Skip to main content

Resep Castella Cake Khas Jepang. Tampil Mewah Dengan Bahan Sederhana

Bagaimana kalau cuma 4 bahan saja? telur. .terigu..gula..madu ..ehem ehem

Lembut..nyus nyus ini bun.dan yang pasti..Aman buat anak anak karena tanpa bahan pelembut maupun pengembang sama sekali.

Yup. ..ini adalah Castella alias honey cake ..cake khas dari jepang.

Kunci nya..pakai tepung terigu protein tinggi ya bun.dan jangan ada gelembung udara sama sekali dalam adonan agar tekstur nya nanti lembut seperti kapas.

CASTELLA

Bahan Bahan:

1. Telur suhu ruang 3 butir..pisahkan putih dan kuning nya

2. Gula putih butiran halus 60 gr/4 sdm..ayak

3. Tepung terigu protein tinggi 100 gr/10 sdm

4. Madu 2 setengah sdm aduk bersama 1 sdm air hangat

* 1 sdm madu dan 1/2 sdm air hangat (buat olesan)

Cara Membuat Castella Cake

* Panaskan oven 170° .

* Siapkan loyang .oles margarin/minyak..alasi kertas roti (harus ya karena cake tidak berminyak. .nanti lengket kalau tidak pakai kertas roti)...oles kertas roti nya dengan minyak/margarin.

1. Mix putih telur hingga berbusa..masukkan gula..Mix speed tinggi hingga soft peak.turunkan speed..masukkan kuning telur satu per satu..kocok hingga rata saja..masukkan larutan madu..juga hingga larut saja..masukkan tepung dalam 3 tahap..kocok hingga rata saja.adonan siap .ringan lembut adonan nya.

2. Tuang adonan ke loyang...3/4 saja ya karena cake naik nanti..angkat loyang...hentakkan/jatuhkan ke meja (jangan sampai ke lantai ya hihihi)...lalu gunakan sumpit/tusuk sate...goreskan zig zag pada adonan..agar gelembung udara hilang.

Hentakkan lagi loyang.

3. Panggang selama 40 menit (sesuaikan dengan oven masing masing ).

4. Keluarkan cake dari oven..hentakkan lagi ...oles dengan bahan olesan agar permukaan cake tetap lembab.. siapkan kertas roti yang bersih di atas nampan...balikkan loyang ke atas nya...ambil loyang nya...lepas kertas roti yang menempel pada cake. Bungkus cake dengan kertas roti yang baru tadi...lalu bungkus lagi dengan plastik wrap.

5. Biarkan semalaman di kulkas (saat menaruh..permukaan ada di bawah ya agar nanti permukaan nya mulus rata)..keluarkan cake...potong menurut selera (gunakan pisau tipis tajam..harus tajam agar potongan halus)

* bisa juga langsung di nikmati begitu keluar dari oven...tetapi akan lebih nyushh lembut bila menggunakan tehnik hot wrap ya bun.bahkan bila di diamkan 2 atau 3 malam di kulkas..akan lebih mantap. (Kuat tidak menunggu nya hihihi)

* 1 resep jadi 1 loyang 16×10 (punya nya cuma itu ) dan masih sisa 1 rantang bulat hehehe.ini kalau pakai loyang brownies jadi 1 bun.

* Bisa di tambahkan sedikit vanila ekstrak atau pun lemon essence bila suka.

* Bisa pakai magic com bun.sesuaikan atau tes tusuk ya ..tentu saja permukaan tidak akan membentuk lapisan seperti oven listrik.hehehe.tapi kan lumayan ..sama enaknya kok.

Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar