Skip to main content

Resep Donat Kentang. Lebih Enak dari Donat Biasa. Lembut dan Empuk Deh Pokoknya

Resep Donat Kentang
Resep Donat Kentang - Donat, siapa yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini? Memiliki ciri khas dengan lubang ditengah ini sudah sangat terkenal dibanyak kalangan dan diseluruh penjuru dunia. Mulai dari anak – anak hingga orang dewasa semua menyukai makanan dengan bahan dasar tepung terigu ini. Makanan ini juga dapat dikreasikan dengan berbagai macam jenis. Selain itu, donat ternyata mudah sekali ditemukan ditoko dan pasar. Dengan rasa lezat dan empuknya, sebenarnya anda pun bisa membuat sendiri dirumah sehingga dapat menyesuaikan seleranya.

Cara yang digunakan untuk membuat donat kentang ini, sama seperti cara membuat donat pada umumnya. Hanya saja ditambahkan kentang sebagai bahan campuran untuk membuatnya. Pasti akan ada perbedaan antara donat biasa dengan donat kentang, karena donat yang diberi campuran kentang memiliki cita rasa lebih lembut serta gurih. Alasanya bahwa kentang tidak memiliki serat seperti singkong bertekstur sedikit agak kasar sehingga kentang termasuk bahan paling pas sebagai campuran donat. Dan tak perlu berlama – lama lagi langsung saja pada Resep Donat Kentang dibawah ini dapat langsung anda coba dirumah. Yuk, dibaca lalu dicatat dulu agar tidak lupa ya.

Donat Kentang

Bahan – Bahan
  • 250 gram tepug terigu, yang tinggi protein
  • 2 biji kentang yang telah dikukus, dikupas dan dilenyakkan
  • 70 ml air es
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 1 ¾ sendok teh ragi istan
  • 1 ½ sendok makan gula halus
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur
  • ½ sendok teh garam 

Cara Membuat Donat Kentang

Masukkan tepung terigu kedalam wadah lalu masukan gula, susu bubuk, baking poeder dan ragi instan. Aduk – aduk hingga tercampur merata kemudian tambahkan kentang yang telah dilenyakkan halus, ratakan.

Dalam wadah yang lain kocok telur sebentar dengan garam kemudian masukan adonan tepung, aduk rata, tuangkan air es sedikit demi sedikit hingga adonan kental. Tambahkan margarine lalu uleni hingga kalis, diamkan selama 20 – 30 menit, tutp dengan kain lap lembab.

Kempeskan adonan, bulat bulat kecil sekitar 50gr, lalu bentuk donat yang dilubangi tengah diamkan lagi selama 20 – 30 menit

Goreng donat dengan api yang sedang hingga kuning keemasan lalu angkat dan tiriskan

Olesi permukaan donat dengan margarine, lalu taburo dengan gula halus, meses , coklat, abon, atau keju parut atau sesuai selera anda masing – masing.

Nah, itu tadi Resep Donat Kentang cukup simple bukan kan? Bahan yang diperlukan juga cukup mudah dicari. Agar donat kentang terlihat cantik dan manis, anda bisa menambahkan toping diatas donat sebagai penggugah selera.

Sebagai catatan,  toping yang digunakan dapat dikreasikan sesuai imajinasi atau keinginan anda. Misalnya saja berbalut toping kacang tanah, kacang almon, kacang mete, tiramisu, keju yang diserut, coklat leleh  atau boleh memberikan lukisan diatas donat kentang  serta masih banyak kreasi lain untuk dipadukan donat kentang buatan sendiri.

Tentu saja jajanan tersebut bisa dijadikan salah satu alternatif sajian di pagi hari atau pendamping minuman teh  sehingga menambah semangat sebelum melakukan aktivitas sehari - hari. Selamat mencoba dan berkreasi dengan resep sederhana donat kentang diatas. Semoga berhasil.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar