Skip to main content

Roti Tawar Kenyal, Lembut Ngembang Tanpa Mixer

Roti tawar adalah salah satu alternatif praktis pengisi perut baik di rumah ataupun sebagai bekal perjalanan, sekolah dan bahkan bekerja. Tinggal ambil beberapa lembar dan isi dengan coklat/keju pasta, maupun yang lebih lengkap dan lezat dengan dibuatkan isian sandwich praktis berupa telur, sayuran, saos dan mayonaise. Dan masih banyak lagi variasi isian lezat yang bisa diaplikasikan buat roti yang satu ini. Namun roti tawar yang berkualitas sekarang ini cukup mahal juga, selain itu kita tidak pernah tahu seberapa banyak kandungan pengawet makanan di dalamnya. Nah, di sini kami akan ajak Bunda membuat sendiri Roti Tawar Kenyal yang enak dan sehat. Selain itu cara pembuatannya pun tidak membutuhkan alat yang khusus lho Bun.

Dalam resep ini roti dibuat dalam ukuran kecil ya Bun, biar gampang loyangnya sehingga bisa gunakan seadanya di rumah.  Jadi 1 adonan bisa jadi 2 atau 3 roti tawar ukuran kecil, menggunakan Loyang tinggi (tinggi Loyang 6-8cm). Kalau Bunda punya Loyang khusus roti tawar bisa saja di gunakan untuk keseluruhan adonan. Roti Tawar Kenyal ini cukup halus seratnya, kenyal dengan rasa yang enak. Mau dimodifikasi dengan tambahan kismis atau coklat chip juga bisa. Tergantung selera dan kreasi masing-masing saja. Untuk keseluruhan prosesnya silahkan Bunda lihat di bawah ini.

Roti Tawar

Bahan Bahan A:

  • 100 ml air
  • 4 sdm susu bubuk, jika menggunakan susu cair susu bubuk boleh diskip
  • 1 sdt ragi instan
  • 3 sdm gula pasir


Bahana Bahan B

  • 1 butir telur, jika telur diskip tambahkan takaran air di bahan A: 50-60 ml
  • 250 gr terigu protein tinggi


Bahana Bahan C

  • 42 gr margarine/butter
  • Sejumput garam, sekitar ¾ sdt. Jika buuter sudah asin garam bisa diskip
  • UNTUK OLESAN: 2 sdm margarine/butter, cairkan. 1 sdm gula halus. 1 sdm susu bubuk. Aduk rata semua bahan


Cara Membuat Roti Tawar

1. Campur semua bahan A. Aduk rata. Setelah itu tambahkan bahan B. Aduk rata. Uleni sampai kalis, asal tidak lengket. Setelah itu masukkan bahan C. Uleni sampai kalis elastis dengan gerakan seperti mencuci baju. Jika lengket olesi tangan kita dengan sedikit minyak atau taburi 1-2 sdm terigu di alas ulenan. Butuh waktu kira-kira 15 menit. Atau kalau mau, dimikser spiral juga boleh yang terpenting diulen sampai kalis elastis ya.


2. Siapkan mangkok, olesi mangkok dengan minyak. Lalu masukan adonan yang sudah dibulatkan, tutup mangkok dengan plastic wrap atau plastic kresek. Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat, sekitar 1 atau 2 jam. Setelah mengembang, kempeskan.


3. Ambil semua adonan gulung memanjang. Potong adonan menjadi 8-12, sesuai selera. Masing-masing adonan digilas dan digulung. Lalu siapkan Loyang dengan diolesi minyak/margarine. Ambil adonan yang sudah digulung, tata di Loyang


4. Biarkan mengembang sampai dua kali lipat.


5. Panaskan oven dengan suhu maksimal dengan suhu 250 dercel selama 10 menit. Setelah oven panas, Semprot permukaan roti dengan air atau susu cair. Panggang roti selama 15 menit dengan api bawah. Setelah 15 menit turunkan suhu menjadi 230 dercel lalu tambahkan api atas. Panggang hingga golden brown. Lalu matikan oven. Selagi panas, olesi permukaan roti dengan bahan olesan atau cukup dengan margarine/atau mentega cair.


Menul-menul hasilnya, kenyal dan awet empuk. Cocok untuk aneka isian dan mau cara di panggang/ bakar juga siip. Kalau Bunda menggunakan cetakan khusus roti tawar tentu hasil Roti Tawar Kenyal nya lebih mantap karena ukurannya bisa besar, tinggal potong-potong dengan pisau roti gerigi sudah kaya buatan pabrik. Selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar