Skip to main content

Resep Membuat Dodol Agar-Agar Tradisional by Dita Putri

Resep Membuat Dodol Agar-Agar Tradisional by Dita Putri
Resep Dodol Agar Tradisional - Ini adalah sajian khas lebaran di keluarga saya, (dulu ketika saya kecil) rasanya enak, rasa tradisional banget dan mudah buat nya.

Awal nikah di lebaran pertama aku coba buat ini, suami cobain dan langsung jadi favorite, teman-teman yang sudah nyicip juga langsung jatuh cinta dan banyak yang tanya resep nya.

Ini resep aslinya pakai agar batangan ya, tapi berhubung di tempat saya tinggal sekarang gak ada agar batangan jadilah saya akali pakai agar-agar swalow biasa tapi pakai banyak banget ya.

Pekat, gak ikutin saran penyajian, hitungan 1 bungkus untuk kurang lebih 300 ml air, dicoba bund yaa ini di jaminnn enak banget

Dodol Agar Tradisional

Bahan Bahan
  • 5 bungkus agar-agar swalow tanpa warna
  • Kurang lebih 300 sampe 350 gram gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1,5 liter santan dari 1 1/2 butir kelapa
  • 25 lembar daun suji
  • 25 lembar daun pandan

Cara Membuat Dodol Agar Tradisional

Cuci bersih daun pandan dan suji, lalu gunting kecil kecil, kemudian blender dengan air santan. blender semua sampai halus, saring dan buang ampas nya.

Masukan gula, agar-agar, garam dan air santan yang telah berwarna hijau setelah untuk memblender daun suji dan pandan tadi

Masak dengan api sedang cenderung kecil.

Masak terus sambil terus di aduk-aduk jangan ditinggal ya, karena kalau ditinggal hasilnya nanti pisah santan dan air nya saat agar-agar jadi, selama 30 menit sambil full di aduk

Setelah dimasak sekitar 30 menit. lalu matikan kompor sambil terus diaduk-aduk sampai uap panas nya hilang. Kemudian masukan ke dalam cetakan.

Hasilnya gak lembek bund ya. agak padat. makanya namanya dodol agar.

Selamat mencobaa
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar