Skip to main content

Akar Pinang atau Stik Ulat

Akar Pinang atau Stik Ulat
Resep Akar Pinang Atau Stik Ulat - Heheheee Syeremm yah kalau namanya stiker ulat, malah anakku bilangnya ini kue cacing, karena bentuknya memang mirip cacing, kalo saya sih lebih senang nyebutnya Akar Pinang, jadi lebih "tenang" mengunyah dan menikmatinya hihihii.

Resepnya kali ini beda dengan resep yang pernah saya coba dulu, yang ini lebih praktis dan mudah banget pengerjaannya, tau-tau sudah selesai saja..

Ohya, buat sobat yang enggan memakai royco. bisa kok diganti dengan bumbu bawang putih ulek, dikasih garam dan gula sedikit. Takarannya dikira-kira ya. boleh juga ditambah keju parut jika suka, rasanya kue ini gurih dan renyah pastinya

Akar Pinang atau Stik Ulat by diana az

Bahan Bahan
  • 1 bungkus tepung ketan @ 500 gram
  • 6 butir telur
  • 4 sendok makan penuh margarin
  • 1 bungkus royco

Cara Membuat Akar Pinang atau Stik Ulat

Telur dikocok lepas, sisihkan

Campurkan tepung ketan, dengan royco serta margarin. lalu masukkan ke dalam kocokan telur tadi.

Aduk sampai tercampur rata, lebih afdhol lagi, ngaduknya pake tangan yang sudah dicuci bersih-bersih. supaya gampang merasakan, adonan sudah pas dicetak apa belum. kalau adonan kurang lemas alias susah dicetak cukup tambahkan margarin secukupnya.

Adonan yang sudah siap dicetak seperti ini


Setelah adonan siap, langsung cetak di atas minyak goreng yang sudah di panaskan. (saya kesulitan mendokumentasikan proses nyetak langsung diatas minyak panas, karena di dapur cuma saya seorang). Jadi saya fotonya begini aja.

Goreng hingga matang dan kering, (sebentar saja sudah matang kok jadi ga perlu tunggu sampe kuning kecoklatan ya)

Ini loh cetakan yg di pake, namanya cetakan akar pinang atau stik yuyu, mirip dengan cetakan putu mayang tapi ini lubangnya lebih besar dikit.

Cetakan akar pinang beda dengan cetakan akar kelapa, kalo cet. akar kelapa cuma punya satu lubang dengan model seperti spuit bintang.


Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar