Skip to main content

Resep Membuat Telor Gabus Yang Renyah dan Gurih

Resep Membuat Telor Gabus Yang Renyah dan Gurih
Resep Telor Gabus - Di masa kecil saya, kue telur gabus ini cuma ada kalau pas Lebaran saja. Biasanya kita sekeluarga membuat kue ini bareng-bareng. Seru dan bikin kangen. Proses memilin adonan dan menggorengnya cukup seru dan menantang. Seru karena bentuk dan ukurannya harus dibuat seseragam mungkin, dan menantang karena cara menggorengnya harus menggunakan minyak dingin.

Sekarang kue gabus ini sudah lebih mudah ditemui di toko-toko kue di kota-kota besar. Camilan yang renyah dan gurih ini bisa jadi teman favorit kala menonton TV. Sayang kebanyakan kue telur gabus yang ada di toko kue tidak seenak buatan keluarga saya dulu. Mungkin supaya lebih murah, beberapa bahan diturunkan kualitas dan kuantitasnya.

Nah biar lebih mantap kita buat sendiri yuk. Bahannya sangat simple, karena hanya membutuhkan 3 bahan utama saja, yaitu tepung kanji, keju dan telur. Berikut resepnya:

Telor Gabus

Bahan-bahan
  • 500 gram tepung tapioka atau tepung sagu (contoh:sagu tani, dll)
  • 100 gram keju cheddar parut
  • 5 butir telur (bisa dikurangi, tapi
  • lebih banyak lebih enak)
  • 150 gram margarine
  • 1 1/2 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya  (dingin)

Cara Membuat Telor Gabus

Siapkan wadah, masukkan tepung sagu, garam dan keju. Aduk sampai rata.

Masukkan margarin dan telur, lalu uleni sampai kalis atau tidak lengket di tangan. Pastikan adonan diuleni sampai kalis. Jika belum menyatu, uleni terus sampai kalis. Tambahkan margarin bila perlu. Ingat, jangan sekali-kali menambahkan air.

Ambil sedikit adonan. Buat bulatan, lalu pilin menjadi panajang seperti pada foto.

Siapkan minyak dingin di wajan. JANGAN nyalakan kompor dulu.

Masukkan adonan kue gabus yang sudah dipilin-pilin tadi sampai kira2 cukup penuh. Setelah itu baru nyalakan kompor.

Goreng adonan menggunakan API KECIL sampai kue mengambang ke atas. Begitu mengambang, ubah api menjadi sedang dan goreng sampai berwarna keemasan.

Jika mau menggoreng adonan selanjutnya, pastikan minyak goreng sudah dingin dulu. Biasanya kami menggunakan 2-3 wajan penggorengan untuk mempercepat proses.

Angkat dan tiriskan kue telur gabus. Setelah dingin segera masukkan toples dan tutup rapat supaya tetap renyah dan kriuk.

Proses penggorengannya memang agak ribet. tapi hasilnya benar-benar bikin hati jadi puas.

Selamat mencoba ya…!

Share tulisan ini jika dirasa bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar