Skip to main content

Kue Nastar klasik 24 Karat by Monika

Kue Nastar klasik 24 Karat by Monika
Resep Nastar Klasik 24 Karat - Bikin nastar memang harus diawali hati yang tenang dan pikiran yang bersih. Gimana enggak, dari prosesnya mulai dari buat selai, mencetak dan mengolesnya bisa bikin pegel gak karuan hahahha. Tapiiiii....terbayarkan dengan pujian, pelukan terimakasih dari anak-anak, testimoni dari keluarga dan tetangga!

Resep saya adaptasi dari bu Fatmah Bahalwan dengan modifikasi minor. Ayo buat ibu-ibu. Jangan ragu-ragu bagi pemula, saya sertakan tips nya.

Nastar klasik 24 Karat by Monika Narumartani

Bahan Bahan
  • 300 gram margarin (saya pakai bluband)
  • 200 gram mentega/butter (saya pakai golden churn)
  • 100 gram gula halus (saya gula pasir diblender)
  • 730 gram tepung kunci biru (sangrai sebentar)
  • 4 butir kuning telur (2 mentah, 2 direbus)
  • 4 sendok makan susu bubuk dan sedikit vanili

Bahan Untuk Olesan
  • 2 butir kuning telur
  • 1 sendok teh minyak goreng baru
  • 1 sendok teh susu kental manis

Cara Membuat Nastar klasik 24 Karat by Monika Narumartani

Masukkan gula halus, vanili, margarin, butter dan 4 telur (mentah dan rebus) lalu mixer sebentar selama 50 detik (asal rata saja). (Kenapa menggunakan campuran kuning telur rebus? Hasilnya lebih ngeprul dan lumer di mulut. dan Kenapa dimixer sebentar? Supaya nastar tidak meleber-leber berlebihan pada saat dipanggang.)

Masukkan campuran tepung dan susu bubuk yang telah diayak. meaasukkannya secara bertahap ya sambil diaduk pakai spatula. Hasil adonan seharusnya tidak keras, sedikit kalis dan agak berminyak karena butter.

Pulungi adonan. Kalau saya adonan ditimbang @ 10 gram supaya mendapatkan bentuk yang sama besar. Lalu masukkan selai, bulat-bulatkan seperti membuat klepon. Selainya saya bentuk bulatan seperti dibawah dulu supaya gampang mencetaknya.

Panaskan oven terlebih dahulu. lalu panggang nastar pada suhu 140c selama 40 menit pakai api atas bawah.

Keluarkan, dan tunggu hingga dingin, lalu beri olesan. Ini hasil nastar setelah dipanggang.


Setelah dingin, olesi nastar 2 kali. Beri 1 tetes pewarna makanan kuning (optional). Oles satu loyang lalu ulangi lagi. (Cara pengolesan terinspirasi dari Fah umi yasmin.)

Panggang lagi suhu 100c api bawah selama 7 menit.

Hasil semua kurlebih 1,8 kg. Ini foto tanpa edit ya. Hasilnya lumayan kinclong.


Tambahan :

Pemanggangan disesuaikan dengan oven masing-masing ya. Itu foto nastar saya bagian bawah. Warna coklat muda, membuat nastar lebih awet dan tahan lama.


Thankyouu for 128 like, 302 cookmark and 2 recook
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar