

• 100gr tape singkong (haluskan)

• 70gr gula pasir

• 220ml air suhu ruang

• 1 sdt fermipan

• 1 sdt baking powder

• tambahan pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat :

1. Siapkan panci : masukkan air dan gula pasir, rebus sambil di aduk hingga gula larut (tdk usah sampai mendidih) lalu matikan api, biarkan hangat kuku.

2. Siapkan wadah : campurkan tepung terigu, tepung beras, tape singkong. Aduk rata, lalu tambah air yg udah hangat kuku sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai adonan jadi licin. Tambahkan fermipan, aduk rata. Lalu tutup adonan dengan kain bersih, diamkan 30 menit.

3. Setelah 30 menit, adonan akan berbuih. Aduk terus sampai tdk ada lagi buih (busa). Setelah tdk ada busa, tambahkan baking powder aduk terus hingga rata dan tdk ada lagi buih.

4. Panaskan kukusan dgn api besar, kalo udah bener2 panas. Lalu tuang donan dalam cetakan kue talam. Kemudian langsung kukus. Jangan sampai adonan nunggu lama dalam cetakan ya. Kukus 12-13 menit dgn api paling besar.

5. Setelah 12-13 menit, matikan api. Angkat dan biarkan dingin. Jangan keluarkan dari cetakan jika masih panas.

TIPS BERHASIL :

1. Kukus pakai api PALING BESAR, tutup kukusan beri serbet bersih.

2. Pastikan mengaduk adonan sampai tdk ada lagi busa/buihnya. Jika masih ada, sudah pasti di jamin tidak akan mekar.

3. Saat memasukkan dalam cetakan pastikan air dalam kukusan udah mendidih ya, lalu langsung kukus. Jangan biarkan adonan diam lama dalam cetakan, karena adonan pasti akan ngembang dalam cetakan, hal ini akan membuat kue tidak mekar.

4. Adonan lain yg masih nunggu antrian dikukus, diamkan saja dalam ember jangan letakkan di cetakan. Pokoknya di masukan dalam cetakan saat mau langsung di kukus ya.

Terimakasih ❤️

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar