Skip to main content
Resep Membuat Kue Sarang Semut / Cake Karamel Versi 2 by Diana AZ

Resep Membuat Kue Sarang Semut / Cake Karamel Versi 2 by Diana AZ

Resep Kue Sarang Semut / Cake Karamel versi 2 - Versi pertamanya sudah pernah saya posting. Biasanya sih saya pake resep versi yang pertama itu.

Nah, kalo resep ini saya dapat dari seorang kenalan yang kebetulan suka terima pesanan kue, uniknya karena ada campuran tepung kanjinya, maka teksturnya jadi lebih kenyal, saya jadi penasaran pengen bikin sendiri, alhamdulillah di kasih resepnya.

(Yang di dalam kurung itu  artinya takaran untuk 1/2 resepnya, jika pengin bikin yang porsi kecil.)

Soalnya resep dibawah ini untuk loyang baking Pan 28 cm, ukurannya jumbo banget, kalo takaran 1/2 resepnya saya pake loyang 22 cm.

Kue Sarang Semut / Cake Karamel Versi 2

Bahan Bahan
  • 3 gelas gula pasir (1,5 gelas)
  • 200 gram margarin (100 gram)
  • 3 gelas air (1,5 gelas)
  • 2,5 gelas tepung terigu (1 1/4 gelas)
  • 1/2 gelas tepung kanji (1/4 gelas)
  • 2 kotak vanili (1 kotak)
  • 1 sendok makan penuh soda kue (1/2 sendok makan)
  • 8 butir telur (4 butir)
  • 1 kaleng SKM/susu kental manis putih (1/2 kaleng)

Cara Membuat Kue Sarang Semut / Cake Karamel Versi 2

Panaskan gula di atas wajan tanpa di aduk diatas api kecil (untuk meratakannya cukup di goyangkan wajannya saja) hingga menjadi karamel. lalu masukkan margarin, kemudian secara perlahan-lahan tuangkan air. dan rebus hingga karamel larut, boleh sesekali diaduk dan jangan terlalu lama merebusnya, jika ada gumpalan karamel yang belum larut, biarkan saja nanti mencair perlahan. Matikan api gas, diamkan hingga hangat kuku. sisihkan.

Telur di kocok lepas (bisa pakai whisker atau di mikser speed terendah) sampai berbuih atau saat dikocok terasa lebih ringan. sisihkan dulu.

Campurkan tepung terigu, kanji, vanili dan soda kue dalam wadah lain, lalu masukkan cairan karamel ke dalam tepung sedikit demi sedikit sambil di aduk atau dimikser speed rendah, kemudian masukkan telur kocok, aduk rata dan masukkan susu kental manis. aduk lagi sampai rata.

Diamkan dulu adonan sebentar, sambil kita menyiapkan loyang dan memanaskan oven (sekitar 15 menitan.)

Olesi loyang dengan margarin, lalu taburi dengan terigu tipis-tipis.

Tuangkan adonan ke dalam loyang. lalu panggang dalam oven yang sudah dipanaskan kurang lebih selama 45 menit, kalau pake baking pan, tatakan alas besinya dipanaskan dulu di atas kompor

Setelah matang biarkan cake agak dingin, lalu lepaskan dari dalam loyang potong-potong dan sajikan eummmm nyam nyam

Selamat mencoba.