Skip to main content

Resep Pandan Chiffon Putih Telur. Lembutnya Selembut Kapas dan No Bau Telur Bund Recomended

Pandan Chiffon Putih Telur Selembut Kapas No bau telur -Resep Cake yang satu ini sangat Recomended bund!, Ini adalah salah 1 resep chiffon pandan kesayanganku, ssstt karena tastenya persis banget sama bolu pandan yang ada di bakery Sw*ss semarang sini! ciyusss deh

Aku Masi inget, semenjak masi SD selalu beli di bakery ini, sampe mama sudah apal tanpa aku ikutpun, beliau sudah tau selalu beliiin loh.

RESULT : Super lembabb, super lembutt, kempus-kempus, gurih pandan dan santannya terasa banget, lebih nampol daripada chiffo cake pandan yang resep standart (kutel putel) layak cobaa pkokke:)

NOTE : lebi enak lagi kalo pake sari pandan asli ya caranya daun pandan diblender sama santen, lalu diperes, karena aku sudah coba dan hasilnya uenakk tenan, tapi kalo males bikin pandan asli, pakai Essens aja tapi pilih yang good quality misal Tofieco bund ya.

Pandan Chiffon Putih Telur
by Tintin Rayner

Bahan Bahan A (Aduk rata)

  • 110 gram tepung terigu kunci
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 50 gram almond bubuk (boleh diganti dengan susu)


Bahan Bahan B (Aduk rata)

  • 100 gram minyak goreng
  • 100 gram santan kental instant
  • 50 ml Air
  • 1 sendok teh essens pandan


Bahan Adonan Putih :

  • 300 gram putih telur segar
  • 1 sendok teh cream of tar-tar ( boleh diganti dengan 2 sendok teh air jeruk nipis)
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 125 gram gula pasir
  • Sesuai selera Almond untuk taburan


Cara Membuat Pandan Chiffon Putih Telur by Tintin Rayner

Siapkan bahan yaa, lalu campurkan dan ayak semua bahan A, sisihkan, kemudian campurkan juga semua bahan B dan sisihkan.

Buat lubang tepat di tengah bahan A, lalu tuangkan semua bahan B, kemudian aduk sampai rata menggunakan whisk hingga licin dan tidak ada lagi yang bergerindil pada adonan, tapi jangan terlalu kuat ngaduknya bund ya, nanti hasilnya bantet

Kira-kira adonan jadinya sampai seperti ini yah bund

Mixer putih telur dengan cream of tar-tar, garam (boleh diganti dengan peresan jeruk nipis) sampai berbusa, setelah itu mulai masukkan gula bertahap 3x sampai kaku yah

Tandanya wadah kocokan kalo dibalik telor tidak tumpah

Masukkan adonan putih telur tersebut ke dalam adonan pasta tadi, secara bertahap sekitar 3x aduk balik menggunakan SPATULA sampai rata (jangan berlebihan)

Tuangkan adonan ke dalam loyang KHUSUS chiffon lalu taburin dengan almond (boleh diganti dengan keju) kemudian panggang selama 55 menit atau sampai mateng (karena suhu oven berda-beda bund ya)

Setelah chiffon matang segera tangkupkan loyang chiffon yah, dan tunggu suhu pada ruang selama 1-2 jam baru baru bisa dipotong-potong.

Chiffon ini sangat - sangat lembab, lembut, salah 1 resep chiffon pandan kesayanganku
Kembali ke nostalgia masa kecilku hmmm.

Berbeda dengan pendapat beberapa orang kalo cake putih telor itu rada keras/kenyal, chiffon ini bener-benar kempuss-kempus dan bener-benar kayak sponn. Trust me

Satu lagi momms,no bau telur! pokoknya mantapppp surantap, di tambah kalo yang ada wangi pandan dan santan malah lebi nampoll.

MUST, Harus :

1. Pake loyang khusus chiffon. loyang tulban jangann yahhh

2. Loyang chiffon jangan dioles apapun bisa ambles suksesss

3. Pengocokan putih telur krusial banget untuk cake ini

4. Segera jungkirbalikkan loyang ke bawah selama 1 jam, baru bole dikeluarkan

Chiffon ini cake yang mudah pembuatannya, tapi ada point-point penting yang sering dilupakan sehingga adonan yg tadinya bagus bisa ambles/bantet setelah mateng.

Karena saya penggemar berat chiffon cake, so ritual-ritual di atas selalu menjadi keharusan buatku, because baking is art. hehehe
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar