Skip to main content

Resep Hekeng Khas Pontianak, Tak Kenal Maka Tak Sayang, Sayang Jika Tak Tahu Lezatnyaa, Yuks Cobain Bikin, Gampang Banget Makkk

Ayo Bun kita berkenalan lebih jauh dengan salah satu kuliner Nusantara dari Pontianak yang bernama Hekeng. Mungkin ada yang masih asing dengan makanan ini ya, Bun. Hekeng atau disebut Ngohiong kalau di Bogor Jawa Barat ini memang bentuk akulturasi budaya dari Tiongkok dan Pontianak. Merupakan makanan kukus yang digoreng yang biasanya terbuat dari udang dalam campuran tepung, yang dibungkus dengan kulit tahu/kembang tahu. Rasanya mirip-mirip dengan siomay yang digoreng, tapi disajikan dengan kuah/saus sambal.

Kunci dalam pembuatan hekeng yang lezat adalah pada bahan-bahannya yang fresh. Dengan bahan yang segar akan memberikan aroma dan rasa yang gurih dan sangat lezat. Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan bahan, seperti kulit tahu yang harus dibersihkan dahulu dari serbuk garam yang menempel di kedua sisinya agar Hekeng tidak terlalu asin. Untuk lebih tahu seluk beluk pembuatan Hekeng yang lezatnya mantap, Bunda bisa tengok panduannya dalam resep di bawah ini.

Hekeng Khas Pontianak

Bahan-bahan

400 gr udang yang sudah dikupas, cincang halus

125 gr wortel, parut menggunakan parutan keju

1 btg daun bawang, iris

6 butir bawang merah, haluskan

5 siung bawang putih, haluskan

6 sdm tepung sagu

2 sdm tepung terigu

1 butir telur

4 sdm minyak wijen

3/4 sdt lada putih

Seujung sdt bubuk ngohiong

Setengah sdt garam

2 sdt kaldu jamur bubuk

3 lembar kulit tahu atau lebih 4 (20x20), lap kedua sisi agar butiran garam pada kulit tahu lepas. Bila tidak di lap kedua sisi kulit tahu, hekeng akan menjadi sangat asin.

Cara Membuat

Siapkan wadah, campurkan semua bahan dalam wadah, aduk hingga benar-benar tercampur rata.

Panaskan dandang kukus.

Ambil selembar kulit tahu, lap kedua sisinya dengan lap kering. Ambil adonan hekeng secukupnya. Lalu lipat. Lakukan hingga adonan habis.

Kemudian masukkan hekeng ke dandang kukus. Kukus hekeng selama 20 menit.

Matikan api lalu keluarkan hekeng dari dandang kukus. Biarkan dingin. Potong-potong lalu goreng hingga berwarna kecoklatan.

Sajikan dengan saus sambal.

Note: Biarkan hekeng dingin terlebih dahulu baru digoreng. Bila hekeng digoreng dalam keadaan panas/hangat akan menghasilkan hekeng yang lembek.

Sangat jelas kan Bun, cara pembuatan Hekeng. Sekarang Bunda bisa menjadikannya salah satu menu sajian untuk keperluan apa saja, jadi makin kaya deh referensi untuk menu sajian dari dapur Bunda. 

Selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar