Skip to main content

Resep Membuat Kue Pie Susu Khas Pontianak Lebih Enak, Tebal dari Pie Yang Lain by Gisellakitchen

Tart atau pai susu sangatlah popular di tempat saya lahir, yaitu Pontianak (Kalimantan Barat). Gampang ditemui di pasar, toko kue atau pun di kantin sekolah. Sampai saat saya kuliah di Australia pun, sering saya temui kue ini di toko kue hongkong atau di restoran yum cha (dim sum). Meskipun rasanya tidak seratus persen sama. Bagian tengah atau custard pada pai susu Pontianak terasa lebih legit, lebih mirip pada Portuguese egg tart. Hanya saja, portugese egg tart memakai puff pastry, sedangkan pada pai susu pontianak, bagian kulitnya lebih mirip dengan rasa kue kering yang garing dan renyah.

Pai susu khas bali juga cukup terkenal sebagai oleh-oleh dari bali. Bahkan sekarang pai susu dibuat dengan berbagai pilhan rasa. Ada yang rasa pandan, keju, cokelat dan rasa lainnya. Silahkan dicoba resep tart susu ala Pontianak kami ini, yang dijamin rasanya enak banget.

Pie Susu Khas Pontianak

Bahan Crust

100 gram butter ( potong kotak-kotak kecil )

150 gram tepung terigu ( saya pake segitiga )

1 butir kuning telur

1/2 sendok teh garam halus

Bahan Isian

5 butir kuning telur

200 ml susu kental manis

200 ml air putih

1/2 sendok teh vanilla

1/4 sendok teh garam halus .

Cara Membuat Pie Susu Khas Pontianak

1. Campurkan semua bahan crust sampai rata dan tidak lengket (jangan diulenin ya, cukup di tekan-tekan saja dengan spatula atau jari )

2. Tata ke dalam loyang pie ( 18cm ) kemudian tusuk-tusuk dengan garpu

3. Oven crust sampai setengah matang kira-kira selama 10 menit dengan suhu 175°c dan dinginkan

4. Campurkan semua bahan isian kemudian disaring. lalu tuangkan ke dalam crust dan oven kembali selama kurang lebih 50 menit dengan suhu 150°c sampai matang ( isian padat ).

Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar