Skip to main content
Resep Kue Sagu Keju. Renyah, Ringan, dan Lumer di Mulut

Resep Kue Sagu Keju. Renyah, Ringan, dan Lumer di Mulut

Resep Kue Sagu Keju - Persiapan untuk suguhan lebaran bun, ini adalah salah satu kue kering yang wajib hadir menemani kue nastar, kue kastengel dan lain-lain, hehehe. Dari ketiga kue kering ini, biasanya kue sagu yang pertama kali cepet habisnya. Tapi bukan tamu yang datang ke rumah sih yang ngabisinnya, tapi malah semua penghuni rumah sendiri yang habisin, wkwkwkwkwkwkw.

Pengalamanku memang benar kalau sudah makan kue sagu ini susah untuk berhenti, tekstur kuenya itu ringan, lembutt dan lumerr di mulut, pokoknya Enak bangeeeet. Sampai tidak berasa tau-tau habis setengah toples deh hehehe, karena gurih dan ngeju pake bangeet bund pokoknya!

Bikin kue sagu keju sendiri di rumah, ternyata agak gampang susah gitu bun. Apabila tidak mengikuti dan intruksi resep dengan benar, nanti hasil kuenya akan bantat dan kenyal seperti cireng. Nah supaya tidak gagal, Silahkan bunda ikuti resep membuat kue kering sagu keju di bawah ini, karena Resep kue sagu ini merupakan versi yang cukup simpel tetapi hasilnya memuaskan.

Kue Sagu Keju

Bahan-bahan:

  • Tepung sagu 200 gram
  • Daun pandan 2 lembar
  • Butter atau margàrin, atau bisa campuran keduanya. 100 gram
  • Gula Halus 75 gram
  • Kuning telur 1 butir
  • Keju cheddar, parut (lebih enak lagi kalau dicampur keju edam) 75 gram
  • Santan kental (kara) 2 sendok makan


Cara Membuat Kue Sagu Keju

Masukkan 200 gram tepung sagu dengan 2 lembar daun pandan ke dalam wajan, lalu sangrai di atas api kecil hingga daun pandannya kering. Tujuannya supaya ada aroma wangi pandannya, angkat dan dinginkan, pastikan bund ya sebelum di gunakan harus benar-benar dingin dulu.

Kocok 100 gram margarin atau butter dengan 75 gram gula halus selama 2 menit, Lalu masukkan 2 sendok makan santan dan 1 butir kuning telur, kemudian kocok lagi sebentar saja sekitar 5 detik aja, yang terpenting santan dan kuning telurnya tercampur rata. Jangan kelamaan bun ya, takutnya nanti kue ketika di panggang akan luber / melebar.

Masukkan 75 gram keju parut dan aduk secara perlahan-lahan menggunakan sendok kayu/spatula.

Masukkan 200 gram tepung sagu tadi sedikit-sedikit sambil di aduk hingga rata.

Cetak atau spuit adonan lalu letakan di atas loyang yang sudah di alasi dengan kertas roti hingga adonannya habis. Kalo sudah terbiasa nanti juga bunda bisa membentu kue sagu yang cantik bentuknya.

Panggang di dalam oven, suhunya 160°C, kurang lebih selama 20 menit atau hingga matang. Selama memanggang awasi terus bund ya karena kue sagu ini termasuk kue yang gampang gosong.

Selesaaiiiiii deh bund! Kini kue sagu keju sudah jadi dan siap untuk di nikmati dengan 1 gelas teh manis. Pasti bunda puas banget deh rasanya kalo bunda bisa bikin sendiri di rumah. Selamat mencoba...!

Catatan penting:

Pastikan penggunaan tepung sagu yang asli bund ya, seperti yang ada dipasaran ada tepung merk sagu tani, ternyata isi nya ialah tepung taioka/kanji, karena itu berbeda, tepung sagu terbuat dari pohon sagu, sedangkan kalo tepung tapioka/kanji terbuat dari singkongnya.

Pastikan sebelum di gunakan tepung sagu nya di sangrai dulu dan biarkan sampai benar-benar dingin. 

Karena kalau tepunya masih panas/setelah di sangrai langsung di gunakan, nanti hasilnya akan bantat dan agak alot.