Skip to main content

Sus Kering Keju Ala Cheese Crispy Choux Renyah Ngejuu

Sus Kering Keju Ala Cheese Crispy Choux Renyah Ngejuu
Resep Sus Kering Keju - Hari Sabtu pagi rencana mau mbolang, ternyata anak-anak pada ngantuk..xixixi, lalu aku kepikiran pengen bikin lekker holland yang gampang, tapi big boss komplain bilang jangan bikin yang manis-manis terus dunk, sekali-kali yang asinn. kemudian aku langsung ngacir buka koleksi buku resep, dan akhirnya pilihan jatuh ke buku resep 'Kue kering Idul Fitri'by sedap : Sus Kering Keju/Crispy Choux.. apalagi bahan-bahannya murmer, simpell dan cara bikinnya juga mudah banget.

Yang bikin diriku ga betah malah di acara panggangnya. kudu bener-bener telaten supaya dalemnya kering sempurna dan bener-benar kriukk, kress-kressnya tahan lama. karena kalo sampe masi ada yang sedikit lembab pasti mudah mlempem.

Akhirnya tak tunggu dengan sabar sambil olahraga ngencot sepeda dirumah sambil mata mantengin oven..ckikikik.. daaan hasilnya sepadan sama penantiannya, uenakkk wangii kressss, suami suka bangettt syukurlaah. cuss mommiessss

Sus Kering Kejuby Tintin Rayner

Bahan Bahan
  • 100 gram margarin
  • 250 gram air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 125 gram tepung segitiga
  • 75 gram keju cheddar/edam parut
  • 3 butir telur
  • 1 sendok teh baking powder

Cara Membuat Sus Kering Kejuby Tintin Rayner

Rebus margarin, air, dan garam, lalu aduk sampai mendidih. dan matikan api, kemudian masukkan tepung, dan nyalakan api kecil saja, aduk trus sampai KALIS, angkat dan biarkan hangat.

Dalam wadah lain masukkan telur satu persatu sambil dimixer sampai rata, lalu tambahkan keju parut, dan baking powder sambil dikocok rata

Masukkan adonan ke dalam kantung segitiga, lalu kasi spuit kerang, kemudian spuitkan di atas loyang yang sudah diolesi mentega/dikasi kertas roti (aku pake loyang anti lengket)

Panggang adonan di dalam oven pada suhu 200 derajat sekitar 20 menit, dan jangan buka oven selama proses in biar sus tidak kempis

Lanjutkan panggang dengan suhu 130 derajat selama 40-50 menit lagi/sampai kering bener.(suhu oven beda-beda) sampe kuning kecoklatan dan kriukk..

Tadaaaa, aromanya harumm bangettt, crunchy, kresss dan gurihh (sambil di angkat aku comot-comot juga, sampe ini mulut penuh terus hehehe)

Sus Kering Keju, recomended. tastenya pas semua di lidahku dan textur dalemnya juga kopong bangettt

One bite never enough! Camilan sehat buat keluarga

Tadi jadi 1 toples tapi toples tinggi yah, toples ukuran 1 kg itu hehehe ngirit bener.

Tips

#Lebih ngeju dan wangi kalo pake keju edam/Gouda ya
#Panggang sampai bener-benar kering
#Masukkan telur tunggu adonan hangat supaya mekar sempurna dan kopong banget tengahnya
#Jangan buka-buka pintu oven selama 20 menit pertama supaya sus tidak kempiss yaa
#Pastikan sus bener-benar kering sampe dalemnya memang butuh ketelatenan momss

Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar